kebun,taman,rumah,desain
Beli Tema IniIndeks
Gedung  

Gedung Sate Dibangun Tahun

Gedung Sate Dibangun Tahun – Sebagian besar atau semua artikel ini berasal dari satu sumber. Bantu perbaiki artikel ini dengan menambahkan referensi ke sumber tepercaya lainnya.

6°54′09″S 107°37′07″BT / 6,902459°S 107,618730°BT / -6,902459; 107,618730 Lintang: 6°54′09″S 107°37′07″BT / 6,902459°S 107,618730°BT / -6,902459; 107.618730

Gedung Sate Dibangun Tahun

Gedung Sate Dibangun Tahun

Gedong Sate (Bahasa Sunda: ᮠỨᮓᮧᮀ ỞỒᮦ, translit. Gedong Sate) adalah gedung perkantoran gubernur Jawa Barat. Bangunan ini memiliki ciri khas berupa ornamen tombak pada menara pusat yang telah lama menjadi landmark atau landmark kota Bandung yang dikenal tidak hanya oleh masyarakat Jawa Barat tetapi juga di seluruh Indonesia. Jawa Misalnya, bentuk bangunan stasiun kereta api Tasikmalaya. Bangunan berwarna putih ini dibangun pada tahun 1920 dan masih kokoh berdiri.

Gedung Sate (building Serves As The Seat Of The Governor Of The Province Of West Java) — Steemit

Peletakan batu pertama Gedung Sate yang pada zaman Hindia Belanda dikenal sebagai Gouvernements Bedrijven (GB) dilakukan oleh Johanna Katherina Koops, putri sulung Bertus Koops dan Petronella Rolofsen, Wali Kota Bandung atas nama Gubernur- umum di Batavia. JP Pada tanggal 27 Juli 1920, Graf van Limburg Stirum, Delft merupakan hasil tim yang terdiri dari seorang arsitek muda ternama Ir.J.Gerber lulusan Fakultas Teknik Belanda, Ir. eh. DeRoo dan Ir. G. Hendricks dan Kotamadya Bandong diketuai oleh Kol. pur. VL. Slores melibatkan 2.000 pekerja, termasuk 150 pemahat atau spesialis bongpe, pemahat batu nisan dan kayu berkebangsaan Tionghoa keturunan Khonghucu atau Kanton, pemahat batu, pekerja tangga dan warga desa Sekeloa di desa Koblong Dago. Kampung Gandok dan Desa Sibarenkok, sebelumnya mereka bekerja di Gedang Sirap (Kampus ITB) dan Gedang Papak (Balai Kota Bandung).

Gedung Sate Dibangun Tahun

Pada bulan September 1924, selama 4 tahun, pembangunan gedung utama Bedrizven Pemerintah, termasuk kantor pusat dan perpustakaan PTT (Pos, Telepon, dan Telegraf), selesai. Perpustakaan Gedung Set berisi 250.000 buku yang diperoleh dari perusahaan kereta api, jasa pos, telegraf dan telepon, serta jasa pertambangan. Perpustakaan ini merupakan perpustakaan terbesar di Hindia Belanda dalam bidang ilmu pengetahuan. Sedangkan dari segi kategori umum, perpustakaan Gedung Set merupakan perpustakaan terbesar kedua setelah “Batavian Society of Arts and Sciences”.

See also  Bangunan Gedung Tertinggi Di Dunia

Arsitektur Gedung Set merupakan karya arsitek Ir. J. Gerber dan timnya maestro arsitek Belanda Dr. Tak dapat dibedakan dari kontribusi Hendrik Petrus Berlage, ia mewujudkan wajah bernuansa arsitektur tradisional Indonesia.

Gedung Sate Dibangun Tahun

Museum Gedung Sate Bandung, Museum Jaman Now

Banyak arsitek dan ahli konstruksi menganggap Gedung Set sebagai bangunan monumental yang indah dan menawan dengan gaya arsitektur unik yang mengarah ke gaya arsitektur Indo-Eropa (gaya arsitektur Indo-Eropa), sehingga keanggunan Candi Borobutcher bukanlah hal yang mustahil. Warnai Gedung Sate.

Beberapa pendapat mengenai kehebatan Gedung Set antara lain dua orang arsitek Belanda, Kor Pashier dan Jan Wittenberg, yang mengatakan bahwa “Gaya arsitektur Gedung Set merupakan gaya arsitektur eksperimental yang mengalah pada bentuk-bentuk gaya arsitektur Indo-Eropa”.

Gedung Sate Dibangun Tahun

Ir. H. P. Berlage, dalam kunjungannya ke Gedung Set pada bulan April 1923, mengatakan: “Gedung Set merupakan karya arsitektur penting yang berhasil memadukan gaya Timur dan Barat secara harmonis”. Seperti gaya arsitektur Italia pada masa Renaisans, terutama pada sayap timur bangunan. Sedangkan menara teras di tengah bangunan tampak seperti atap meru atau pagoda. Masih banyak lagi pendapat para arsitek Indonesia yang menyebut kemegahan Gedung Set, seperti Slamet Wirasongjaya dan Ir. Kunto dengan Harnyo.

Gedung Sate Lockdown. Satu Abad, Satu Klaster

Gedung Sate tetap kokoh dan utuh hingga saat ini, tak lepas dari material dan teknik konstruksi yang digunakan. Dinding Gedung Sate kuno dengan batu pecah besar (1 × 1 × 2 m) dan berasal dari perbukitan berbatu di Bandung timur di sekitar Gunung Manglayang. Pembangunan Gedung Sate menggunakan metode profesional tradisional dengan kepatuhan yang ketat terhadap standar teknis.

Gedung Sate Dibangun Tahun

Gedung Set meliputi area seluas 27.990,859 m2, luas bangunan 10.877, basement 734 m2 3.039. 264 m², lantai I 4.062. , tower II 212.976 m² Teras 205, 169 m².

Gerber menggabungkan gerakan arsitektur yang berbeda dalam desainnya. Untuk jendelanya, Gerber mengadopsi tema Spanish Moorish, sedangkan bangunannya bergaya Italian Renaissance. Untuk menara khususnya, Gerber memasukkan gerakan Asia, seperti gaya atap candi Bali atau pagoda di Thailand. Di bagian atas adalah “tusuk sate” dengan 6 permata tusuk sate (versi lain mengatakan jambu air atau melati), yang berjumlah 6 juta gulden – jumlah yang digunakan untuk membangun set Gedung. Ornamen batu di atas pintu masuk utama Gedung Set sering dikaitkan dengan Candi Borobudur karena bentuknya yang mirip.

Gedung Sate Dibangun Tahun

Museum Gedung Sate, Belajar Sejarah Dengan Teknologi Tinggi

Fasad (tampak depan) Gedung Set sangat diperhitungkan. Mengikuti sumbu utara-selatan (yang juga diterapkan pada Gedung Pakuan yang menghadap Gunung Malabar di selatan), Gedung Set sengaja dibangun menghadap Gunung Tangkuban Perahu di utara.

See also  Gedung Miring Di Jakarta

Dalam perjalanannya awalnya diresmikan oleh Kementerian Perhubungan dan Tata Air dan menjadi pusat pemerintahan Hindia Belanda setelah Batavia tidak lagi memenuhi syarat sebagai pusat pemerintahan karena perkembangannya, sehingga digunakan oleh pekerjaan umum. kantor. Pada tanggal 3 Desember 1945, terjadi peristiwa dimana tujuh pemuda tewas saat mempertahankan Gedung Set dari serangan pasukan Gurkha. Sebuah tugu batu dibuat di belakang pelataran Gedung Set untuk mengenang ketujuh pemuda itu. Pada tanggal 3 Desember 1970, tugu dipindahkan ke depan Gedung Set atas perintah Menteri Pekerjaan Umum.

Gedung Sate Dibangun Tahun

Gedung Set dikenal sebagai Kantor Gubernur sejak tahun 1980 sebagai pusat kegiatan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, dahulu terletak di Gedung Kerta Mukti di Jalan Braga, Bandung.

Aksi Heroik Pemuda Bandung Mempertahankan Gedung Sate 73 Tahun Lalu

Kantor Gubernur terletak di lantai dua, bersama dengan kantor Wakil Gubernur, Sekda, Asisten, dan Biro. Saat ini, gubernur dibantu oleh tiga orang wakil gubernur yang membidangi urusan pemerintahan, keuangan dan pembangunan, serta Biro Kesejahteraan Rakyat, sekretaris daerah dan empat orang asisten Asisten Administrasi, Asisten Administrasi Pembangunan, Asisten Administrasi Kesejahteraan Sosial dan Asisten Administrasi.

Gedung Sate Dibangun Tahun

Namun, tidak semua asisten menempati gedung set tersebut. Seorang karyawan OCMW dan seorang karyawan administrasi ditempatkan di gedung baru bersama dengan staf.

Di sisi timur dan barat terdapat dua aula besar, mengingatkan pada ruang dansa yang sering ditemukan di gedung-gedung publik Eropa. Biasa disebut dengan West Hall dan East Hall, ruangan ini sering digunakan untuk acara-acara resmi. Di sekitar dua aula ini terdapat beberapa kantor dengan ruang stafnya.

Gedung Sate Dibangun Tahun

Tahun Gedung Sate Yang Sarat Histori Dan Filosofi

Di bagian atas terdapat lantai yang disebut Menara Gedung Sate, lantai ini tidak terlihat dari bawah, gunakan lift atau naiki tangga kayu untuk menuju lantai atas.

Kesempurnaan Gedung Set yang menakjubkan dilengkapi dengan bangunan baru yang meminjam sebagian gaya arsitektur Gedung Set, namun arsitek Ir. Dibangun pada tahun 1977 untuk para pimpinan dan anggota DPD dengan gaya kontemporer yang dibuat oleh Sudibyo. Provinsi Jawa Barat dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai lembaga legislatif.

Gedung Sate Dibangun Tahun

Gedung Set telah menjadi salah satu tempat wisata di kota Bandung. Apalagi bagi wisatawan mancanegara, banyak yang sengaja berkunjung karena memiliki ikatan emosional dan sejarah dengan bangunan ini. Hubungan antara emosi dan sejarah ini dapat dirasakan lebih lengkap saat Anda menaiki tangga yang dapat diakses ke Gedong Set Tower satu per satu. 6 anak tangga harus dinaiki 10 anak tangga.

Tempat Bersejarah Di Bandung Yang Cocok Untuk Study Tour

Dengan keindahan Gedung Set yang dikelilingi oleh taman yang terawat, tak heran jika taman ini digemari oleh warga Bandung maupun wisatawan domestik dan mancanegara. Yang menarik dari taman ini adalah sering digunakan untuk kegiatan keluarga, sebagai lokasi syuting video klip artis lokal dan nasional, untuk keluarga atau potret diri, dan foto pasangan pengantin. .

See also  Apa Nama Gedung Tertinggi Di Dunia

Gedung Sate Dibangun Tahun

Apalagi di hari Minggu, suasana pelataran Gedung Set menjadi tempat favorit banyak orang untuk bersantai, sekedar duduk menikmati udara segar kota Bandung atau berolahraga ringan.

Tidak berlebihan jika membandingkan Gedung Set dengan Gedung Pemerintah Pusat (Capital Buildings) di banyak ibu kota negara. Perumpamaan semuanya dibangun di tengah kompleks hijau dengan menara pusat yang indah. Khususnya pada letak Gedung Sate dan lansekapnya menyerupai Gedung Putih di Washington, DC, Amerika Serikat. Gedung Set adalah “Gedung Putih” Kota Bandung. Berita Jawa Barat (), – Gedung Set genap berusia 100 tahun pada Senin (27/7/2020). Memasuki abad ke-1, Gedung Set semakin megah dan kokoh, tercermin jelas di setiap sudut arsitekturnya. Gedung Set kaya akan nilai sejarah dan simbol perjuangan.

Gedung Sate Dibangun Tahun

Mengenang 100 Tahun Gedung Sate

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Jawa Barat) mengatakan Gedung Sate sangat istimewa. Tidak ada bangunan pemerintahan yang melebihi keindahan dan arsitektur Gedung Set.

Terletak di Jalan Diponogro, Bandung, Gedung Set bercerita tentang perjuangan kemerdekaan Indonesia. Staf Umoem Moeda menyelamatkan gedung dari serangan tentara NICA dan Gurkha.

Gedung Sate Dibangun Tahun

“Kalau ngomong Bandung lambangnya Gedung Sate. Kalau Jawa Barat ingat Gedung Sate. Omong-omong Gedung Sate sudah berumur 100 tahun,” ujar Ridwan Kamil.

Menengok Kembali Sejarah Gedung Sate Di Usianya Yang Ke 100 Tahun

Gedung Set dibangun pada 27 Juli 1920. Johanna Catherina Koops, putri walikota Bandung saat itu, meletakkan batu pertama bersama Petronella Roelofsen, wakil gubernur Batavia Hindia Belanda.

Gedung Sate Dibangun Tahun

Sebagai pondasi bangunan dilakukan penggalian tanah untuk pembuatan beton bertulang. Bangun ruang bawah tanah secara bersamaan. Kemudian lanjutkan untuk membangun lantai tiga dari yang pertama. Kemudian mengerjakan pintu dan jendela bangunan dengan struktur melengkung. Ini diikuti oleh konstruksi kolom sudut bangunan.

Menara dan dinding luar bangunan dibangun pada tahun 1922. Ini termasuk perataan dan lansekap tanah di sekitarnya. Tahun berikutnya, aula lantai pertama dan ornamen kolom aula gedung diselesaikan.

Gedung Sate Dibangun Tahun

Sudah Pernah Berkunjung Ke Gedung Sate? Sudah Tahu Sejarahnya Belum?

Menara Sate

Hotel belakang gedung sate, wisata gedung sate, hotel dekat gedung sate, hotel sekitar gedung sate, museum gedung sate, hotel gedung sate bandung, hotel depan gedung sate, pullman gedung sate, vio hotel gedung sate, kost dekat gedung sate, hotel gedung sate, penginapan dekat gedung sate