kebun,taman,rumah,desain
Beli Tema IniIndeks
Kebun  

Gambar Kebun Raya Cibodas

Gambar Kebun Raya Cibodas – Kebun Raya Cibodas di Cimacan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat akan dibuka kembali untuk umum, Selasa (7/7/2020). Tempat favorit di antara Gunung Gede dan Gunung Pangrango ini ditutup akibat wabah Corona (Covid-19).

“Tentunya mulai besok kita buka lagi untuk umum, rencananya Kebun Raya Cibodas akan dibuka yang akan dikunjungi Bupati Cianjur pada pukul 07.00 WIB,” kata Zaenal Arifin, General Manager Mitra Natura Raya-as. . Pengelola Kebun Raya Cibodas hingga Senin (6/7/2020).

Gambar Kebun Raya Cibodas

Gambar Kebun Raya Cibodas

Menurut Zaenal yang merupakan Humas Kebun Raya Bogor, pihaknya akan tetap menerapkan langkah-langkah kesehatan sesuai aturan yang ditetapkan pemerintah, seperti mengurangi jumlah pengunjung.

Taman Lumut, Koleksi Unggulan Kebun Raya Cibodas

Zaenal menjelaskan, “Selama pembukaan, kunjungan masih dibatasi yaitu hanya untuk anggota Kebun Raya saja. Oleh karena itu, pembelian tiket dilakukan secara online melalui Kebunraya.id,” ujar Zaenal.

Gambar Kebun Raya Cibodas

“Tidak ada perubahan, tiket masuk masih berarti harga lama. Pengunjung dikenakan tiket Rp16.500 per orang dengan jam buka pukul 08.00-16.00 WIB,” ujarnya.

Selain memberikan banyak jasa seperti pendidikan dan penelitian lingkungan, Kebun Raya Cibodas juga dijadikan tujuan wisata karena kesejukan dan keindahan tempatnya.

Gambar Kebun Raya Cibodas

Bangun Komitmen Sebagai Eduwisata, Kebun Raya Cibodas Miliki Botani Baru

Berbagai kegiatan dapat dilakukan di taman dan cagar alam ini. Terutama bekerja dengan nuansa alam dan pengenalan tumbuhan. Inilah beberapa di antaranya.

Berkolaborasi dengan keluarga atau kolega di pusat kegiatan Kebun Raya. Cuaca yang indah dan cuaca yang sejuk membuat acara seperti ini semakin bermakna. Perpaduan yang tercipta tidak akan terasa lelah karena udara yang dingin.

Gambar Kebun Raya Cibodas

Sebagian besar penyelenggara tur atau acara menawarkan penawaran paket di sini. tidak perlu khawatir dengan fasilitas di Kebun Cibodas, semuanya lengkap mulai dari gedung hingga makan siangnya. Pengunjung tinggal memilih harga paket yang tepat dan bersiap berpetualang di destinasi wisata ini.

Acaranya Jalan Jalan: Kebun Raya Cibodas

Masih banyak tempat alam yang belum tersentuh oleh waktu. Oleh karena itu, Kebun Raya sering dijadikan lokasi syuting film layar lebar dan serial. Selain tempat ini, keindahan tempat dan kesejukannya menjadi alasan lain untuk memotret di kebun raya ini.

Gambar Kebun Raya Cibodas

Bagi pengunjung yang ingin membuat film pendek atau ingin mengambil video klip, Kebun Raya adalah tempat yang tepat. Syuting dengan tema alam atau sejarah bisa dilakukan di sini. Namun, agar wisatawan nyaman dengan pekerjaan ini, ada tambahan hingga enam juta yang dibayarkan per hari.

See also  Kebun Teh Terluas Di Dunia

Karena kondisi cuaca yang indah, area taman dijadikan sebagai lokasi fotografi. Biasanya foto ini untuk pemotretan prewedding atau bisnis seperti pemotretan komersial. Biaya yang digunakan untuk pemotretan ini berkisar antara satu hingga dua juta rupiah.

Gambar Kebun Raya Cibodas

Wisata Kebun Raya Cibodas Cukup Digemari Wisatawan Timur Tengah

Selain jepretan profesional, para tamu juga bisa berswafoto dengan kamera ponsel mereka. Suasana asri berpadu dengan manajemen yang baik, membuat banyak titik cocok untuk berfoto selfie. Untuk berfoto selfie, tamu tidak akan dikenakan biaya tambahan.

Bagi pengunjung yang kurang puas bermain di Kebun Raya Cibodas dalam satu hari, bisa bermalam dengan menyewa penginapan. Di samping taman terdapat penginapan yang siap melayani tamu yang ingin bermalam. Terdapat 3 guest house dengan jumlah kamar dan tempat tidur yang berbeda dan tamu harus menyesuaikan dengan kebutuhannya.

Gambar Kebun Raya Cibodas

Sebagai tempat keanekaragaman hayati, Kebun Raya Cibodas memiliki museum. Salah satu tempat yang mereka miliki adalah rumah hias dengan tanaman yang indah. Wisatawan bisa mengunjunginya mulai pukul 08.00 hingga 16.00 setiap hari.

Imbas Gempa Susulan, Kunjungan Wisata Ke Kebun Raya Cibodas Cianjur Anjlok

Bagi pengunjung yang ingin mengetahui hal ini, bagaimana dan manfaat menjaga lingkungan, dapat mengikuti program pendidikan lingkungan. Edukasi Lingkungan di Kebun Raya ini dibagi menjadi dua kategori utama yaitu Flora dan Guided tour. Wisata Flora merupakan paket pendidikan lingkungan bagi siswa SD hingga SMA.

Gambar Kebun Raya Cibodas

Umumnya, tamu yang berkunjung akan diinstruksikan untuk berpartisipasi dalam Program Penjangkauan. Karya ini meliputi penyajian alam, tanaman hias dan tempat-tempat menarik. Untuk berpartisipasi dalam program ini, tamu harus membeli tiket terlebih dahulu. Bogor identik dengan kata kota santri, sesuai dengan salah satu filosofi kota tersebut, yaitu Ngaos atau amalan mengaji. Oleh karena itu, tidak heran jika dikatakan bahwa kota ini terkenal dengan ibadahnya. Meski memiliki julukan populer, Cianjur sebenarnya memiliki banyak tempat wisata yang patut Anda kunjungi, salah satunya adalah Kebun Raya Cibodas. Memiliki suasana yang sejuk dan damai menjadikan tempat ini wajib dikunjungi saat berkunjung ke Cianjur. Lalu, apa saja tempat yang akan Anda nikmati di sini, berikut kami berikan beberapa ulasannya.

Kebun Raya ini memiliki banyak koleksi tanaman dari seluruh Indonesia dan dunia. Berkunjung ke taman ini dengan mengajak anak-anak sangat tepat karena dapat menambah pengetahuan mereka tentang jenis tanaman yang ada. Kebun Raya ini terletak di Kompleks Hutan Gunung Gede dan Gunung Pangrango di Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Kebun Raya ini memiliki ketinggian sekitar 1.300 hingga 1.425 meter di atas permukaan laut dengan luas 84,99 hektar. Kebun raya ini memiliki iklim tropis dengan suhu rata-rata 20,06ᵒC dan kelembaban rata-rata 80,82% serta curah hujan rata-rata 2.950 mm per tahun.

See also  Kebun Teh Viral Di Bandung

Gambar Kebun Raya Cibodas

Jenis Tanaman Di Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya ini didirikan pada tanggal 11 April 1852 oleh kurator Kebun Raya Bogor bernama Johannes Ellias Teijsman. Awal dari ini disebut Kebun Raya

(Rumah Gunung Cibodas). Tujuan awal didirikannya Kebun Raya ini adalah sebagai tempat menerima jenis tumbuhan dari luar negeri yang memiliki nilai dan kepentingan ekonomi, contohnya Pohon Kina (Cinchona Calisaya).

Gambar Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya ini dikembangkan menjadi bagian dari Kebun Raya Bogor dengan nama Cabang Kebun Raya Cibodas, namun pada tahun 2003 status Kebun Raya berada di bawah Kebun Raya Bogor karena kepedulian Life Sciences, Indonesia Institute. Ilmu Pengetahuan (LIPI) sebagai Unit Pelaksana Teknologi Pusat Tumbuhan Botani. Kebun raya ini memiliki banyak koleksi tanaman, seperti anggrek, rerumputan, paku-pakuan dan tanaman lainnya.

Cibodas Botanical Garden (cianjur)

Di Kebun Raya Cibodas, bunga sakura mekar pada bulan Januari-Februari dan Juli-Agustus. Biasanya bunga ini membutuhkan waktu 4 hari untuk mekar. Bunga sakura bisa tumbuh di kebun raya ini karena areal taman berada di ketinggian 1400 mdpl sehingga cocok untuk ditanami bunga sakura. Di dalam Botanical Garden sendiri terdapat sekitar 300 jenis pohon sakura yang bisa kita nikmati saat sedang mekar. Pasti akan menjadi kesempatan yang luar biasa untuk bisa menikmati keindahan Sakura tanpa jauh-jauh ke Jepang.

Gambar Kebun Raya Cibodas

Taman Lumut resmi dibuka pada tahun 2006 dengan konsep outdoor garden seluas 1.500 meter persegi. Ada banyak jenis koleksi rumput dari seluruh Indonesia dan dunia. Waterpark ini merupakan waterpark terbesar di Indonesia dan sekarang menjadi Moss Park

Terbesar di dunia. Ada sekitar 235 jenis lumut yang termasuk dalam Kebun Raya ini dan terbagi menjadi tiga kelompok yaitu lumut hati (Hepaticopsida), lumut tanduk (Anthocerotopsida), dan lumut sejati (Bryopsida).

Gambar Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas, Bukti Kekayaan Flora Indonesia

Selain Taman Lumut, ada juga Taman Paku-Pakuan yang memiliki koleksi 101 jenis tumbuhan paku dari berbagai daerah di Indonesia. Tumbuhan herbal sering digunakan sebagai bahan baku dalam pengobatan tradisional, misalnya manisnya rambut batang dan kuku Kidang dipercaya dapat digunakan sebagai obat luka untuk menghentikan pendarahan.

Kebun Raya Cibodas berjarak 85 km dari Jakarta atau sekitar 90 menit dengan mobil melalui jalan Bogor-Puncak-Cianjur menuju pertigaan Cimacan. Kemudian belok kiri menuju Kebun Raya sejauh kurang lebih 4 kilometer, Anda bisa naik angkutan kota (angkot) jurusan Cipanas-Rarahan-Cibodas yang bisa Anda dapatkan di pertigaan Cimacan atau pasar Cipanas.

Gambar Kebun Raya Cibodas

Harga tiket masuk ke Botanical Garden mulai 1 Maret 2019 adalah Rp 16.500 per orang. Jam buka dari pukul 08.00-17.00 WIB. Saat ini tarif parkir kendaraan roda dua Rp 5.000 dan roda empat Rp 16.000. Harga tiket sudah termasuk asuransi dari Jasa Raharja Putra. Di hari kerja, teman berkaki dua dan berkaki empat bisa dibawa berkeliaran di sekitar taman, tapi di hari merah, mereka juga tidak bisa berkeliaran. Harga tiket pada hari kerja dan hari libur sama.

See also  Kebun Raya Purwodadi Jawa Timur

Pesona Sakura Di Kebun Raya Cibodas

Melihat keindahan dan kesejukan Kebun Raya Cibodas tentu sayang untuk dilewatkan. Setelah itu, kita bisa menghadapi masa sulit yaitu menikmati indahnya bunga sakura, mengingat bunga Jepang ini jarang sekali mekar di Indonesia. Itu pasti akan menjadi kenangan yang tak terlupakan. Kami harap artikel ini membantu. Itu saja, terima kasih. Belum sempat ke Jepang untuk melihat bunga-bunga bermekaran? Jangan sedih dulu. Keindahan bunga berwarna merah muda ini masih bisa Anda nikmati di Indonesia tepatnya di Kebun Raya Cibodas, Cianjur, Jawa Barat.

Gambar Kebun Raya Cibodas

Meski tidak bisa mekar seperti di tanah asalnya, bunga yang mekar di Kebun Raya Cibodas ini tetap layak untuk dilihat secara langsung. Anggap saja sebagai pemanasan sebelum Anda terbang ke Jepang. Ingin tahu pesona tanaman sakura yang cantik ini? Dengarkan akhirnya, oke?

1. Mekar dua kali dalam setahun, Anda hanya bisa menikmati bunga sakura di Kebun Raya Cibodas antara Januari-Februari atau Juli-Agustus.

Gambar Kebun Raya Cibodas

Review Lengkap Wisata Kebun Raya Cibodas Cianjur 2021

4. Dari 308 jenis bunga yang ada di dunia, hanya 7 jenis yang bisa tumbuh subur di Kebun Raya Cibodas.

6. Selain perawatan yang baik, topografi dan iklim yang hampir sama dengan di Jepang membuat bunga sakura mampu bertahan hidup di Kebun Raya Cibodas.

Gambar Kebun Raya Cibodas

9. Musim bunga bulan Februari 2019 hampir berakhir, namun kamu masih bisa menikmatinya nanti di bulan Juli-Agustus 2019

Libur Idul Fitri 2018, Kebun Raya Cibodas Jadi Tempat Wisata Favorit

Bagaimana? Mereka tidak seindah bunga sakura yang tumbuh di Jepang, bukan? Yuk, rencanakan perjalanan ke Kebun Raya Cibodas untuk melihat bunga ini secara langsung.

Gambar Kebun Raya Cibodas

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform menulis. Semua tulisan menjadi tanggung jawab penulis sepenuhnya, sebagai destinasi wisata Kebun Raya Cibodas tidak melelahkan untuk dikunjungi, apalagi di masa wabah ini dimana anda sudah bosan berdiam diri di rumah selama berbulan-bulan dan berniat untuk menghabiskan dan beristirahat di alam. .

Penginapan kebun raya cibodas, villa kebun raya cibodas, tiket kebun raya cibodas, camping kebun raya cibodas, kebun raya cibodas puncak, wisata kebun raya cibodas, hotel kebun raya cibodas, harga kebun raya cibodas, kebun raya cibodas, kebun raya cibodas cianjur, htm kebun raya cibodas, kebun raya cibodas bogor