kebun,taman,rumah,desain
Beli Tema IniIndeks
Kebun

Air Terjun Kebun Raya Purwodadi

Air Terjun Kebun Raya Purwodadi – Cuban Baung adalah salah satu wisata air terjun yang indah di Jawa Timur. Air terjun ini terletak di Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, lebih tepatnya di belakang Kebun Raya Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur. Aksesnya sangat mudah, mulai dari Surabaya, ikuti rambu ke arah Kebun Raya Purwodadi menuju Malang. Nah sebelum Kebun Raya Purvodadi nanti belok kiri ke arah desa Kovek kecamatan Purvosari. Anda tinggal belok kiri dan setelah memasuki jalan desa Kovek, Anda harus lurus sampai bertemu dengan gerbang air terjun Kuban Baung. Tiket masuk wisata air terjun ini sangat murah, anda hanya perlu membayar Rp. 3000/orang. Setelah memarkir mobil, kita harus berjalan sekitar 1 km menaiki tangga untuk mendekati air terjun ini. Pemandangan sepanjang jalan menuju air terjun sangat indah, pemandangan bebatuan dan juga pemandangan hutan dengan pepohonan hijau yang asri. Cukup jalan kaki sekitar 15 menit dan kita sampai di tepi sungai tempat air terjun itu mengalir. Untuk menuju air terjun, kita harus menuruni bebatuan yang ada disana. Banyak batu-batu besar terhampar di sana, sehingga menghalangi jalan menuju air terjun. Dan untuk menuju air terjun, kita harus melewati bebatuan tersebut. Tidak sulit asalkan kita berhati-hati.

Sekilas, air terjun ini tampak familiar dengan airnya yang berwarna kuning kecoklatan keruh. Namun jangan salah, jika Anda melihat lebih dekat, Anda bisa melihat bagaimana air terjun ini menyembunyikan keindahannya di balik air yang keruh. Ada keistimewaan dari air terjun ini yaitu airnya mengalir sangat deras sehingga aliran air dan angin kencang yang berhembus di sekitar air terjun sangat menakjubkan. Dua tebing yang mengelilingi air terjun ini terlihat indah dengan pemandangan bebatuan berwarna hitam dan coklat. Ketiga, wisata Cuban Baung masih alami dengan pemandangan hutan dan pepohonan hijau di sekitarnya. Tempat ini berguna jika kita ingin mencari spot foto. Di sini, dengan latar belakang air terjun, gambar yang dihasilkan sangat bagus. Apalagi background bebatuannya masih eksotis. Namun, Anda tidak boleh bermain sendirian di sini, karena airnya terjal dan arusnya yang kuat sangat berbahaya. Saya sedikit gemetar ketika saya berada di sana sendiri. Namun semua itu tidak menutupi keindahan air terjun ini tentunya, , xixixi, , ,

Contents

See also  Kebun Teh Organik Harendong

Air Terjun Kebun Raya Purwodadi

Demikian informasi yang dapat kami bagikan mengenai Wisata Cuban Baung Falls. Semoga menjadi referensi bagi sobat yang ingin bersantai di alam. Hai… Air terjun ini berada tidak jauh dari Kebun Raya Purvodadi dan tingginya kurang lebih 100 meter. Merupakan pertemuan dua sungai yaitu Sungai Velang dan Sungai Beji.

Coban Waru, Air Terjun Dengan Taman Bunga Indah Di Sekitarnya

Letaknya di Gunung Baung, sehingga disebut Air Terjun Koban atau Baung. Aliran airnya sangat deras terutama di musim hujan.

Air Terjun Kebun Raya Purwodadi

Pemandangan di sekitar Koban Baung masih alami, terkadang dalam perjalanan menuju air terjun Anda bisa menjumpai kera-kera yang bergelantungan di pohon satu ke pohon lainnya.

Bebatuan yang sangat kokoh, dihiasi vegetasi hijau yang memberikan kesan alami dan masih alami, menopang Kobang Baung.

Air Terjun Putuk Truno Pasuruan Tiket & Pesona Desember 2022

Aliran air terjun terus menuju sungai yang tidak jauh dari pintu masuk, arusnya sangat deras sehingga terkadang digunakan sebagai jalur arung jeram.

Cuma sayang, saat ini saya tidak bisa ke Coban Baun karena sedang ada pembangunan, sehingga tempat wisata yang satu ini ditutup sementara.

Air Terjun Kebun Raya Purwodadi

Lokasi Koban Baung berada di lereng Gunung Baung, lebih tepatnya Dusun Sumbersuko, Desa Kertosari, Kecamatan Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur.

Tertawan Lekuk Keindahan 10 Wisata Alam Di Pasuruan

Jika Anda meninggalkan Malang, jalan menuju Koban Baung adalah melalui jalur Probolinggo via Purwosari dan Wonosari. Estimasi waktu tempuh kurang lebih 2 jam atau 30 km.

Air Terjun Kebun Raya Purwodadi

Bagi yang berangkat dari Surabaya, Anda bisa melintasi Pandaan dalam waktu sekitar 3 jam. Setibanya di Pasuruan, arahkan mobil Anda ke Kebun Raya Purvodadi.

Karena lokasi Koban Baung dekat dengan kebun raya. Jalan masuknya bagus meski tidak terlalu lebar tapi kendaraan bisa lewat.

Air Terjun Toliba

Setelah memarkir kendaraan, Anda perlu melanjutkan trekking ke Air Terjun Coban Baung.

Trekking itu sulit karena masih alami. Jalan yang dilalui masih dipenuhi pepohonan rindang.

Air Terjun Kebun Raya Purwodadi

Anda akan menempuh perjalanan menurun dengan kondisi yang berbeda. Dari menuruni tangga, masih berupa tanah.

Air Terjun Kakek Bodo

Kemudian Anda akan menemukan sungai yang mengalir deras, artinya Koban Baung semakin dekat. Berhati-hatilah saat menyusuri sungai karena arusnya sangat deras.

Air Terjun Kebun Raya Purwodadi

Tempat wisata ini hampir tidak memiliki waktu tutup. Namun sebaiknya datang saat matahari masih bersinar, karena jalan belum ada penerangan.

Tidak ada fasilitas umum di sekitar Koban Baung. Sebelum ke Koban Baung hanya ada bangku dan gubuk sederhana.

See also  Cerita Wisata Kebun Binatang Surabaya Dalam Bahasa Inggris

Penginapan Di Kebun Raya Cibodas Yang Asri

Lokasi Koban Baung berada di Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Baung, dimana setting alamnya terkenal masih sangat asri.

Air terjun Koban Baung hadir dengan suasana yang sejuk, dikelilingi oleh pepohonan yang rindang. Menjadikan daya tarik tersendiri bagi air terjun ini.

Air Terjun Kebun Raya Purwodadi

Udaranya yang masih sangat bersih, air terjun yang mengalir deras dari atas tebing, sungguh menakjubkan melihat ciptaan Tuhan ini.

Curug Putri Kencana, Refresh Badan Dan Fikiran Sejenak Di Bogor

Koban Baung adalah tempat yang tepat untuk bersantai dan melepaskan diri dari hiruk pikuk dunia. Dan cobalah untuk dekat dengan alam.

Air Terjun Kebun Raya Purwodadi

Sayangnya, Anda tidak diperbolehkan atau dilarang untuk berenang di sekitar kolam alami. Karena kedalamannya sangat dalam dan sangat berbahaya.

Meski kita tidak diperbolehkan berenang di kolam alami, ada hal menarik lainnya yang bisa dilakukan di Koban Baung yaitu arung jeram.

Kebun Raya Purwodadi

Kegiatan ini dilakukan dengan bantuan perahu karet, di mana Anda dilempar ke arus sungai yang deras, yang sangat menyenangkan.

Jika ingin mencoba rafting di sekitar Koban Baung, Anda perlu melakukan konfirmasi terlebih dahulu. Karena tindakan ini tidak bisa dilakukan setiap saat.

Air Terjun Kebun Raya Purwodadi

Taman Wisata Alam Gunung Baung menawarkan tempat berkemah bagi pecinta alam yang ingin bermalam di tempat yang sunyi.

Lokasi Dan Rute Menuju Coban Baung Pasuruan, Surga Wisata Eksotis Yang Masih Tersembunyi Di Jawa Timur

Sepanjang malam Anda akan ditemani lagu alam dan suara air terjun Koban Baung. Ini bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Air Terjun Kebun Raya Purwodadi

Jika ingin berkemah, jangan lupa siapkan semua perlengkapan dan perbekalan untuk bermalam di tengah hutan. Periksa kembali barang bawaan dan logistik Anda saat berkemah.

Dikisahkan ada seorang putri raja Madura yang pernah beristirahat di sebuah goa di belakang air terjun Koban Baung.

Potret Air Terjun Tumimperas, Wisata Air Favorit Tomohon

Hingga suatu malam, cahaya bulan purnama menyinari pintu gua. Sang putri mendekatinya dan melihat bulan purnama yang sangat indah.

Kemudian dia melihat ke arah desa yang tidak jauh dari lokasi air terjun, dan dengan kesaktiannya dia melihat wajah setiap penduduk desa.

Air Terjun Kebun Raya Purwodadi

Sampai kami mampir ke pria tampan itu. Merasa kesepian, sang putri mengajak pemuda itu untuk datang ke tempat air terjun itu berada.

Tempat Wisata Di Pasuruan Terbaru Yang Lagi Hits 2022

Entah apa yang terjadi, pemuda itu berpikir untuk pergi ke air terjun. Di tengah jalan, seorang pemuda bertemu dengan seorang lelaki tua dan bertanya kemana dia pergi.

Air Terjun Kebun Raya Purwodadi

Orang tua itu melarang pemuda itu untuk mandi di air terjun saat bulan purnama, sehingga pemuda itu menurut.

Singkat cerita, seorang pemuda tiba di sebuah air terjun dan bertemu dengan seorang putri, yang membawanya ke sebuah gua. Sejak saat itu, pemuda tersebut belum kembali ke desanya.

See also  Kebun Teh Pangalengan Viral

Curug Dhuwur Bumisari Menawarkan Keindahan Air Terjun Alami

Legenda ini selalu dikaitkan dengan beberapa kejadian hilangnya atau meninggalnya pengunjung laki-laki yang berenang di Air Terjun Koban Baung.

Namun sebenarnya kolam alami di sekitar Koban Baung ini benar-benar sangat dalam dan aliran air terjunnya sangat deras sehingga bisa membawa Anda menyusuri sungai hingga ke dasar kolam.

Air Terjun Kebun Raya Purwodadi

Kami dapat memberi Anda ringkasan lokasi, petunjuk arah, tiket, dan objek wisata Koban Baung. Semoga menjadi bahan referensi perencanaan kunjungan ke daerah Pasuruan. Gerimis menyambut kami saat mobil kami memasuki pelataran parkir Koban Baung. Sore itu mendung seakan ingin segera membuang air hujan ke bumi. Namun, hal tersebut tidak menghentikan saya dan istri untuk pergi ke air terjun ini. Kami berlari ke loket tiket yang diawaki oleh dua pria berpakaian Perhutani. Seperti biasa, saya sempat bertanya dan menjawab petugas. Setidaknya saya perlu tahu jalan menuju air terjun, medannya. “Kalau hujan deras, sebaiknya segera pulang, Mas,” perintah petugas.

Kebun Raya Bogor

Sepertinya kami harus melintasi hutan kecil untuk menikmati air terjun yang terletak di lereng Gunung Baung di Dusun Sumbersuko, Desa Kertosari, Kecamatan Purwodadi, Pasuruan. Sekitar 500 meter jalan dibangun dalam bentuk tangga. Jalur ini terletak tepat di atas pagar belakang Kebun Raya Purvodadi. Pepohonan yang tinggi dan rindang melindungi kami dari hujan yang berangsur-angsur reda.

Air Terjun Kebun Raya Purwodadi

Separuh perjalanan kita akan dihabiskan dengan gemuruh air terjun. Sekelompok monyet bergelantungan di dahan pohon. Meski tidak mengganggu saya, istri saya memegang tangan saya erat-erat sebagai tanda bahwa dia sedikit takut melewati rombongan primata tersebut. Sejujurnya, saya khawatir monyet licik tiba-tiba muncul. Untungnya mereka menjaga jarak dan hanya sesekali terlihat melintas di depan kami.

Kami tidak bertemu pengunjung lain di jalan. Aku tiba-tiba merasa tidak nyaman ketika aroma melati menerpa hidungku. Saya mencoba untuk menyingkirkan ulasan buruk. Di antara semak-semak ini mungkin ada tanaman melati yang berbunga. Langkah kaki itu sepertinya semakin cepat dan sebelum kami menyadarinya kami sudah berada di dasar tangga.

Rekomendasi Kebun Raya Di Indonesia Untuk Destinasi Liburan

Kami pergi ke sungai,

Kebun raya purwodadi tiket masuk, harga tiket kebun raya purwodadi, tiket kebun raya purwodadi, harga masuk kebun raya purwodadi, sejarah kebun raya purwodadi, wisata kebun raya purwodadi, sewa sepeda kebun raya purwodadi, kebun raya purwodadi, biaya masuk kebun raya purwodadi, htm kebun raya purwodadi, fasilitas kebun raya purwodadi, kebun raya purwodadi pasuruan