kebun,taman,rumah,desain
Beli Tema IniIndeks
Kebun  

Gajah Di Kebun Binatang Bandung

Gajah Di Kebun Binatang Bandung – Seekor gajah bernama Yani di Kebun Binatang Bandung hanya ditemani oleh seorang pawang tanpa mendapat penanganan medis dari dokter hewan. (Suara Amerika/R. Teja Wulan)

Manajemen Kebun Binatang Bandung telah membekukan departemen kesehatan hewan sejak tahun lalu. Hal ini menyebabkan kesehatan hewan terabaikan dan menimbulkan kekhawatiran.

Gajah Di Kebun Binatang Bandung

Gajah Di Kebun Binatang Bandung

Keterlambatan penanganan dan minimnya dokter hewan di kebun binatang menjadi salah satu faktor penyebab kematian gajah berusia 40 tahun bernama Yani itu.

Foto: Perawatan Kaki Gajah

Selama seminggu, gajah sumatera itu berbaring di kandangnya yang tertutup jerami dan hanya ditutupi terpal seadanya untuk menghalangi pandangan pengunjung.

Gajah Di Kebun Binatang Bandung

Yani tidak mendapat pengobatan atau bahkan obat apapun. Dia menjadi sakit parah dengan hanya satu petugas di perusahaannya. Tubuhnya kurus, matanya berkerak dan berair. Pada malam hari, menurut sopirnya, Yani selalu mengeluh kesakitan. Y

Ani tidak mendapat perawatan medis serius karena Kebun Binatang Bandung tidak memiliki dokter hewan sejak tahun lalu.

Gajah Di Kebun Binatang Bandung

Kondisi Terkini Satwa Satwa Di Kebun Binatang Bandung

Pengelola Kebun Binatang Bandung yakni Yayasan Satwa Taman Sari membekukan dinas kesehatan hewan sejak tahun lalu. Hal ini menyebabkan kondisi kesehatan hewan terabaikan dan menimbulkan kekhawatiran.

Bahkan ketika Yani sakit sejak seminggu lalu, Kebun Binatang Bandung tidak melakukan upaya pengobatan. Yani dibiarkan mati di kandangnya yang sudah tua dan roboh.

Gajah Di Kebun Binatang Bandung

Kepala Bidang Pendidikan dan Humas Yayasan Satwa Taman Sari Sudaryo mengatakan, pihaknya sudah berupaya maksimal menangani Yani.

Bertamasya Ke Kebun Binatang Bandung

Namun keterbatasan dana, sarana dan prasarana di Kebun Binatang Bandung membuat perawatan Yani tidak sesuai standar yang seharusnya.

Gajah Di Kebun Binatang Bandung

“Ya namanya makhluk hidup itu sakit. Bisa karena usia tua, biasanya ada penyakit. Ya sedang diusahakan apa penyebabnya. Kalau Taman Safari beda, modal kuat. Oleh karena itu tiket masuknya adalah juga Rp 150.000. Kenapa tiket ke Ragunan (kebun binatang) hanya Rp 5.000? Diskon 25 persen,” kata Sudaryo.

Pada Rabu siang, Walikota Bandung Ridwan Kamil Yani berkunjung. Melihat kondisinya yang memprihatinkan, Ridwan menghubungi tim dokter dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jabar dan Dinas Peternakan Kota Bandung.

See also  Kebun Anggur Rantau Prapat

Gajah Di Kebun Binatang Bandung

Hewan Favorit Pengunjung Kebun Binatang Ragunan

Rabu sore, Yani akhirnya meninggal dunia. Kulit di sisi kanan tubuhnya masih mentah dan terkelupas karena baru seminggu berada di atas jerami. Penyakit yang menyebabkan kematian Yan belum diketahui.

Saat ini tim dokter hewan yang juga didatangkan dari Taman Safari masih melakukan observasi usai mengambil sampel darah Yan. Otopsi pada tubuh Yan akan dilakukan pada hari Kamis.

Gajah Di Kebun Binatang Bandung

Koordinator organisasi nirlaba internasional bidang perlindungan hutan dan satwa, Forest and Fauna Protection (Profauna) Jawa Barat, Rinda Aunillah Sirait mengatakan, kondisi Kebun Binatang Bandung sangat memprihatinkan. Dia mengeluhkan tidak adanya petugas kesehatan hewan di Kebun Binatang Bandung.

Terjadi Penurunan Pengunjung Di Kebun Binatang Bandung Pada Masa Pandemi

“Kami juga menyayangkan tidak adanya dokter hewan tetap di kebun binatang ini. Karena sebenarnya berdasarkan Peraturan Menteri Kehutanan No. 31 Tahun 2012, menyebutkan syarat kebun binatang adalah harus ada klinik, harus ada petugas medis, harus ada akses obat-obatan, termasuk itu. Anda memiliki dokter hewan permanen dan Anda di sini untuk mengikuti perkembangan hewan di sini. Ya, bahkan kondisi Yan adalah bagian dari pemeliharaan non-standar”.

Gajah Di Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung telah dijalankan oleh pihak swasta selama 83 tahun dalam bentuk yayasan. Koleksi hewan di kebun binatang ini adalah 930 hewan dari 20 spesies.

Saat ini, Kebun Binatang Bandung sedang dalam kondisi yang cukup bergejolak. Beberapa hewan tampak terlantar dan kurus kering, kandangnya kotor, berkarat dan atapnya berlubang, sampah juga berserakan.

Gajah Di Kebun Binatang Bandung

Informasi Kebun Binatang Bandung

Sejak 2013, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil telah memanggil pengelola kebun binatang dan menawarkan solusi. Tapi itu berakhir sia-sia. Pengelola tetap mengelolanya secara mandiri dan tidak melibatkan pihak lain.

Situasi ini memicu petisi dari warga dan pemerhati satwa. Change.org Indonesia meluncurkan petisi online sebagai imbauan kepada masyarakat untuk menyelamatkan dan memperbaiki kondisi objek wisata di Kota Bandung ini.

Gajah Di Kebun Binatang Bandung

Petisi yang diinisiasi oleh Save Bandung Zoo Project telah ditandatangani oleh 10.158 pendukung hingga Kamis siang. Petisi akan dikirimkan ke Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan Yayasan Satwa Taman Sari.

Wisata Kebun Binatang Mini Di Kampung Gajah Wonderland

1 Cuaca buruk, lebih dari 300 turis terdampar di Karimunjawa 2 Tiba-tiba Jokowi mengunjungi beberapa gereja di Bogor 3 Putin mengklaim Rusia siap bernegosiasi dengan Ukraina, menuduh Barat ingin ‘menghancurkan’ Rusia 4 Sekuel ‘Avatar’ mengembalikan tiket teratas dalam minggu kedua 5 Badai Musim Dingin Ekstrim, 5.700 Penerbangan AS Dibatalkan Kebun Binatang Bandung (Bazooga) menggelar tumpeng pemakan gajah dengan tarikan buah untuk merayakan Hari Gajah Sedunia. (/Muslim Yanuar Putra)

Gajah Di Kebun Binatang Bandung

SUMUR BANDUNG, — Kebun Binatang Bandung atau Bandung Zooligical Park (Bazooga) menggelar atraksi gajah makan tumpeng dengan buah pada Jumat, 12 Agustus 2022. Atraksi ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Gajah Sedunia yang jatuh pada hari ini.

Marketing Communication Kebun Binatang Bandung Sulhan Syafi’i mengatakan, pemberian hadiah berupa buah tumpeng kepada kedua gajah di kebun binatang tersebut merupakan bentuk kesetiaan kepada gajah yang kini berusia lebih dari 50 tahun itu.

See also  Kebun Binatang Surabaya Foto

Gajah Di Kebun Binatang Bandung

Perawatan Dan Pemantauan Kesehatan Gajah Di Kebun Binatang Bandung

“Kita sudah siapkan tumpeng soal durian, semangka, pisang dan buah-buahan lainnya. Itu kita tunjukkan gajah itu harus senang, harus makan banyak, harus makan sehat,” kata Sulhan Syafi’i di Kebun Binatang Bandung. , Jumat. 12 Agustus 2022.

Saat ini, kata Sulhan, Kebun Binatang Bandung memiliki 2 ekor gajah betina. Nama Salma yang berusia 53 tahun dan Ira yang berusia 50 tahun. Kedua gajah tersebut merupakan gajah Asia asal Way Kambas, Lampung.

Gajah Di Kebun Binatang Bandung

“Kemudian kami lihat dia makan durian, durian diinjak dulu baru dimakan. Artinya kami ingin menunjukkan bahwa gajah itu dirawat dengan baik dan kami juga cukup makan,” jelasnya.

Bayi Gajah Glzoo Mulai Berlatih Makan Sendiri

Untuk menambah koleksi satwa di Kebun Binatang Bandung, kata Sulhan, dalam waktu dekat pihaknya akan menambah koleksi gajah di Kebun Binatang Bandung.

Gajah Di Kebun Binatang Bandung

“Rencananya kami akan menambah gajah dalam perencanaan 5 tahun ke depan, jadi forecast 5 tahun ke depan dan untuk proses reproduksi,” katanya.

Namun, kata Sulhan, untuk menambah gajah, kini ada kebijakan yang tidak bisa diambil lagi dari alam. atau

Gajah Di Kebun Binatang Bandung

Ternyata, Ada 3 Kebun Binatang Di Yogyakarta Yang Punya Koleksi Binatang Istimewa!

“Sekarang dari Way Kambas saja susah. Toh kalau mau dapat gajah harus datang dari lembaga konservasi lain. Baru kita bisa dapat gajah,” jelasnya.

Untuk rencana tersebut, kata Sulhan, pihaknya akan melakukan banyak hal, antara lain membangun kandang untuk kedua gajah tersebut, menambah mahout dan menerapkan perlakuan khusus bagi para mahout.

Gajah Di Kebun Binatang Bandung

“Kita akan buatkan kandang untuk kedua gajah, menambah mahout dan melatih kedua mahout, serta treatment khusus untuk gajah sumatera agar bisa menghibur para pengunjung yang datang ke Kebun Binatang Bandung,” ujarnya. *** Bandung – Malang nasib gajah sumatera betina ini. Hanya butuh beberapa jam media mengetahuinya karena Wali Kota Bandung Ridwan Kamil melihat gajah bernama Yani ini sekarat. Dia sudah meninggal selama seminggu tanpa tahu apa penyakitnya.

Biar Rapih, Gajah Di Kebun Binatang Bandung Ini Rajin Pedicure Loh

Rabu pagi (11/5/2016), Ridwan Kamil mengunjungi Kebun Binatang Bandung, Jalan Tamansari. Ia mendapat informasi bahwa ada gajah yang sakit di kebun binatang yang dikelola Yayasan Satwa Tamansari itu. Ridwan Kamil tampak syok melihat kondisi gajah berusia 37 tahun itu.

Gajah Di Kebun Binatang Bandung

Tubuh Yan terlihat kurus. Matanya begitu basah hingga tampak berkerak, napasnya tampak sesak. Keempat kakinya yang kuat sekarang lemas dan tidak bergerak. Yani hanya menggerakkan badannya dan berusaha meraih benda-benda di sekitarnya. Tubuhnya sangat kotor. Matahari sangat kuat dan menyinari tubuhnya.

Kemudian Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, sempat memberi Yan minum sambil mengelus keningnya. Emil pun memerintahkan asistennya untuk menyiramkan seember air ke tubuh gajah tersebut. “Panas, panas (panas, miskin),” katanya.

Gajah Di Kebun Binatang Bandung

Dengan Tiket Rp40 Ribu, Dapat Apa Saja Di Bandung Zoo?

Manajer yang diwakili oleh Sudaryo selaku manajer Humas yayasan, baru datang setelah Emil ingin keluar. Ia mengaku kepada wartawan bahwa sudah setahun tidak ada dokter hewan di Kebun Binatang Bandung. Tapi dia menolak, dengan mengatakan dia menelantarkan hewan, terutama Yani.

See also  Kebun Okra

“Kami tidak berusaha mencari dokter. Kami berusaha. Tapi ini bukan dokter hewan biasa. Ini hewan liar, harus istimewa. Tidak mudah mencari dokter spesialis,” akunya. Saat ini, kata Sudaryo, pihaknya hanya memberikan saran kepada pakar gajah di Lampung.

Gajah Di Kebun Binatang Bandung

Sore harinya, tim dokter hewan dari Pemkot Bandung dan Jawa Barat mengunjungi Kebun Binatang BKSDA. Mereka segera merawat Yan. Sekitar sepuluh orang mencoba membalikkan tubuh Yan yang lemah. Saat kembali, kondisi Yan tampak semakin memprihatinkan. Telinganya berdarah dan sebagian kulit tubuhnya terkelupas.

Sandraartsense.com: Bandung Zoo: Petualangan Gentra Di Kebun Binatang Bandung

Yani langsung diinfus dan diberi makan. Kakinya mulai bergerak. Tim medis juga mengambil sampel darah untuk diperiksa di laboratorium. Karena keterbatasan peralatan, tim medis meminta bantuan dokter Taman Safari kemarin sore.

Gajah Di Kebun Binatang Bandung

Sebelumnya, Sudaryo meminta agar kasus Yani tidak dibesar-besarkan. “Saya minta jangan terlalu banyak berkembang biak, ada juga hewan yang sakit dimana-mana, tapi ini situasi kita. Yang jelas ini bukan seperti kebun binatang yang bermasalah pengelolaannya,” ujarnya.

Kematian Yani membuat Emil marah. Melalui akun media sosialnya, ia menyerukan boikot Kebun Binatang Bandung dengan tagar #BoikotBonbinBDG. “Tagar ini bisa digunakan warga untuk mengingatkan pengelola. Selama masyarakat tidak merespon, angkat bicara!” dia bersikeras.

Gajah Di Kebun Binatang Bandung

Jejak Jejak Keberadaan Gajah Yang Pernah Hidup Di Tatar Sunda

Emil pun menegaskan akan menempuh jalur hukum agar pengelolaan Kebun Binatang Bandung bisa ditangani secara profesional oleh pihak-pihak yang berkompeten. Sejauh ini, dewan kota belum bisa berbuat banyak tentang upaya manajemen. Meski mengaku sejak 2013 selalu berkomunikasi dengan manajemen.

“Makanya dari awal saya bilang kalau tidak ada kesempatan bukalah investasi. Kalau tidak minta, Pemko akan membantu. Dari awal saya resah dan kesal”, ujarnya. katanya tegas. (kesalahan/kesalahan). Matahari mulai meninggi saat Salma, gajah betina koleksi Kebun Binatang Bandung, berangkat dari kandangnya. Hari ini Salma akan menjalani perawatan kuku kakinya karena mulai tumbuh.

Gajah Di Kebun Binatang Bandung

“Salma memiliki karakter yang lebih kalem dibandingkan dengan Ira, namun kesabaran dan kehati-hatian tetap diperlukan dalam proses pemotongan kuku,” ujar Keeper Jeje saat ditemui di Kebun Binatang Bandung. Senin, 14 September 2020.

Dumbo, Nama Bayi Gajah Penghuni Baru Kebun Binatang Surabaya

Menurutnya untuk pengobatan

Gajah Di Kebun Binatang Bandung

Hotel dekat kebun binatang bandung, beruang di kebun binatang bandung, nama kebun binatang di bandung, gajah kebun binatang bandung, gajah mati di kebun binatang bandung, kebun binatang di bali, kebun binatang baru di bandung, gajah di kebun binatang, kebun binatang di bandung, kebun binatang di bandung lembang, kebun binatang di surabaya, gajah kebun binatang