kebun,taman,rumah,desain
Beli Tema IniIndeks
Gedung  

Gedung Juang Tambun Selatan

Gedung Juang Tambun Selatan – TAMBUN SELATAN – Gedung Juang Tambun dipugar kemegahannya dan menjadi museum Bekasi. Bangunan ini sudah ada sejak awal tahun 1900. Dibangun oleh para pemilik tanah, bangunan ini kemudian menjadi saksi perjuangan bangsa Indonesia.

Bangunan Juang Tambun berdiri megah dengan gaya neoklasik yang indah. Bangunan ini awalnya milik keluarga tuan tanah yang mengambil alih kekuasaan Belanda untuk menguasai kawasan Tambun.

Gedung Juang Tambun Selatan

Gedung Juang Tambun Selatan

Ayah terhormat bernama Khouw Tjeng Kee, Luitenant der Chinezen yang membangunnya dalam dua tahap dari tahun 1906 dan selesai pada tahun 1910 dan tahap kedua selesai pada tahun 1925.

Tempat Wisata Sejarah Di Bekasi Segera Dibuka Untuk Umum

Kekuasaan penguasa Cina berakhir setelah kedatangan Jepang yang merebutnya pada tahun 1942. Tentara Jepang menggunakan gedung ini untuk kebutuhan mereka di sekitar Batavia.

Gedung Juang Tambun Selatan

Pada masa kemerdekaan, gedung Juang digunakan sebagai kantor Kabupaten Jatinegara. Gedung-gedung tinggi, dan nama lainnya juga digunakan sebagai titik pengamanan dan pusat komando dalam mempertahankan kemerdekaan.

Pada tahun 1947, tentara Belanda menduduki gedung ini saat Perang Bekasi. Pada tahun 1949, para pejuang Indonesia merebutnya kembali.

Gedung Juang Tambun Selatan

Museum Gedung Juang Tambun, Wisata Sejarah Di Bekasi Yang Wajib Dikunjungi

Setelah kembalinya pemerintah Indonesia dari Belanda pada akhir tahun 1949, gedung juang digunakan untuk berbagai keperluan resmi, khususnya Bekasi. Awalnya, pada tahun 1950, Kementerian Pekerjaan Umum Kerajaan Bekasi menduduki gedung ini dan kantor lainnya hingga akhir tahun 1982.

Dan batalyon Kian Santang tentara Indonesia juga ada di sini. Selebihnya DPRD sementara, DPRD Tk. II Bekasi dan DPRD-GR sampai tahun 1960. Tahun 1965, tahanan politik PKI ditampung.

Gedung Juang Tambun Selatan

Pusat Pembangunan Pedesaan (APD) juga menggunakan gedung Tambun juang sebagai kampusnya sebelum pindah ke gedung yang sekarang menjadi Unisma 45 Bekasi.

Objek Wisata Gedung Juang 45 Kabupaten Bekasi Jawa Barat

Pada tahun 1999, gedung ini juga menjadi kantor Sekretariat Pemilihan dan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Dinas Pemadam Kebakaran.

Gedung Juang Tambun Selatan

Pada 2019, pemerintah Bekasi merenovasi gedung Juang dan mengubahnya menjadi museum dan pusat kebudayaan setempat. Alhamdulillah, masyarakat bisa menikmati bangunan bersejarah ini sekaligus menjadi saksi sejarah dan budaya Bekasi. Bekasi – akhirnya Bekasi punya museum nih guys. Ya, Gedung Juang 45 Tambun resmi dideklarasikan sebagai museum pertama dengan konsep teknologi digital modern setelah dihidupkan kembali.

See also  Gedung Sate Dulu

Akun Twitter @nurdiyansah memberikan berita seputar sejarah Museum Bekasi. Ia menulis gedung ini dulunya bernama Landhuis Tamboen atau Gedung Tinggi. Dan itu adalah bangunan atau rumah pribadi seorang pengusaha Cina: Khouw Tjian Seku.

Gedung Juang Tambun Selatan

Warga Budaya Dan Sejarah Bekasi Kembali Hentikan Syuting Di Gedung Juang Tambun

Ia menambahkan, “Dulu pemerintah Hindia Belanda menjual lahan pertanian Bekasi kepada investor asing sebagai lahan pribadi, termasuk pengusaha Cina.”

Di sini Anda bisa melihat beberapa hal menarik seputar sejarah melalui teknologi digital, seperti profil penguasa Bekasi dari masa ke masa, perjuangan rakyat Bekasi melawan penjajah dan kerajaan Tarumanagara.

Gedung Juang Tambun Selatan

Dan tidak hanya itu, ada juga hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan prasejarah seperti kerangka manusia Bunian, peta Kota Bekasi saat berada di bawah kekuasaan VOC, diorama Pasundan Bubat dan tugu Kelelawar. Di pelataran museum terdapat taman, kolam, dan tugu dengan peta Kabupaten Bekasi.

Gedung Juang Akan Jadi Pusat Kebudayaan Bekasi

“Apa yang ada di Museum Bekasi? Menarik dan berbeda. Museum menceritakan kisah Bekasi dari masa sebelum revolusi hingga revolusi. Ada berbagai jenis penemuan sejarah, serta foto dan cerita visual dan audio tentang sejarah Bekasi. well-organized culture”, beberapa akun bernama explorer_spice.

Gedung Juang Tambun Selatan

“Museum ini juga memiliki lebih dari satu ruang tontonan! Ada bioskop tempat Anda bisa menonton program sejarah, dan ada juga tempat pembuatan film tentang pahlawan lokal Bekasi yang melawan para diktator. sendiri dengan layar 180 derajat! ” Dia menambahkan itu.

Dan tentu saja, semuanya tampak bukan hanya soal sejarah dan diorama dengan teknologi 3D. Ia mencontohkan, ada juga karya seni modern.

Gedung Juang Tambun Selatan

Sedang Direnovasi, Begini Penampakan Gedung Juang Nantinya

Museum yang terletak di Jalan Sultan Hasanudin, Kelurahan Setiadarma, Kecamatan Tambun Selatan, Provinsi Bekasi ini, ternyata telah dibuka untuk umum sejak 22 Maret 2021, sob, jadi jangan lupa ya. padanya!

“Dari namanya bisa ditebak tempatnya di Tambun, provinsi Bekasi, dekat Pasar Tambun – sekitar 30 menit naik mobil dari stasiun Bekasi,” ujarnya. Kini masyarakat Bekasi memiliki museum modern Gedung Juang 45 yang bisa menjadi pusat belajar bagi anak-anak.

Gedung Juang Tambun Selatan

Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja dibuka secara resmi pada Jumat, 19 Maret 2021 dan mengimbau masyarakat Kabupaten Bekasi yang ingin ke museum Gedung Juang 45 Bekasi menggunakan angkutan umum seperti kereta api.

Bupati Bekasi Resmi Membuka Museum Digital Gedung Juang 45

Untuk menghindari kemacetan, apalagi lokasi museum ini berada di dekat stasiun kereta api Tambun yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki.

Gedung Juang Tambun Selatan

“Masyarakat harus menggunakan angkutan umum untuk menuju museum Gedung Juang 45 Bekasi. Saya coba ke sini dengan kereta api dan aksesnya sangat mudah, cepat dan terhindar dari macet,” kata Bupati beberapa waktu lalu.

See also  Gedung Tertinggi Di Jakarta Yang Sedang Dibangun

Museum digital Juang 45 Bekasi akan menjadi simbol dan institusi baru kerajaan Bekasi yang dapat diwariskan kepada generasi berikutnya.

Gedung Juang Tambun Selatan

Pengunjung Kecewa, Hari Ahad Museum Gedung Juang Bekasi Mendadak Ditutup

Museum Digital Gedung Juang 45 Bekasi sebagai sumber ilmu bagi masyarakat Bekasi untuk mempelajari sejarah Bekasi sejak sebelum kemerdekaan, dari perjuangan kemerdekaan hingga kemerdekaan dari penjajah.

Baca Juga: Live Game Dewa Fan Chess Bareng Grandmaster Irene Sukandar Hari Ini Netizen Kalahkan Dewa Fan

Gedung Juang Tambun Selatan

Museum Digital Juang 45 Bekasi yang berlokasi di Jalan Sultan Hasanudin, Kelurahan Setiadarma, Kecamatan Tambun Selatan, dibuka untuk umum mulai Sabtu, 20 Maret 2021 dengan jam kerja pukul 09.00 hingga 17.00 WIB.

Gedung Juang Kabupaten Bekasi Diperiksa Kejati, Ahmad Djaelani Desak Pj Bupati Blacklist Kontraktor

Rombongan pengunjung dibatasi maksimal 20 orang yang berada di dalam museum dalam waktu yang bersamaan, sehingga pengunjung harus masuk secara bergantian.

Gedung Juang Tambun Selatan

Kong Guntur, pegawai Pantun Bekasi yang telah berkecimpung di dunia sastra sejak 1983, mengimbau semua pihak untuk menjaga dan memelihara museum Gedung Juang 45 sebagai kebanggaan masyarakat Bekasi.

Kong Guntur berkata “Nyook, mari kita jaga dan hidupkan kembali tradisi sejarah Bekasi, agar anak cucu kita tidak dibutakan oleh tradisi sejarah negara asalnya, apalagi di era modern dan serba modern ini.”

Gedung Juang Tambun Selatan

Asry’s Blog: Gedung Juang Tambun (konservasi Arsitektur)

Pemerintah Kota Bekasi telah menyelesaikan rehabilitasi gedung Juang 45 melalui APBD tahun 2020 sebesar Rp36,9 miliar dengan APBD revisi Rp3,5 miliar.

Bangunan “Landhuis Tamboen” yang juga dikenal dengan nama gedung Juang Tambun ini dibangun pada tahun 1906. Bangunan ini dibangun dengan perpaduan gaya Eropa dan Cina yang disebut gaya komprador.

Gedung Juang Tambun Selatan

Dimulai dengan ruang diorama perjuangan rakyat Bekasi melawan penjajah, layar digital sejarah Bekasi dari masa ke masa, pameran artefak sejarah dan gedung bioskop kecil.

Juang Tambun Building (bekasi): Ce Qu’il Faut Savoir

Kemenkop UKM Hapus BPUM 2023? BLT UMKM Rp. 1,2 juta lagi dibayarkan ke orang ini, lihat syarat dan ketentuan dan cara mendaftar

Gedung Juang Tambun Selatan

Tautan Baca mulai setelah akhir bab 172 Indonesia hidup hari ini kapan itu berakhir? Berikut jadwalnya 11 Juli 2021 02:24 11 Juli 2021 02:24 Diperbarui: 31 Agustus 2021 02:28 8915 2 0

Gedung Juang 45 atau yang biasa dikenal dengan Gedung Juang Tambun adalah sebuah situs sejarah yang terletak di Tambun Selatan, Bekasi. Dulu bangunan ini bernama Landhuis Tamboen atau Gedung Tinggi, namun masyarakat Bekasi lebih mengenalnya sebagai Gedung Juang. Bangunan di alamat Sultan Hasanudin no. 39, Setiadarma, Kec. Tambun Sel., Bekasi, Jawa Barat.

Gedung Juang Tambun Selatan

Mengenal “gedung Juang Tambun” Pada Hari Museum Nasional

Bangunan ini dibangun oleh beberapa tetua keturunan Tionghoa bernama Khouw Tjeng Kie, dan mengalami dua tahap pembangunan, yaitu tahun 1906-1910. dan 1925. Selama masa penjajahan Jepang, Landhuis dan tanah pribadi di Tamboen disita dari keluarga Khouw.

Pada masa Perang Kemerdekaan melawan Belanda, Gedung Juang yang saat itu dikenal sebagai Gedung Tinggi digunakan sebagai kubu pertahanan oleh para pejuang kemerdekaan yang dipusatkan di daerah Tambun dan Cibarusah. .

See also  Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata

Gedung Juang Tambun Selatan

Bangunan Tambun juang berjarak beberapa kilometer dari perbatasan Batavia, yaitu kawasan Sasak Rarang yang kini menjadi perbatasan antara Pemda Bekasi Timur dengan Pemkot Bekasi dan Pemda Tambun Selatan, Panitera Bekasi.

Axs Gelar “celebration Anniversary” Di Museum Gedung Juang Tambun

Akibat penyerangan pasukan pertahanan Belanda di wilayah Bekasi, warga kerap meninggalkan kubu pertahanan di wilayah Bekasi dan mundur untuk memperkuat wilayah pertahanan wilayah Klender yang kemudian menjadi perbatasan antara kota Bekasi dan Timur. . Jakarta.

Gedung Juang Tambun Selatan

Gambar Gedung Juang 45 Bekasi. (Jonas/mahasiswa) Gedung Juang adalah salah satu tempat bersejarah tentang Bekasi sebelum dan sesudah kemerdekaan. Saat kita berkunjung ke tempat tersebut, kita akan ditemani oleh pemandu yang akan menjelaskan sejarah bangunan tersebut. Pengunjung cukup membayar biaya pemesanan kendaraan dan biaya pemandu wisata mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 10.000.

Gedung Juang Tour buka setiap hari mulai pukul 08.00-19.00 WIB, kecuali pada hari Sabtu buka hingga pukul 20.00 WIB. Jika Anda berkunjung pada Sabtu malam, para tamu akan disuguhkan penampilan dari berbagai komunitas seni dan budaya, mulai dari seni tradisional hingga seni modern. Gedung Juang Tambun adalah sebuah situs sejarah yang terletak di Kecamatan Tambun Selatan, Provinsi Bekasi, Jawa Barat, Indonesia. Saat ini gedung Juang Tambun berfungsi sebagai Museum Bekasi yang dikelola oleh pemerintah Bekasi.

Gedung Juang Tambun Selatan

Tempat Wisata Keren Bertambah Di Bekasi

Gedung Juang Tambun dibangun dua tingkat oleh pejabat dan pemilik, Khouw Tjeng Kee, Luitenant der Chinezen. Ia memiliki dua saudara laki-laki, Letnan Khouw Tjeng Tjoan dan Letnan Khouw Tjeng Po. Ayah mereka adalah seorang tuan tanah bernama Luitenant-titulair der Chinezen Khouw Tian Sek.

Sepeninggal Letnan Khouw Tjeng Kee, pengelolaan tanah pribadi dan Tamboen Landhuis jatuh ke tangan putra Luitenant, Khouw Oen Hoei. Ia adalah sepupu dari O.G. Khouw yang dimakamkan di makam terkenal di Petamburan. Kerabat tertua mereka pada masa kolonial adalah Khouw Kim An, Majoor der Chinezen terakhir di Batavia, yang merupakan anak dari sepupu mereka, Letnan Khouw Tjeng Tjoan.

Gedung Juang Tambun Selatan

Pembangunan tahap pertama dimulai tahun 1906 dan selesai tahun 1910. Tahap kedua tahun 1925. Pertama, ditanami halaman depan gedung Juang Tambun yang terlihat dari Jalan Hasanudin. tidak berlimpah. populer pada masa itu.di Indonesia di kalangan masyarakat di daerah Tambun dan Bekasi.

Museum Bekasi Gedung Juang Kini Terbuka Buat Umum, Gratis!

Tanah pribadi Landhuis dan Tamboen disita dari keluarga Khouw van Tamboen pada tahun 1942 di tengah pendudukan Jepang. Pada

Gedung Juang Tambun Selatan

Gedung juang bekasi, gedung juang 45 sukabumi, gedung juang surabaya, gedung pernikahan tambun, gedung juang jakarta, gedung juang 45, gedung pgri tambun, gedung juang tasikmalaya, gedung juang, gedung juang tambun, gedung juang nganjuk, gedung juang 45 pekanbaru