kebun,taman,rumah,desain
Beli Tema IniIndeks
Kebun  

Flora Kebun Raya Cibodas

Flora Kebun Raya Cibodas – Kebun Raya Cibodas (Bahasa Sunda: Kebun Raya Cibodas) (bahasa Inggris: Kebun Raya Cibodas), Kompleks Hutan Gunung Gede dan Gunung Pangrango, Desa Simakan, Desa Simakan, Sipanas, Jawa Barat. Topografi lapangan berbukit dengan ketinggian berkisar sekitar 1300 m. Berada di ketinggian 1425 mdpl, luasnya mencapai 84,99 hektar. Suhu rata-rata 20,06 °C, kelembaban 80,82%, dan curah hujan rata-rata 2950 mm per tahun.

Kebun Raya Cibodas merupakan tempat yang nyaman untuk menikmati keindahan berbagai tanaman asli Indonesia dan negara lain.

Flora Kebun Raya Cibodas

Flora Kebun Raya Cibodas

Didirikan pada tanggal 11 April 1852 oleh Johannes Elias Theismann yang juga merupakan kurator (pelopor) Kebun Raya Bogor, Bergtuin te Jibodas (Taman Gunung Ciboda). Awalnya dirancang sebagai tempat untuk mengaklimatisasi spesies tanaman asing dengan nilai ekonomi tinggi dan penting, di antaranya Cinchona calisaya menonjol. Kemudian menjadi bagian dari Kebun Raya Bogor dengan nama cabang Kebun Raya Sibodas. Sejak tahun 2003, Kebun Raya Cibodas berstatus mandiri sebagai unit input teknis Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas di bawah Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor, Deputi Ilmu Hayati Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. LIPI). ).

Musim Semi Di Kebun Raya Cibodas

Kawasan Cibodas memiliki beragam fasilitas, mulai dari tempat parkir yang luas untuk menampung puluhan kendaraan roda empat dan bus, ruang informasi lengkap dengan dokumen kawasan wisata Cibodas, taman bermain anak, mushola, toilet umum, hingga shelter. , paviliun, teater terbuka, dan bumi perkemahan seluas 3 hektar yang dapat menampung 200 tenda.

Flora Kebun Raya Cibodas

Di Taman Sakura, pengunjung dapat menikmati keindahan pohon sakura yang terkenal di Jepang. Meski pohon sakura hanya bisa hidup selama 4 musim, bunga sakura bisa mekar di Kebun Raya Sibodas. Taman ini terletak di ketinggian 1400 m dpl. Dengan demikian, habitat tersebut cocok untuk pertumbuhan sakura. Di Jepang, bunga sakura hanya bisa mekar setahun sekali, sekitar bulan April, saat musim semi. Namun di daerah dengan iklim tropis ini mekar dua kali setahun, pertama pada Januari-Februari dan kedua pada Juli-Agustus. Kebun Raya Kibodas memiliki 7 varietas pohon sakura, dari sekitar 300 varietas.

See also  Kebun Raya Purwodadi Terletak Di

Taman Lumut Kebun Raya Sibodas dibangun pada tahun 2004 dan dibuka pada tahun 2006. Moss Garden Sibodas digunakan untuk mengumpulkan berbagai jenis lumut dari berbagai daerah di Indonesia dan lumut yang tumbuh di berbagai daerah. Dunia Moss Park merupakan taman lumut terbesar di Indonesia dan taman lumut terbesar di dunia yang digunakan sebagai pusat pengembangan dan penelitian.

Flora Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas Kembali Buka, Ini Harga Tiket Masuk Setelah Covid 19

Lumut di taman ini dibagi menjadi tiga kelompok: lumut hati (Hepaticopsa), cacing tanduk (Anthocerotopsa) dan lumut sejati (Brupsa).

Konsep eksterior sengaja digunakan untuk taman seluas 1500 m2. Taman lumut harus menyerupai habitat alami dimana lumut sengaja dikumpulkan agar lumut tumbuh pada batang pohon, tanah, bebatuan dan beberapa media lainnya. Lumut ini mendukung kondisi taman dengan pepohonan rindang untuk menciptakan kondisi lembab saat dibutuhkan. Diketahui bahwa terdapat 235 spesies lumut yang termasuk dalam Kebun Raya Cibodas.

Flora Kebun Raya Cibodas

Lumut yang dibiarkan hidup di luar ruangan membuat taman menjadi hijau. Warna hijaunya berasal dari lumut-lumut yang tumbuh di batang pohon dan tempat-tempat lain yang menyegarkan mata para pengunjung selama berada di sini.

Kebun Raya Bogor Harus Dikelola Dengan Agenda Ramah Lingkungan

Taman ini dirancang untuk mengumpulkan berbagai jenis pakis. Hingga saat ini Kebun Raya Cibodas telah mengoleksi hingga 101 jenis tumbuhan paku dari berbagai daerah di Indonesia. Beberapa manfaat tanaman pakis antara lain makanan, tanaman hias dan kerajinan. Tumbuhan paku di Indonesia telah lama dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai bahan baku obat tradisional, seperti bulu halus ceker kang [Dicksonia bloomei (Kunze) Moore] dan capit kang [Cibotium barometz (L.) J. Sm. ] diyakini dapat digunakan sebagai agen penyembuhan luka untuk menghentikan pendarahan.

Flora Kebun Raya Cibodas

Liana Theme Park merupakan taman yang dibangun di atas lahan seluas 1200 meter persegi. Taman dipenuhi dengan koleksi liana, yaitu tanaman yang tumbuh di atas tanaman lain atau tumbuh dalam struktur buatan manusia yang lebih besar atau lebih tinggi untuk menangkap sinar matahari, tetapi akarnya tetap berada di bawah tanah untuk makanan.

Koleksi liana tersebut merupakan hasil penelitian di Aceh, Bengkulu, Jambi, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Sulawesi Tengah.

Flora Kebun Raya Cibodas

Liburan Tahun Baru Di Kebun Raya Cibodas, Menikmati Canopy Trail Dan Curug Ciwalen

Kadsura merupakan salah satu koleksi Taman Liana yang menarik karena sulit dikenali di alam. Daun Kadsura berbentuk hati, buahnya berwarna merah, bijinya banyak dan tersebar di pepohonan. Kebun di Jawa Barat ini sering dijadikan obat bagi wanita yang baru melahirkan.

Selain kebun, Kebun Raya Cibodas juga mengoleksi bunga bangkai (Amorphophallus titanum Becc.). Bunga ini pertama kali ditanam pada tahun 2000 di Siboda. Bunga bangkai pertama kali muncul pada tahun 2003, tinggi bunga 3,17 m. Tumbuhan ini memiliki 3 siklus hidup yaitu masa daun, masa dormansi/istirahat dan masa berbunga. Tanaman ini dapat berbunga dalam waktu sekitar 4 tahun.

See also  Kebun Binatang Bandung Tiket Masuk

Flora Kebun Raya Cibodas

Akses ke Air Terjun Cibogo sangat mudah, 250 meter dari pintu masuk utama atau sekitar 10 menit dengan mobil. Air Terjun Cibogo berdekatan dengan jalur air di Taman Sakura. Curug Cibogo tidak besar namun debit airnya cukup deras. Curug Cibogo memiliki ketinggian antara 15-18 meter dan terdapat kolam kecil di bawah air terjun. Jadi sangat aman untuk dikunjungi.

Kebun Raya Terbaik Di Indonesia Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Air Terjun Ciismun sedikit lebih jauh dan air terjunnya lebih tinggi dari Air Terjun Cibogo. Curug Ciismun berada di ketinggian 1275 mdpl, dan mengalir di antara dua bukit besar, yaitu Gunung Batu (Agropolitan) dan Gunung Sibodas. Air terjun Ciismun memiliki tinggi sekitar 25 meter dan lebar sekitar 5 meter di dasar air terjun. Air Terjun Ciismun berjarak 1,1 km dari Pintu Masuk 1 (loket tiket masuk), atau sekitar 45 menit berjalan kaki.

Flora Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas terletak 85 km dari Jakarta. Atau, sekitar 90 menit berkendara menyusuri jalan Bogor-Punchak-Ianjur menuju perempatan Simakan. Dari sana Anda harus berbelok ke arah Bibanika Gardens yang berjarak sekitar 4 km dari Kebun Raya Kibodas.

Bagi tamu yang menggunakan transportasi umum dapat menggunakan angkutan kota (angkot) dengan rute Cipanas-Rarahan-Cibodas yang dapat dengan mudah ditemukan di perempatan Cimacan atau pasar Cipanas Cipanas membuat Cibodas tidak jauh dari Jakarta Anda. Kebun Raya adalah tujuan wisata akhir pekan. Di sini Anda tidak hanya bisa menikmati pemandangan dan berbagai koleksi tumbuhan, tetapi juga belajar banyak tentang alam dan tumbuhan yang tidak terdapat di Indonesia.

Flora Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Cibodas didirikan pada tanggal 11 April 1852 oleh Johannes Elias Theismann yang saat itu menjabat sebagai kurator Kebun Raya Bogor. Saat didirikan, Kebun Raya Cibodas bernama Bergtuin te Cibodas (Taman Gunung Cibodas).

Awalnya kebun raya ini dirancang sebagai tempat aklimatisasi tanaman asing yang bernilai ekonomi tinggi, seperti kina. Kebun Raya Cibodas kemudian menjadi bagian dari Kebun Raya Bogor.

Flora Kebun Raya Cibodas

Baru pada tahun 2003 Kebun Raya Cibodas berdiri secara mandiri sebagai unit pelaksana teknis Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas. Kebun Raya Cibodas saat ini dikelola oleh Bagian Pelaksana Teknis Balai Perlindungan Tanaman Kebun Raya Cibodas.

Pesona Pinggir Lembah

Kebun Raya Cibodas terletak di kaki Gunung Gede dan Gunung Pangrango, pada ketinggian sekitar 1300 hingga 1425 meter di atas permukaan laut. Tempatnya cukup sejuk dan suhu di kawasan ini sejuk dengan suhu rata-rata 20,06 derajat Celcius.

See also  Kebun Binatang Bandung Hewan Kelaparan

Flora Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas terletak di Jl. Kebun Raya Cibodas, Simakan, Que. Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Berjarak 100 km dari Jakarta dan 80 km dari Bandung.

– Taman Sakura. Tidak harus ke Jepang, Anda bisa menikmati keindahan bunga sakura di Kebun Raya Kibodas. Taman Sakura ini memiliki lima jenis bunga sakura yang mekar dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Januari-Februari dan Agustus-September.

Flora Kebun Raya Cibodas

Review Lengkap Wisata Kebun Raya Cibodas Cianjur 2021

– Air terjun Anda juga bisa basah-basahan di Kebun Raya Cibodas karena terdapat dua air terjun yang menyegarkan, Curug Cibogo dan Curug Ciismun.

– Rumah Kaca Konservatori atau konservatori ini berada di sisi barat dan berisi beberapa koleksi tumbuhan. Ada kaktus, anggrek, dan tanaman langka lainnya. Rumah kaca ini memiliki sekitar 350 tanaman, 350 spesies kaktus dan 360 spesies anggrek.

Flora Kebun Raya Cibodas

Bunga bangkai bisa ditemukan tak jauh dari rumah kaca ini. Sayangnya, bunga ini hanya mekar pada waktu-waktu tertentu saja.

Outbound Cibodas, Paket Outbound Cibodas Dan Wisata Alam Cibodas

– Taman Rhododendron. Bunga cantik lainnya yang bisa Anda nikmati di sini adalah rhododendron atau dikenal juga dengan nama Azalea. Ada tiga jenis rhododendron yang ditanam di Kebun Raya Sibodas

Flora Kebun Raya Cibodas

– Taman lumut. Siapa sangka Indonesia punya taman lumut outdoor terbesar di dunia? Taman seluas 1.300 meter persegi ini memiliki sekitar 235 spesies lumut yang terbagi menjadi tiga kelompok: lumut hati, lumut tanduk, dan lumut sejati.

– Taman Pakis. Taman ini sudah ada di Kibo sejak zaman Belanda. Di sini Anda bisa menikmati sekitar 34 jenis pakis dari berbagai negara.

Flora Kebun Raya Cibodas

Tiket Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas memiliki berbagai fasilitas umum yang lengkap, seperti tempat parkir yang luas, toilet, mushola, pusat informasi, dan kafetaria. Selain itu, terdapat fasilitas pendidikan seperti perpustakaan dan gedung konservasi.

Bagi yang lelah jalan kaki, bisa naik minibus Wara Wiri seharga Rp 10.000 sekali jalan. Jika ingin menginap, ada juga guest house yang bisa dipesan secara online

Flora Kebun Raya Cibodas

Tiket kebun raya cibodas, penginapan kebun raya cibodas, villa di kebun raya cibodas, hotel kebun raya cibodas, villa kebun raya cibodas, beli tiket kebun raya cibodas, camping di kebun raya cibodas, penginapan di kebun raya cibodas, penginapan dekat kebun raya cibodas, hotel dekat kebun raya cibodas, tiket online kebun raya cibodas, villa dekat kebun raya cibodas