kebun,taman,rumah,desain
Beli Tema IniIndeks
Gedung  

Gedung Sate Daerah Mana

Gedung Sate Daerah Mana – Gedung Sate adalah kantor Gubernur Jawa Barat. Gedung ini terletak di Jalan Diponegoro No. 22 Kota Bandung.

Di sebelah timur Gedung Sate terdapat kantor pusat Pos dan Giro. Sedangkan di sebelah barat berfungsi sebagai gedung DPRD Jawa Barat.

Gedung Sate Daerah Mana

Gedung Sate Daerah Mana

Atas nama Gubernur Jenderal Batavia, Walikota Bandung B. Putri sulung Koops, Ibu Johanna Katharina Koops, Walikota Bandung b. Gedung Sate dibangun pada tanggal 27 Juli 1920 bersama Ibu Petronella Roslofsen, putri sulung Koop. .

Pemerintah Kota Bogor

Pada awal tahun 1924, gedung PTT Hoofdbureau selesai dibangun, disusul pada bulan September 1942 gedung utama dan perpustakaan teknik terlengkap di Asia Tenggara.

Gedung Sate Daerah Mana

Gedung Sate dirancang oleh seorang arsitek Belanda bernama Ir. Jay Gerber dari National Bureau of Buildings (Landsgebauwendiants), dibantu oleh tim Jeanne (purn.) VL Slor dari Jeanne Militaire, IR. E.H. De Roo dan Ir. G. Hendriks mewakili Burgerlijke Openbare Werken (B.O.W) atau DPU saat ini dan Gemeentelijk Bouwbedriff (Perusahaan Konstruksi Kota) Bandung.

Gedung Sate memiliki makna sejarah pada masa Perang Kemerdekaan. Pada tanggal 3 Desember 1945, tentara Gurkha yang datang menyerang membunuh tujuh pemuda di tangan musuh. Untuk mengenang jasanya, tugu peringatan para pahlawan yang gugur didirikan di depan Gedung Sate.

Gedung Sate Daerah Mana

Ini Langkah Pemprov Jabar Tarik Milenial Kunjungi Museum Gedung Sate

Pada tahun 1977, seseorang bernama Ir Sudibyo membangun gedung tinggi yang serasi dan sesuai dengan gaya arsitektur Gedung Sate. Gedung tersebut kini digunakan sebagai gedung DPRD di Jawa Barat.

See also  Gedung Opera Sydney

Berikut ornamen arsitektur Gedung Sate yang dikutip dari jurnal berjudul Gedung Sate, Keindahan Ornamen Arsitektur Indo-Eropa karya I Gusti Ayu Ceri Chandrika Meidiria, Institut Teknologi Bandung:

Gedung Sate Daerah Mana

Secara arsitektural, Gedung Sate menampilkan kemegahan desain arsitekturalnya. Gerber sangat ingin menampilkan kesan megah ini di setiap elemen bangunannya.

Setelah Parangtritis, Kini Ribuan Orang Akan Serbu Gedung Sate

Gedung Sate memiliki gaya arsitektur Perancis yang sangat kental yaitu Renaissance. Gaya ini menggunakan lengkungan berulang yang disebut fasad. Pengerjaan yang sangat rapi dengan ukiran yang indah di setiap busur.

Gedung Sate Daerah Mana

Pada bagian tengah muka terdapat ornamen yang menyerupai bentuk candi yang kontras dan menarik. Bentuknya seperti gunung yang disebut Kori Argonne. Ornamen ini disebut Paduraksha dan digunakan sebagai pembatas dan pintu penghubung antar area bangunan tertentu.

Orientasi fasad Gedung Sate juga sangat diperhatikan. Ini dilakukan dengan mengikuti sumbu utara-selatan. Gedung Sate dibangun di atas bukit Tangkuban Perahu di sebelah utara.

Gedung Sate Daerah Mana

Universitas Negeri Padang

Gedung Sate menggunakan dua jenis atap. Di atas atap berbentuk perisai yang menutupi fasad, terdapat dekorasi khas Hindu, Buddha, dan India.

Atapnya paling tinggi dan menonjol dengan gaya atap candi/tumpang seperti Meru di Bali atau pagoda di Thailand. Di atas atap juga terdapat ikon terkenal berupa tusuk sate dengan 6 permata senilai 6 juta gulden (jumlah yang digunakan untuk membangun Gedung Sate). Itulah sebabnya gedung ini dinamakan Gedung Sate.

Gedung Sate Daerah Mana

Tema jendela Gedung Sate adalah tema Moor Spanyol. Bentuk jendelanya seperti bahan bata plester melengkung yang miring ke luar, dengan kaca di dalamnya dan bingkai kayu di dalamnya. Ubin plester diukur hanya dengan ukuran lengkungan jendela.

Kepala Perangkat Daerah Jawa Barat Hadiri Rapat Pimpinan Berbalut Busana Batik

Penjelasan di atas adalah sejarah dan dekorasi yang dimiliki oleh Gedung Sate. Anda pernah ke Gedung Sate?

See also  Gambar Gedung Sate Bandung

Gedung Sate Daerah Mana

Hotel gedung sate bandung, hotel sekitar gedung sate, hotel di daerah gedung sate bandung, hotel belakang gedung sate, hotel depan gedung sate, hotel daerah gedung sate, kosan daerah gedung sate bandung, hotel sekitar gedung sate bandung, hotel daerah gedung sate bandung, gedung sate, hotel dekat gedung sate, hotel dekat gedung sate bandung