kebun,taman,rumah,desain
Beli Tema IniIndeks
Gedung  

Gedung Sate Bandung Tempat Apa

Gedung Sate Bandung Tempat Apa – Gedung Sate Bandung – Setiap daerah memiliki tempat atau bangunan bersejarah. Biasanya tempat memiliki arti tersendiri. Apalagi bila tempat itu dijadikan sebagai tempat perjuangan atau syarat nilai persatuan dalam perjuangan kemerdekaan.

Tak hanya itu, bangunan peninggalan masa lampau memiliki daya tarik tersendiri. Terkadang, karena keunikan dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, bangunan ini masih digunakan sampai sekarang. Seperti Gedung Sate di Bandung.

Gedung Sate Bandung Tempat Apa

Gedung Sate Bandung Tempat Apa

Bangunan tua yang terletak di Jalan Diponogor, Bandung ini memiliki keunikan tersendiri dan menarik banyak perhatian masyarakat. Pasalnya, bangunan tua peninggalan kolonial Belanda ini memiliki arsitektur mirip tusuk sate. Selain itu, Gedung Sate juga merupakan ikon sejarah yang diakui secara nasional.

Menjelajahi Museum Gedung Sate Bandung, Museum Tercanggih Di Indonesia

Saat ini Gedung Sate merupakan kantor pusat pemerintahan Jawa Barat. Tak hanya itu, festival menarik pun kerap digelar di Gedung Sate Bandung. Namun, bagaimana sebenarnya sejarah Gedung Sate itu sendiri? Yuk simak selengkapnya di artikel ini.

Gedung Sate Bandung Tempat Apa

Gagasan membangun gedung ini berawal dari penilaian pemerintah kolonial saat itu yang menganggap Batavia tidak bisa lagi dijadikan ibu kota, karena banyak terjadi pembangunan yang membutuhkan inovasi baru dan pusat pemerintahan baru.

Pada era Hindia Belanda, Gedung Sate dikenal dengan nama Gouvernements Bedrijven. Selama pembangunannya, arsitek terkenal dari Belanda, Dr. Hendrik Petrus Berlage untuk memasukkan unsur tradisional pada bangunannya. kemudian, usulan tersebut diterima dan bangunan ini masih berarsitektur Indo-Eropa hingga saat ini.

Gedung Sate Bandung Tempat Apa

Ada Museum Hingga Plaza, Kang Uu: Ayo, Ke Gedung Sate!

Pada tahun 1977, Gedung Sate memiliki gedung baru yang diprakarsai oleh Ir. Sudibyo terlihat seperti bangunan utama. Gedung tersebut kemudian difungsikan sebagai kantor pusat DPRD Jawa Barat. Pada tahun 1980, Gedung Sate dikenal sebagai pusat pemerintahan Provinsi Jawa Barat yang semula terletak di Gedung Kerta Mukti di Jalan Braga, Bandung.

Sebagai bangunan bersejarah, banyak rumor yang menyebut Gedung Sate memiliki jalan rahasia. Namun, hal itu ditolak oleh pemerintah. Tentu saja sulit untuk dibuktikan. Sebab, selalu ada pendapat yang tidak bisa dibuktikan kebenarannya

Gedung Sate Bandung Tempat Apa

Saat ini Gedung Sate sudah memiliki museum yang diresmikan pada tahun 2017 lalu. Dengan adanya museum ini masyarakat lebih mudah mengetahui sejarah berdirinya kota Bandung. Tidak hanya itu, di dalam museum berkonsep digital ini terdapat sejarah kota Bandung sebelum kemerdekaan, pasca kemerdekaan, sejarah Gedung Sate dari dulu hingga sekarang.

See also  Sketsa Gedung Sate Bandung

Where To Visit In Bandung: Gedung Sate

Nah itulah sejarah singkat Gedung Sate Bandung. Sangat menarik, bukan? Selain itu, Bandung juga punya makanan khas yang cocok untuk kenangan lho. Apalagi kalau bukan Kue Susu Lembang yang terkenal itu. Cobalah dengan baik. Siapa yang tidak tahu Gedung Sate? Tentu saja warga Bandung mengenal bangunan ikonik ini. Oleh karena itu, bagi Anda yang belum mengetahuinya, kali ini kami akan mengulas Gedung Sate dan kaitannya dengan pariwisata.

Gedung Sate Bandung Tempat Apa

Gedung Sate adalah tempat kerja gubernur Jawa Barat. Jadi bisa dibilang di sinilah gubernur Jawa Barat berkantor. Namun Gedung Sate juga bisa dikunjungi sebagai tempat wisata.

Gedung Sate adalah ikon kota Bandung yang terkenal. Bangunan ini tidak hanya menjadi ikon kota Bandung, tetapi juga tempat bersejarah dan juga kawasan wisata di Bandung yang banyak dikunjungi.

Gedung Sate Bandung Tempat Apa

Sejarah Gedung Sate Bandung

Bandung memang kota yang tidak pernah sepi dari tempat wisata. Tak hanya wisata alam dan kuliner yang terkenal, wisata sejarah pun selalu menarik perhatian.

Penasaran dengan sejarah Gedung Sate Bandung dan apa saja isinya? Berikut ulasannya seperti dilansir laman Katadata.

Gedung Sate Bandung Tempat Apa

Peletakan batu pertama dilakukan pada tanggal 27 Juli 1920 yang dihadiri oleh Johanna Catherina Coops yang merupakan putri sulung Walikota Bandung serta B. Coops dan Petronella Roelofsen yang mewakili Gubernur Jenderal di Batavia.

Kini Masyarakat Umum Bisa Masuk Ke Gedung Sate Setiap Akhir Pekan

Perancangan bangunan bersejarah ini dikerjakan oleh beberapa arsitek yaitu Ir. J. Gerber dari Fakultas Teknik Delft Nederland, Ir. Er. De Roo dan Ir. G. Hendriks, dan dari Gemeente vna Bandoeng.

Gedung Sate Bandung Tempat Apa

Selain menonjolkan unsur tradisional Indonesia, Gedung Sate juga mengadopsi berbagai gaya arsitektur di banyak bagian bangunan. Desain jendelanya mengusung konsep Spanish Moorish.

Bangunan ini menggunakan model Italian Renaissance, model atapnya mengadopsi unsur Asia seperti candi di Bali dan pagoda di Thailand. Ornamen batu pada bangunan ini juga sering disebut sebagai adopsi dari arsitektur Candi Borobudur.

Gedung Sate Bandung Tempat Apa

Gedung Sate Berusia 100 Tahun, Ridwan Kamil Jadikan Wisata Sejarah Dan Buka Aula Untuk Publik

Akulturasi inilah yang membuat Gedung Sate Bandung sangat indah dan kaya akan nilai budaya. Pembangunan gedung ini dikerjakan oleh 2.000 pekerja dan 150 pemahat dari berbagai daerah di sekitar Bandung.

Pembangunan berlangsung selama 4 tahun dan selesai pada bulan September 1924. Awalnya gedung ini digunakan untuk kegiatan Departemen Lalu Lintas dan Pekerjaan Umum hingga menjadi pusat Pemerintahan Hindia Belanda di Bandung.

Gedung Sate Bandung Tempat Apa

Pada tanggal 3 Desember terjadi peristiwa bersejarah di gedung ini, artinya 7 korban berjatuhan karena ingin mempertahankan Gedung Sat ini dari pasukan Gurkha. Untuk mengenang 7 pemuda tersebut, dibuatlah tugu batu di pelataran Gedung Sate.

See also  Gedung Kesenian Jakarta

Gedung Sate Attraction Reviews

Kemudian pada tanggal 3 Desember 1970, atas perintah Menteri Pekerjaan Umum, tugu akhirnya dipindahkan ke pelataran gedung.

Gedung Sate Bandung Tempat Apa

Sejak tahun 1980, Gedung Sate Bandung juga dikenal sebagai Kantor Gubernur karena merupakan pusat pemerintahan Provinsi Jawa Barat.

Pada tahun 1977 dibangun gedung baru yang masih bergaya Gedung Sate yang khusus digunakan untuk Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dalam menjalankan fungsi dan tugasnya.

Gedung Sate Bandung Tempat Apa

Gedung Sate Merupakan Gedung Putihnya Kota Bandung Sekaligus Ikon Dan Tempat Wisata Populer Yang Diminati Wisatawan

Sampai saat ini Gedung Sate tidak pernah sepi pengunjung, wisatawan domestik maupun mancanegara pasti menyempatkan diri untuk datang ke gedung ini selama berada di Bandung.

Fasilitas Wisata Gedung Sate Saat ini Gedung Sate memiliki beberapa fasilitas wisata yang membuat setiap orang betah mengunjungi tempat ini.

Gedung Sate Bandung Tempat Apa

Beberapa fasilitas yang ada di gedung ini antara lain mini theater hall, tempat ibadah, area parkir, teknologi canggih, kacamata virtual reality dan toilet.

Gedung Sate, Ikonik Kota Bandung Yang Bersejarah

Sedangkan jika Anda datang ke wisata Bandung ini, ada banyak tempat wisata menarik yang bisa Anda coba. Berikut penjelasannya:

Gedung Sate Bandung Tempat Apa

Sejarah Museum Gedung Sate juga mencakup diorama sejarah yang memuat informasi tentang sejarah Gedung Sate Bandung. Pengunjung dapat melihat berbagai gambar masa lalu yang ditempatkan di setiap sisi dinding bangunan ini.

Gedung ini memiliki ruang teater mini. Ruangan ini digunakan untuk pemutaran film sejarah. Oleh karena itu, pengunjung dapat menyaksikan pertunjukan sejarah dengan fasilitas yang nyaman layaknya di gedung bioskop.

Gedung Sate Bandung Tempat Apa

Gedung Sate, Bandung City, West Java, Indonesia Stock Photo

Anda yang menyukai desain arsitektur bisa senang dengan tempat wisata ini. Karena di sini terdapat sisa-sisa dari pembangunan Gedung Sate Bandung, Anda bisa melihat banyak gambar tanaman sebelum pembangunan ini dihentikan.

Tidak hanya wisata edukasi sejarah, di Gedung Sate Anda juga akan diajak untuk menikmati teknologi terkini. Gedung ini dilengkapi dengan lembar informasi yang menggunakan media audiovisual dengan proteksi animasi.

Gedung Sate Bandung Tempat Apa

Tidak hanya itu, terdapat pula proyeksi 4 dimensi dari bangunan bersejarah ini yang pasti akan memukau setiap orang yang melihatnya.

Penghargaan Kota Bandung, Nasional Hingga Internasional!

Gedung Sate terletak di kota Bandung, tepatnya di Jalan Diponogoro Nomor 22, Citarum, Bandung Wetan. Tempat ini sangat strategis sehingga mudah diakses dari mana saja. Jika Anda akan keluar dari kawasan Pasteur, Anda bisa melalui Jalan Dr. Djunjunan lalu ke Flyover Pasupati.

Gedung Sate Bandung Tempat Apa

Kemudian pergi dari Jalan Surapati ke Jalan Sentot Alibasjah dan menuju ke Jalan Diponegoro. Ada banyak moda transportasi umum yang bisa Anda gunakan, termasuk transportasi online yang juga sangat mudah diakses di lokasi ini.

Tiket Masuk Gedung Sate di Bandung Seperti tempat wisata lainnya, Gedung Sate juga memiliki tiket masuk. Tapi tenang saja, karena tiket masuk tempat wisata ini tidak mahal.

Gedung Sate Bandung Tempat Apa

Mengintip Kekokohan Dan Canggihnya Gedung Sate

Dikutip dari laman travelspromo.com, harga tiket masuk wisata ini hanya Rp 5.000 yang dibuka mulai Selasa hingga Minggu. Sedangkan jam operasionalnya hanya dari pukul 09.30 hingga 16.00. Tetap patuhi protokol kesehatan saat berkunjung ke wisata ini. []

See also  Gedung Sate Memiliki Gaya Arsitektur

Hall Ballroom Bali Bandung ciwidey eo EO Bandung eo outbound eo outbound bandung Garut Gathering Bandung raduno lembang Gathering Lembang Bandung harga keluar bandung hotel jakarta jogja Lembang Makassar lowbound outbound anak outbound bandung outbound bandung lembang outbound cikole outbound ciwidey Outbound Lembang Outbound Lembang Outbound Lembang Outbound Lembang Outbound Paket outbound pertemuan bandung Lembang paket outbound bandung Paket outbound Lembang Paket outbound Lembang paket outbound lembang cikole pangalengan Outbound Pangandaran Supplier Tempat Outbound Surabaya Tempat Outbound Anak di Bandung Tempat Outbound di Wisata Lembang Wisata Bandung Wisata Outbound Lembang Gedung Sate . Datang ke sebuah kota tanpa mengunjungi gedung atau landmark ikoniknya tentu terasa hambar. Namun dengan mengunjungi dan membawa serta kameranya, kita bisa mendapatkan bukti bahwa kita memang sedang berlibur di kota tersebut. Kini di kota Bandung, Gedung Sate menjadi bangunan ikonik dan emblematic yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke kota berjuluk “Paris van Java”.

Gedung Sate Bandung Tempat Apa

Berada di pusat kota, gedung ini memang sangat populer tidak hanya bagi masyarakat Kota Bandung, tetapi juga masyarakat dunia pada umumnya. Ciri khas yang melekat dan identik dengan Gedung Sate sendiri adalah adanya ornamen 6 tusuk sate di tengah atap bangunan. Ke-6 tusuk sate itu sendiri merupakan dana yang digunakan untuk pembangunan gedung yang menelan biaya 6 juta forint. Dari ornamen tusuk sate inilah bangunan ini disebut Gedung Sate.

Rute Ke Gedung Sate Bandung Dari Stasiun Bandung

Gedung Sate sendiri juga merupakan salah satu bangunan tua dan bersejarah di Kota Bandung. Pasalnya, gedung yang dulu bernama Gouvernements Bedrijven (GB) ini dibangun sejak tahun 1920 dan selesai pada tahun 1924. Meski tergolong bangunan tua, bangunan ini masih kokoh berdiri hingga sekarang. Bahkan setelah kemerdekaan Indonesia, tepatnya tahun delapan puluhan hingga sekarang, Gedung Sate ini difungsikan sebagai kantor gubernur Jawa Barat.

Gedung Sate Bandung Tempat Apa

Karena merupakan gedung yang menjadi pusat kegiatan ikon pemerintahan provinsi Jawa Barat, Gedung Sate mendapat julukan “Gedung Putih Bandung”. Sebagai tempat wisata, bangunan ini memang mampu memukau setiap orang yang mengunjunginya. Sebab, selain memiliki sejarah tersendiri, destinasi ini juga sangat simbolik dan sering dijadikan spot foto

Penginapan sekitar gedung sate bandung, hotel depan gedung sate bandung, hotel sekitar gedung sate bandung, hotel near gedung sate bandung, apartemen dekat gedung sate bandung, hotel gedung sate bandung, hotel daerah gedung sate bandung, hotel terdekat gedung sate bandung, hotel dekat gedung sate bandung, hotel di gedung sate bandung, ibis style bandung gedung sate, penginapan dekat gedung sate bandung