kebun,taman,rumah,desain
Beli Tema IniIndeks
Gedung  

Gedung Juang Kisaran

Gedung Juang Kisaran – Halo sobat backpacker, selamat datang di blog sejarah backpacking. Saya berjalan-jalan di sekitar Museum Asahan hari ini.

Sejatinya tadi saat jalan-jalan di Kota Kisaran, saya melihat plang di depan gedung Juang 45 Asahan bertuliskan museum. Sayangnya, pintu gedung ditutup pada saat itu.

Gedung Juang Kisaran

Gedung Juang Kisaran

Saya juga agak penasaran karena setahu saya tidak ada museum Asahan. Juga, pencarian Google saya juga tidak menemukan informasi yang relevan. Bahkan jika Anda mencari wisata Asahan di Google atau media sosial, informasinya sangat sedikit.

Masjid Agung H. Ahmad Bakrie

Akhirnya setelah beberapa hari, saya pun berkesempatan kembali ke Kota Kisaran khusus untuk mengunjungi museum ini. Untungnya, pintu museum terbuka hari itu, meski gerbangnya sedikit terbuka.

Gedung Juang Kisaran

Setelah menyapa dan mengisi buku tamu serta menceritakan beberapa cerita dari staf museum, saya akhirnya mengetahui bahwa museum dibuka kurang dari setahun yang lalu. Bangunan ini juga dipinjam dari Gedung Juang 45 Asahan, karena Museum Asahan tidak memiliki bangunan sendiri. Museum hanya buka pada hari kerja, museum tutup pada hari libur.

Museum Asahan memiliki beberapa ruangan yang menyimpan berbagai koleksi pakaian adat suku Asahan dan miniatur rumah adatnya. Ada pula berbagai senjata bersejarah yang digunakan untuk melawan Belanda, serta berbagai peralatan seperti alat pertanian, alat perdagangan hingga alat rumah tangga yang cukup kuno masih bertahan.

Gedung Juang Kisaran

Dugaan Korupsi Dana Bdb Tahun 2013, Kpk Dan Tim Ahli Cek Bangunan Rsud Hams Kisaran

Dahulu kawasan Asahan merupakan wilayah kekuasaan Kesultanan Asahan, sehingga museum ini juga menyimpan berbagai koleksi peninggalan Kesultanan Asahan, seperti banyak senjata dan barang-barang lainnya. Selain itu, museum ini juga menyimpan berbagai informasi tentang monumen pertempuran yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Asahan sebagai bukti perjuangan Asahan melawan Belanda.

See also  Gedung Dpr Ri Hari Ini

Museum ini juga memiliki banyak potret pahlawan dan bupati yang pernah memerintah Kabupaten Asahan. Ada pula berbagai foto lawas yang menggambarkan kondisi Kabupaten Asahan tempo dulu. Hanya foto saya yang tidak ada di museum. 😀

Gedung Juang Kisaran

Btw, di belakang juga ada info Tuan Syech Glare Laut yang merupakan leluhur dari Ustadz Abdul Somad lho.

Pc Pmii Asahan Gelar Ikrar Sumpah Pemuda Di Gedung Juang 45

Secara umum koleksi museum ini cukup banyak, tapi saya tidak bisa mengatakan lengkap, karena ketika saya meneliti Kesultanan Asahan dalam tesis saya, ternyata Tanah Asahan memiliki sejarah yang panjang. Bahkan sejarah Asahan sudah ada sejak zaman Majapahit, kemudian kedatangan Portugis, Kesultanan Asahan, untuk berperang melawan penjajah Belanda. Oleh karena itu, dengan sejarah yang begitu panjang, tampaknya koleksi museum masih sangat kurang.

Gedung Juang Kisaran

Museum Asahan menempati Gedung Juang 45 Asahan sebagai gedung museum. Gedung Juang 45 sendiri merupakan bangunan bersejarah di Asahan karena merupakan bangunan yang didedikasikan untuk perjuangan rakyat Asahan melawan penjajahan Belanda. Gedung Juang 45 Asahan kini digunakan sebagai bangunan cagar budaya yang dilindungi.

Museum Asahan terletak di Jalan HOS Cokroaminoto, Kota Kisaran, Kabupaten Asahan. Hanya sekitar 1 km dari Stasiun Kereta Api Kisaran. pada tahun 2021 11 Juli 02:24 di tahun 2021 11 Juli 02:24 Diperbarui: 2021 31 Agustus 02:28 8933 2 0

Gedung Juang Kisaran

Realitas News: Kpai Kabupaten Asahan Gelar Lomba Baca Pancasila Dan Uud 45

Gedung Juang 45 atau biasa disebut Gedung Juang Tambun merupakan sebuah situs sejarah yang terletak di Tambun Selatan, Bekasi. Gedung ini dulu disebut Landhuis Tamboen atau Gedung Tinggi namun lebih dikenal sebagai Gedung Juang oleh masyarakat Bekasi. Gedung yang terletak di Jalan Sultan Hasanudin No. 39, Setiadarma, Kec. Tambun Sel., Bekasi, Jawa Barat.

Dibangun oleh seorang bangsawan Cina bernama Khouw Tjeng Kie, bangunan ini mengalami dua tahap pembangunan: 1906-1910 dan 1925. Selama masa penjajahan Jepang, Landhuis adalah tanah milik pribadi. Tamboene disita dari Khouw. keluarga.

See also  Luas Gedung Tertinggi Di Indonesia

Gedung Juang Kisaran

Pada masa Perang Kemerdekaan melawan Belanda, Gedung Juang yang saat itu dikenal sebagai Gedung Tinggi digunakan sebagai pos pertahanan oleh para pejuang kemerdekaan yang dipusatkan di kawasan Tambun dan Cibarusah.

Sekda Asahan Menghadiri Pameran Seni Rupa

Gedung Tambun juang ini hanya berjarak beberapa kilometer saja dari perbatasan luar Batavia yaitu kawasan Sasak Rarang yang merupakan daerah perbatasan antara Kabupaten Bekasi Timur Kota Bekasi dan Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi.

Gedung Juang Kisaran

Akibat gencarnya serangan pertahanan Belanda di daerah Bekasi, Belanda sering meninggalkan basis pertahanannya di daerah Bekasi dan mundur untuk memperkuat zona pertahanan di daerah Klender yang kemudian menjadi perbatasan antara kota Bekasi dengan Timur. . Jakarta.

Gambar Tugu Gedung Juang 45 Bekasi. (John/Mahasiswa) Gedung Juang adalah salah satu tempat bersejarah tentang Bekasi sebelum dan sesudah kemerdekaan. Saat kita berkunjung ke sana, kita akan ditemani oleh seorang guide yang akan menjelaskan sejarah pembangunan gedung tersebut. Pengunjung cukup membayar biaya parkir dan jasa pemandu wisata mulai dari Rp. 5000 menjadi Rp. 10.000.

Gedung Juang Kisaran

Jumpa Jawara Di Gedung Juang 45 Tambun

Wisata Gedung Juang buka setiap hari mulai pukul 08:00 hingga 19:00 WIB, kecuali hari Sabtu buka hingga pukul 20:00 WIB. Jika Anda berkunjung pada Sabtu malam, pengunjung akan disuguhkan karya seni dari berbagai komunitas seni dan budaya, baik tradisional maupun modern. Asahan – Nama Tugu Perjuangan Kota Kisaran tentu tidak asing lagi bagi warga Kota Kisaran dan sekitarnya. Tugu yang terletak sebagai penghubung antara Jalan Imam Bonjol dan Jalan Cokro Amiot ini mungkin banyak dari kita yang belum mengetahui sejarahnya, bangunan yang menjadi ikon kota Kisaran ini.

Berikut informasi bentuk bangunan dan sejarah singkat Monumen Pertempuran Kota Kisaran dikutip dari arsip sejarah Kabupaten Asahan di Museum Daerah Kabupaten Asahan yang terletak di Gedung Juang 45 Asahan, Jalan Hos. Cokroaminoto, Kisaran

Gedung Juang Kisaran

Sebuah bangunan berbentuk piramida/kerucut dengan alas 5 (lima) undakan setinggi kurang lebih 3 meter dan diameter 1 meter terletak di perempatan Jalan Imam Bonjol dan Jalan Cokroaminoto, Kota. . Tugu Kisaran terbuat dari semen dan berpagar rapi berbentuk lonjong dengan alas berukuran 4 x 5 meter. Pada sisi monumen terdapat 5 buah bambu yang dirinci dan reliefnya dibuat dengan lambang Pancasila sebagai dasar negara.

See also  Pembangunan Gedung Sapta Pesona

Kerjasama Dengan Dinas Pendidikan, Seniman Di Asahan Gelar Pertunjukan Melukis Dan Musik Tradisional Di Gedung Juang 45

Pada agresi pertama, ketika Belanda memasuki Kota Kisaran dengan pasukan tank dan artileri, pada tahun 1947. 4 Agustus mereka memasuki kota. Di sekitar monumen sekarang menjadi wilayah pangkalan paramiliter muda Belanda, serta salah satu laskar Napindo. Mohd. . Var Abdullah ditembak oleh Belanda pada tahun 1947. 11 Agustus, sekitar jam 4 sore. sore. Nah, untuk mengenang perjuangan tentara dan pemuda Kisaran, monumen ini dibangun pada tahun 1960. dan dibuka oleh Ganin Purba saat menjadi asisten Wadana.

Gedung Juang Kisaran

Di antara 45 tokoh dan pejuang yang terkait dengan 1947 insiden, adalah: Dtm terlambat. Mohammad Noor, almarhum H. Daud Ahmad dan H. Ridwan Qadir yang merupakan ketua DHC Asahan saat ini.

Menurut H. Ridwan Qadir, inisiatif pembangunan tugu Ganin Purba ini dan para pelaksana yang membangunnya berasal dari PT. HAPAM yang merupakan perusahaan perkebunan di Asahan sekitar tahun 1960.

Gedung Juang Kisaran

Harga Sewa Gedung Pernikahan Surabaya

Monumen ini belum diperbaiki dan tetap dalam bentuk aslinya. tapi pagar dan lantai dasar diperbaiki. Menurut informasi, berita proklamasi kemerdekaan sampai di Kisaran sekitar tanggal 5 Oktober 1945.

Prasasti di sisi monumen merupakan simbol perjuangan melawan Belanda, dengan bersenjatakan bambu runcing, para prajurit terus maju dan tidak mengenal kata menyerah untuk mengusir penjajah Republik tercinta dan khususnya daerah. Mengharapkan.

Gedung Juang Kisaran

Saat ini tugu tersebut berdiri kokoh di jantung Kota Kisaran, yang menjadi saksi sejarah rakyat Asahan dalam mempertahankan kedaulatan negara Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tahun 1947. pada masa Agresi Belanda I. (AS4)

Tni Al Lanal Tba Ziarah Rombongan Di Tmp Kisaran

Gedung juang surabaya, gedung juang semarang, gedung juang 45 surabaya, gedung juang bekasi, gedung juang 45 nganjuk, gedung juang jakarta, gedung juang, gedung juang tambun, gedung juang nganjuk, gedung juang 45 pekanbaru, gedung juang jombang, gedung juang tasikmalaya