kebun,taman,rumah,desain
Beli Tema IniIndeks
Gedung  

Fungsi Gedung Sate

Fungsi Gedung Sate – Artikel ini sebagian besar atau seluruhnya dari satu sumber. Mohon bantuannya untuk menyempurnakan artikel ini dengan menambahkan referensi sumber terpercaya lainnya.

6°54′09″S 107°37′07″BT  /  6,902459°S 107,618730°BT  / -6,902459; 107.618730 Koordinat: 6°54′09″S 107°37′07″E  /  6.902459°S 107.618730°BT  / -6.902459; 107.618730

Fungsi Gedung Sate

Fungsi Gedung Sate

Gedung Sate (Bahasa Sunda: ỌỄᮓḧᮀ ợỒᮦ , translit. Gedong Sate ) adalah gedung kantor gubernur di Jawa Barat. Bangunan ini memiliki ciri khas berupa ornamen tusuk sate pada menara pusatnya yang merupakan landmark atau landmark kota Bandung yang dikenal tidak hanya di Jawa Barat tetapi di seluruh Indonesia. Jawa Misalnya, bentuk bangunan di depan stasiun kereta api Tasikamalaya. Bangunan berwarna putih ini dibangun pada tahun 1920 dan masih berdiri hingga sekarang.

Museum Gedung Sate Tiket & Daya Tarik Januari 2023

Gedung Sate yang dikenal dengan nama Pemerintahan Bedrizwen (GB) pada masa Hindia Belanda, diletakkan batu fondasinya oleh Johanna Catharina Koops, putri sulung Bertus Koops dan Petronella Roelofsen, Walikota Bandung yang mewakili Gubernur Jenderal di Batavia. JP Pada tanggal 27 Juli 1920 Graf van Limburg Stirum, Delft merupakan hasil proyek tim yang terdiri dari arsitek muda ternama Ir.J.Gerber lulusan Fakultas Teknik Belanda, Ir. eh. De Rue dan Ir. Gemeente van Bandoeng di bawah pimpinan Bapak Hendricks dan Kolonel. bersih VL. Slor terdiri dari 2.000 pekerja, 150 di antaranya adalah pemahat, atau ahli pahat, pemahat batu nisan berkebangsaan Khonghucu atau Cina Kanton, dan dibantu oleh tukang kayu, tukang batu, pekerja pengungsi, dan warga Desa Koblong Dago. Kampung Gandok dan Desa Sibarengkak, sebelumnya bekerja di Gedang Sirap (Kampus ITB) dan Gedang Papak (Balai Kota Bandung).

Fungsi Gedung Sate

Pada bulan September 1924, setelah 4 tahun, pembangunan gedung utama Bedrizven Pemerintah, termasuk kantor pusat dan perpustakaan PTT (Pos, Telepon dan Telegraf), selesai. Perpustakaan Gedung Set berisi 250.000 buku yang diperoleh dari perusahaan kereta api, jasa pos, telegraf dan telepon, serta jasa pertambangan. Perpustakaan ini merupakan perpustakaan terbesar di Hindia Belanda dari segi kategori ilmu pengetahuan. Sedangkan untuk kategori umum, perpustakaan Gedung Sate menempati urutan kedua terbesar setelah perpustakaan “Bataviasch Genuetschap van Kunsten en Wetenschappe”.

See also  Gedung Juang Tambun

Arsitektur Gedung Set merupakan karya arsitek Eyre. J.Gerber dan kelompoknya dipimpin oleh maestro arsitek Belanda Dr. Tak lepas dari masukan Hendrik Petrus Berlage, ia memiliki sisi halus arsitektur tradisional Indonesia.

Fungsi Gedung Sate

Landmark Ikonik Gedung Sate Bandung

Banyak arsitek dan ahli bangunan menganggap Gedung Set sebagai bangunan monumental yang mengesankan dan menarik dengan gaya arsitektur unik yang mengarah ke arsitektur Indo-Eropa, (Indo European Architecture Style), sehingga keindahan Candi Borobul bukanlah hal yang mustahil. Warna Gedung Sate.

Beberapa pendapat tentang kehebatan Gedung Set antara lain dua arsitek Belanda, Cor Pashier dan Jan Wittenberg, yang mengatakan “gaya arsitektur Gedung Set adalah gaya arsitektur praktis yang mengarah ke gaya arsitektur Indo-Eropa”.

Fungsi Gedung Sate

Kata Ir. H.P.Berlage, dalam kunjungannya ke Gedung Set pada bulan April 1923, mengatakan, “Gedung Set merupakan karya arsitektur yang penting, berhasil memadukan gaya Timur dan Barat secara harmonis”. Seperti arsitektur bergaya Renaisans Italia, terutama di sisi timur bangunan. Sedangkan menara bertingkat di tengah bangunan tampak seperti atap meru atau pagoda. Masih banyak lagi pendapat tentang arsitek Indonesia yang mengklaim kejayaan Gedung Set, seperti Slamet Wirasongjaya dan Ir. Hornyoto Kunto

Rental Hiace Di Bandung

Gedung Set masih awet dan utuh, tidak terlepas dari material dan teknik konstruksi yang digunakan. Dinding Gedung Set terbuat dari serpihan batu besar (1×1×2 m) yang diambil dari perbukitan berbatu di sekitar Arkamanik dan Gunung Manglang di Bandung timur. Pembangunan gedung Gedung Set menggunakan metode tradisional yang profesional dengan standar teknis yang baik.

Fungsi Gedung Sate

Gedung Set 27.990,859 m², Luas Bangunan 10.877, 734 m² Basement 3.039, 264 m², Lantai I 4.062, 553 m², Teras Lantai I 212, 3, 976 796 m², Teras, 976 m², Teras, Tower II 1.212 m². , 169 m².

Gerber sendiri memadukan beberapa aliran arsitektur dalam rancangannya. Untuk jendelanya, Gerber mengambil tema Spanish Moorish, sedangkan bangunannya sendiri bergaya Italian Renaissance. Khusus untuk menaranya, Gerber memasukkan aliran Asia, seperti gaya atap pura Bali atau pagoda Thailand. Di atas adalah “tusuk sate” dengan 6 tusuk permata (versi lain mengatakan jambu air atau melati), yang mewakili 6 juta gulden – jumlah yang digunakan untuk membangun Gedung Set. Ornamen batu di atas pintu utama Gedung Set berhubungan dengan Candi Borobudur karena bentuknya yang mirip.

Fungsi Gedung Sate

Gedung Sate Hi Res Stock Photography And Images

Fasade (tampilan depan) Gedung Set sangat detail. Dengan mengikuti sumbu utara-selatan (yang berlaku untuk Gedung Pakuan yang menghadap Gunung Malabar di selatan), Gedung Set sengaja dibangun menghadap Gunung Tangkuban Perahu di utara.

Dalam pelayarannya, awalnya ditugaskan untuk Departemen Lalu Lintas dan Pekerjaan Umum dan menjadi pusat Pemerintahan Hindia Belanda setelah Batavia dianggap tidak layak sebagai pusat pemerintahan karena perkembangannya, sehingga digunakan oleh Biro Pekerjaan Umum. Pada tanggal 3 Desember 1945, terjadi peristiwa dimana tujuh pemuda tewas saat mempertahankan Gedung Set dari serangan pasukan Gurkha. Untuk mengenang ketujuh pemuda tersebut, dibangun tugu batu di belakang pelataran Gedung Set. Pada tanggal 3 Desember 1970, tugu dipindahkan ke depan Gedung Set atas perintah Menteri Pekerjaan Umum.

See also  Gedung Opera

Fungsi Gedung Sate

Gedung Set dikenal sebagai Kantor Gubernur sejak tahun 1980 sebagai pusat kegiatan Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang dulunya menempati Gedung Kerta Mukti di Jalan Braga, Bandung.

Asal Usul Nama Gedung Sate Yang Kini Jadi Kantor Dinas Gubernur Jabar

Kantor Gubernur berada di lantai dua dengan kantor Wakil Gubernur, Sekda, Asisten dan Biro. Saat ini Gubernur dibantu oleh tiga Deputi Gubernur yang membidangi Urusan Pemerintahan, Perekonomian dan Pembangunan, Dinas Kesejahteraan Rakyat, Sekretaris Daerah dan empat orang asisten yaitu Asisten Administrasi, Asisten Administrasi Pembangunan, Asisten Kesejahteraan Sosial dan Asisten Administrasi.

Fungsi Gedung Sate

Namun tidak semua asisten menempati Gedung Set. Asisten kesejahteraan sosial dan asisten administrasi akan menempati gedung staf yang baru.

Di sebelah timur dan barat terdapat dua ruangan besar yang mengingatkan Anda pada ballroom yang sering dijumpai di gedung-gedung publik di Eropa. Ruangan ini biasa disebut dengan Aula Barat dan Aula Timur yang biasa digunakan untuk kegiatan resmi. Di sekeliling kedua aula ini terdapat kamar-kamar yang ditempati oleh beberapa biro dengan stafnya.

Fungsi Gedung Sate

Pengangguran Menyusut, Ekonomi Tumbuh

Di atas ada lantai yang disebut Menara Gedung Set, lantai ini tidak bisa dilihat dari bawah, gunakan lift atau tangga kayu untuk menuju lantai atas.

Kesempurnaan megah Gedung Set dilengkapi dengan bangunan baru yang mengambil sedikit gaya arsitektur Gedung Set namun arsitek Ir. Dibangun pada tahun 1977 untuk para pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, dengan gaya kontemporer yang dirancang oleh Sudibyo. Dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai Badan Legislatif Daerah Provinsi Jawa Barat.

Fungsi Gedung Sate

Gedung Set merupakan salah satu tempat wisata di Kota Bandung. Khusus untuk wisatawan mancanegara banyak yang sengaja berkunjung karena memiliki keterkaitan emosional dan sejarah dengan gedung ini. Hubungan antara emosi dan sejarah dapat dialami lebih lengkap jika Anda menaiki tangga yang dapat diakses ke Gedung Set Tower satu per satu. Ada 6 anak tangga dan masing-masing anak tangga harus menaiki 10 anak tangga.

Bandung Dan Gedung Sate Yang Tak Akan Terpisahkan Halaman 1

Keindahan Gedung Set adalah adanya taman-taman yang mengelilinginya, tak heran jika taman ini diminati oleh warga Bandung maupun wisatawan domestik dan mancanegara. Keindahan taman ini sering dijadikan sebagai tempat kegiatan bernuansa kekeluargaan, lokasi syuting video klip musik artis lokal dan nasional, foto keluarga atau potret diri, dan foto pasangan. .

See also  Gedung Juang Kisaran

Fungsi Gedung Sate

Apalagi di hari Minggu, suasana pelataran Gedung Set menjadi pilihan sebagian besar orang untuk bersantai, menikmati udara segar kota Bandung atau berolahraga.

Membandingkan Gedung Set dengan gedung pemerintahan pusat (Capitol Buildings) di banyak ibu kota negara sepertinya tidak berlebihan. Kemiripan dibangun di tengah kompleks hijau dengan menara pusat yang megah. Mirip Gedung Putih di Washington, DC, Amerika Serikat, terutama dari segi letak gedung Sate dan pemandangannya. Gedung Set bisa dikatakan sebagai “Gedung Putih” Kota Bandung. JAKARTA — Jika melihat peninggalan Belanda di Kota Bandung, Gedung Sate memang cukup luar biasa. Bangunan ikonik ini memiliki nilai sejarah bagi masyarakat Jawa Barat yang tetap kental hingga saat ini.

Fungsi Gedung Sate

Gedung Sate: Bangunan Sejarah Di Kota Bandung

Pembangunan Gedung Set dilakukan pada masa penjajahan Belanda, tepatnya pada tanggal 27 Juli 1920. Perancang Gedung Set terdiri dari beberapa pihak yang diminta menonjolkan aspek tradisional nusantara. IR untuk desainer. J.Gerber, IR. eh. De Rue, dan Ir. Pak Hendrix adalah seorang arsitek sekolah Belanda di Belanda.

Gedung Set konon merupakan bangunan yang kaya akan budaya. Sebutan ini tidak berbeda karena dalam perkembangannya telah memasukkan konsep dari Spanyol Moor, pola atap yang diadopsi oleh kuil-kuil di Bali dan pagoda di Thailand, dan pola Renaisans Italia yang tidak terlalu mewah. .

Fungsi Gedung Sate

Pembangunan Gedung Sate merupakan salah satu program yang dirancang oleh pemerintah Hindia Belanda. Awalnya dimaksudkan sebagai pusat pemerintahan untuk menggantikan kota Jakarta yang saat itu masih bernama Batavia.

Gedung Sate Di Bandung

Tidak tanggung-tanggung, pembangunannya memakan waktu 2.000 pekerja dan 150 pemahat selama 4 tahun, memadukan berbagai konsep dari Asia hingga Eropa.

Fungsi Gedung Sate

Setelah selesai dibangun, Gedung Sate digunakan oleh Pemerintah Hindia Belanda sebagai pusat kegiatan Departemen Lalu Lintas dan Pekerjaan Umum di Bandung.

Setelah masa penjajahan Belanda berakhir, Gedung Set Bandung digunakan kembali oleh pemerintah provinsi.

Fungsi Gedung Sate

Pdf) Komodifikasi Rumah Tinggal Hindia Belanda Pada Kawasan Sekitar Gedung Sate

Hotel depan gedung sate, gedung sate, hotel dekat gedung sate, hotel gedung sate bandung, hotel daerah gedung sate bandung, hotel gedung sate, hotel dekat gedung sate bandung, hotel belakang gedung sate, penginapan dekat gedung sate bandung, hotel sekitar gedung sate bandung, hotel murah dekat gedung sate, hotel sekitar gedung sate