kebun,taman,rumah,desain
Beli Tema IniIndeks
Gedung  

Gambar Gedung Juang 45 Bekasi

Gambar Gedung Juang 45 Bekasi – 11 Juli 2021 02:24 11 Juli 2021 02:24 Diperbarui: 31 Agustus 2021 02:28 8933 2 0

Gedung Juang 45 atau biasa dikenal dengan Gedung Juang Tambun merupakan sebuah situs bersejarah yang terletak di Tambun Selatan, Bekasi. Dulu bangunan ini bernama Landhuis Tamboen atau Gedung Tinggi, namun masyarakat Bekasi lebih mengenalnya dengan kata Gedung Juang. Gedung ini terletak di Jalan Sultan Hasanuddin No. 39, Setiadharma, Kek. Tambun Sel., Bekasi, Jawa Barat.

Gambar Gedung Juang 45 Bekasi

Gambar Gedung Juang 45 Bekasi

Bangunan ini dibangun oleh seorang bangsawan Tionghoa bernama Khou Tjeng Kie, dan mengalami dua tahap pembangunan, yaitu tahun 1906-1910 dan 1925. Pada masa penjajahan Jepang, rumah pedesaan dan tanah pribadi di Tamboen disita dari keluarga Khou.

Pemkab Bekasi Akan Jadikan Gedung Juang Pusat Kebudayaan

Pada masa Perang Kemerdekaan melawan Belanda, Gedung Juang yang saat itu dikenal sebagai Gedung Tinggi digunakan sebagai markas pertahanan oleh para pejuang kemerdekaan yang berpusat di daerah Tambun dan Sibarusa.

Gambar Gedung Juang 45 Bekasi

Gedung Tambun Juang terletak beberapa kilometer dari perbatasan luar Batavia yaitu kawasan Sasak Raang yang kini menjadi perbatasan antara Bekasi Timur Kabupaten Bekasi dan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi.

Karena pertahanan Belanda di wilayah Bekasi sering digempur, maka Belanda sering meninggalkan pangkalan pertahanannya di wilayah Bekasi dan mundur untuk memperkuat pertahanannya di wilayah Klander, yang kemudian menjadi perbatasan antara Bekasi dan timur. . Jakarta.

Gambar Gedung Juang 45 Bekasi

Berkas:reynan Papan Aset Gedung Juang Tambun 2014 12 21 608 Result.jpg

Lihat lebih lanjut tentang Gedung Tugu Halaman Juang 45 Bekasi. (Jonas / Mahasiswa) Gedung Juang adalah salah satu tempat bersejarah di Bekasi dari sebelum dan sesudah kemerdekaan. Saat kita berkunjung ke sana, kita akan ditemani oleh pemandu wisata yang akan menjelaskan sejarah berdirinya gedung tersebut. Wisatawan harus membayar biaya parkir dan pemandu mulai dari 5.000 hingga 10.000 rupee.

Wisata Gedung Juang buka setiap hari mulai pukul 08.00-19.00 WIB, kecuali hari Sabtu buka hingga pukul 20.00 WIB. Jika Anda berkunjung pada malam minggu, pengunjung akan disuguhkan dengan tampilan seni budaya multi komunitas, mulai dari seni tradisional hingga modern. Bekasi – Akhirnya Bekasi punya museum nih guys. Ya, Gedung Juang 45 Tambun telah resmi ditetapkan sebagai museum pertama dengan konsep teknologi digital modern, setelah mengalami renovasi.

See also  Gedung Dpr Terkini

Gambar Gedung Juang 45 Bekasi

Akun Twitter @nurdiyansah membagikan sejarah Museum Bekasi. Ia menulis, bangunan itu dulu bernama Landhuis Tamboen atau Gedung Tinggi. dan bangunan pribadi atau tuan rumah milik seorang pedagang Cina: Ku Wu Tien Sek.

Mempelajari Sejarah Gedung Juang Tambun 45 Bekasi

“Dulu kawasan Bekasi dijual oleh pemerintah Hindia Belanda untuk dijadikan perkebunan kepada investor asing sebagai lahan pribadi, termasuk pedagang China,” tambahnya.

Gambar Gedung Juang 45 Bekasi

Di sini Anda bisa melihat beberapa hal menarik seputar sejarah melalui teknologi digital, seperti profil bupati Bekasi dari masa ke masa, perjuangan rakyat Bekasi melawan penjajah, dan kerajaan Tarumanagara.​​

Tidak hanya itu, terdapat artefak kehidupan prasejarah seperti kerangka manusia Bunyan, peta Kota Bekasi pada masa VOC, Diorama Pasundan Bubat, dan Tugu Kelelawar. Di halaman museum terdapat taman, kolam, dan tugu dengan peta Kabupaten Bekasi.

Gambar Gedung Juang 45 Bekasi

Gedung Juang 45 Tambun Resmi Jadi Museum Bekasi

“Apa yang ada di Museum Bekasi? Menarik dan berbeda. Museum ini bercerita tentang Bekasi dari zaman prasejarah hingga pasca revolusi. Ada simulasi berbagai penemuan sejarah serta gambar dan cerita audio visual tentang Bekasi. Sejarah dan budaya yang dikemas secara kreatif,” multi-akun bernama Explorer_Spice.

“Museum ini juga memiliki lebih dari satu ruang suara! Yaitu bioskop untuk menonton film dokumenter sejarah dan juga ruang untuk film tentang pahlawan lokal Bekasi melawan penjajah dengan layar 180 derajat!” dia menambahkan.

Gambar Gedung Juang 45 Bekasi

Dan tentunya, semuanya menjadi tidak hanya soal sejarah dan diorama dengan teknologi 3D. Ia mencontohkan, ada juga karya seni rupa kontemporer.

Museum Gedung Juang Di Percantik Dengan Menampilkan Konsep Berteknologi Canggih

Ternyata, museum yang berlokasi di Jalan Sultan Hasnuddin, Desa Setyadarma, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi ini bisa dikunjungi oleh umum mulai 22 Maret 2021 ya sob, jadi buat yang di Bekasi jangan lupa mampir ya!

Gambar Gedung Juang 45 Bekasi

“Dari namanya sudah bisa ditebak tempatnya ada di Tambun, Kabupaten Bekasi, sebelum Pasar Tambun – sekitar 30 menit naik mobil dari stasiun Bekasi,” Pastinya pernah mendengar lagu Cheryl Anwar yang terkenal berjudul Karawang – Bekasi. Lagu tersebut menggambarkan suasana perjuangan kemerdekaan yang dilakukan oleh masyarakat Karawang hingga Bekasi. Dari sini dapat diketahui bahwa rakyat Bekasi juga ikut serta dalam proses memperoleh kemerdekaan.

Jika puisi Cheryl belum cukup bukti, gedung Yuan 45 yang terletak di Kabupaten Bekasi menjadi saksi bisu perjuangan masyarakat sekitar. Berikut kisah Gedung Juang 45 yang dirangkum dari berbagai sumber.

Gambar Gedung Juang 45 Bekasi

Museum Gedung Juang 45 Digital Bekasi Resmi Dibuka Oleh Bupati Bekasi

Gedung Yuang 45 terletak di Jalan Sultan Hasanuddin No. 39, Setiadarma, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat 17510. Bangunan megah ini menyerupai bangunan Belanda yang awalnya dibangun oleh seorang letnan Tionghoa dan master Tionghoa bernama Khou. Tongki. Proyek pembangunan kota Kaeng Chiang dibangun dalam 2 tahap, tahap pertama dibangun pada tahun 1906 dan dibangun Selesai 4 tahun kemudian pada tahun 1910.

See also  Gedung Sate Kebakaran

Namun ketika perwira militer China itu meninggal, hartanya jatuh ke tangan putranya. Pada tahun 1925, tahap kedua pembangunan dimulai. Pada masa penjajahan Belanda, gedung yang dulu dikenal sebagai gedung bertingkat ini digunakan sebagai tempat berlindung para pejuang kemerdekaan yang berpusat di kawasan Tambun dan Sibarusa.

Gambar Gedung Juang 45 Bekasi

Gedung Jung 45 terletak di dekat perbatasan luar Batavia, pada waktu itu di kota Sasak, sekarang ini adalah perbatasan antara Kabupaten Bekasi Timur, Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Tabun Selatan, Provinsi Be. Kasi. Setelah itu pertahanan Belanda di Bekasi dilemahkan oleh serangan terus menerus hingga akhirnya Belanda meninggalkan Bekasi untuk memperkuat pertahanannya di Klander.

Panduan Rute Menuju Museum Digital Gedung Juang 45 Tambun Bekasi

Selain sebagai tempat perlindungan para pejuang, gedung ini juga digunakan sebagai tempat pertukaran dan pembebasan tahanan para pejuang Belanda dan Indonesia. Belanda mengembalikan pejuang kemerdekaan ke Bekasi dan tentara Belanda yang dipenjara kembali dengan kereta api melalui stasiun Tambun yang berada di belakang gedung.

Gambar Gedung Juang 45 Bekasi

Namun pada tahun 1942 gedung ini direbut oleh Jepang dan digunakan sebagai tempat pertahanan untuk menjajah kembali Indonesia setelah berhasil mengusir Belanda. Di akhir masa penjajahan Jepang di Indonesia, terjadi pembantaian tentara Jepang oleh para pejuang kemerdekaan Indonesia yang akan melarikan diri dari Indonesia saat itu.

Rencananya mereka berangkat dari Indonesia, dari Stasiun Tambun menuju Bandara Kalijati, Subang dengan kereta api. Tapi para pejuang mendorong rel, menyebabkan kereta berhenti. Kemudian senjata ditempatkan di truk pengangkut, para prajurit melawan para pejuang dengan tangan kosong, sehingga mereka dengan mudah dikalahkan. Mayat ratusan tentara Jepang dibuang ke Kali Bekasi.

Gambar Gedung Juang 45 Bekasi

Tempat Wisata Sejarah Di Bekasi Segera Dibuka Untuk Umum

Pada masa perlindungan kemerdekaan, Gedung Juang juga sempat berpindah tangan dengan Belanda, pada tahun 1947 Hingga tahun 1950 tentara Indonesia berhasil merestorasi Gedung Juang dan melakukan pelayanan publik di Bekasi. . Gedung ini juga berfungsi sebagai kantor tentara, peristirahatan DPD, TC. II Bekasi, Kantor Sekretaris Pemilihan Umum dan Dinas Kebersihan dan Pertamanan dan DPRD-GR.

Selain itu, gedung ini digunakan sebagai rumah tahanan PKI pada tahun 1962. 20 tahun kemudian, Gubernur Bekasi, Abdul Fatah, yang menjabat dari tahun 1973-1983, mendirikan Lembaga Pembangunan Desa (APD), tempat para pemuda bangunan menjadi kampus. Kini APD telah menjadi Universitas Islam 45 Bekasi.

Gambar Gedung Juang 45 Bekasi

Akhirnya bangunan tersebut menjadi pos pemadam kebakaran, namun pada akhir Desember lalu, Dinas Pekerjaan Umum dan Kawasan (PUPR) Bekasi menyempurnakan bangunan tersebut menjadi cagar budaya. Uang yang dihabiskan untuk pemugaran dilaporkan mencapai Rp 750.000.000 dalam dana APBD.

Mengintip Sejarah Gedung Juang 45 Di Bekasi

Renovasi dilakukan dengan tepat agar bangunan aslinya yang berlantai 45 tetap terjaga. juga berharap agar bangunan yang kaya akan nilai sejarah ini menjadi kebanggaan warga sekitar dan dapat menjadi tempat wisata. Saat ini, bangunan plastik tersebut digunakan oleh masyarakat setempat untuk kegiatan olahraga dan seni. Namun yang mengkhawatirkan masyarakat adalah kondisi kelelawar yang merusak atap gedung kebanggaan Kabupaten Bekasi itu.

See also  Gedung Xl Terdekat

Gambar Gedung Juang 45 Bekasi

Kelelawar yang bebas datang dan pergi dari atas gedung mengeluarkan urin dan fesesnya keluar dari gedung secara mandiri. Tentu bau busuk tersebut akan sangat mengganggu pengunjung yang masuk ke dalam gedung.

Tentunya diharapkan gedung Yang 45 yang sudah menjadi cagar budaya ini mendapat perhatian lebih dari pemerintah Kabupaten Bekasi. Sangat terawat dan tidak terbengkalai. Kalian yang tinggal di Tamboun dan sekitarnya, pernahkah mengunjungi gedung 45 Yuan ini?

Gambar Gedung Juang 45 Bekasi

Mengenal “gedung Juang Tambun” Pada Hari Museum Nasional

Acer di CES 2023 baru-baru ini menghadirkan produk terbarunya dari Chromebox dan Add-in-one 24 produk desktop lengkap.

Baru-baru ini, Amartha merilis informasi total penyaluran modal bagi pengusaha UMKM, khususnya ultra mikro di Tanah Air, yang angkanya mencapai Rp10 triliun.

Gambar Gedung Juang 45 Bekasi

Menyambut Imlek 2023 di Midian, Pak Muslim memutuskan untuk memberikan bantuan kepada keluarga yang kurang mampu di sini. Mengenal sejarah dan mencintai daerahnya.

Perancangan Identitas Branding Museum Gedung Juang 45 By Restu Pambudi

Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja resmi dibuka pada Jumat 19 Maret 2021 dan mengimbau masyarakat Kabupaten Bekasi yang ingin datang ke Museum Gedung Juang 45 Bekasi menggunakan transportasi umum seperti kereta api.

Gambar Gedung Juang 45 Bekasi

Untuk menghindari kemacetan terutama lokasi museum yang berada di dekat stasiun kereta api Tambun, bisa berjalan kaki.

“Masyarakat harus menggunakan kendaraan umum untuk menuju ke Museum Gedung Juang 45 Bekasi. Saya mencoba menggunakan kereta api untuk menuju ke sini dan tentu saja aksesnya sangat mudah, cepat, dan terhindar dari macet,” kata bupati tadi.

Gambar Gedung Juang 45 Bekasi

Sungai Di Atas Sungai |

Museum Digital Juang 45 Bekasi akan menjadi simbol baru dan sentral Kabupaten Bekasi yang dapat diwariskan kepada generasi mendatang.

Museum Digital Gedung Juang 45 Bekasi merupakan sumber pengetahuan bagi masyarakat Kabupaten Bekasi dalam mempelajari sejarah Bekasi sebelum kemerdekaan, saat memperjuangkan kemerdekaan, memperoleh kemerdekaan dari penjajah.

Gambar Gedung Juang 45 Bekasi

Baca Juga: Siaran Langsung, Pertandingan Catur Deva Fan Vs Puu Irene Sukanda Hari Ini, Netizen Menangkan Deva Fan

Acara Festival Ramfedst 2022 Di Gedung Juang 45 Di Hadiri Bupati Bekasi

Museum Digital, Gedung Juang 45 Bekasi, berlokasi di Jalan Sultan Hasanuddin, Desa Setiadarma.

Gambar Gedung Juang 45 Bekasi

Gedung juang 45 pekanbaru, gedung juang tasikmalaya, gedung joang 45 jakarta, gedung juang bekasi, gedung juang 45 semarang, gedung juang 45 nganjuk, sejarah gedung joang 45, gedung juang 45, gedung juang 45 surabaya, gedung juang 45 bekasi, gedung juang 45 makassar, gedung juang tambun