kebun,taman,rumah,desain
Beli Tema IniIndeks
Gedung  

Gedung Sate Kantor Gubernur Jawa Barat

Gedung Sate Kantor Gubernur Jawa Barat – Bandung: Usianya seratus tahun dua hari saat kami tiba pada Sabtu sore, usianya seratus tahun dua hari saat itu. Soalnya, landmark kota Bandung 27 Juli 2020 ini genap 100 atau seabad yang lalu.

Seri berita perjalanan dan seminar yang diluncurkan oleh Forum Wartawan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Forwaparekraf) 2020: Cirebon, Kuningan dan Bandung, 27-30 Agustus 2020 Kibarkan spanduk biru sekarang, dengan foto bersama kegembiraan.

Gedung Sate Kantor Gubernur Jawa Barat

Gedung Sate Kantor Gubernur Jawa Barat

Ya, bangunan itu bernama Gedung Sate. Terdapat hiasan tali yang unik pada menara pusat gedung ini, yang merupakan salah satu simbol sejarah dan bangunan khas Bandung yang terkenal di dunia sejak zaman dahulu.

Tahun Depan, Gedung Sate Akan Jadi Kawasan Wisata Sejarah

Begitu berada di dalam gedung, penyesuaian rutin dilakukan terhadap protokol kebersihan yang ketat sebagai bagian dari upaya mewujudkan pariwisata yang aman dan nyaman di Jawa Barat.

Gedung Sate Kantor Gubernur Jawa Barat

Sejak tahun 1980, Gedung Sate lebih dikenal sebagai Kantor Gubernur karena digunakan sebagai pusat kegiatan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, yang dulunya terletak di Gedung Kerta Mukti di Jalan Braga Bandung. Nah di sinilah Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, yang akrab dipanggil “Kang Emil”, sehari-hari bekerja.

Bagian atas Gedung Sate dihiasi ornamen untaian enam bulatan sebagai simbol biaya pembangunan saat itu sebesar 6 juta gulden.

Gedung Sate Kantor Gubernur Jawa Barat

Gedung Sate Hi Res Stock Photography And Images

Keseluruhan bangunannya bergaya Renaisans Italia, sedangkan menaranya bergaya Asia, sehingga menyerupai atap pagoda di Thailand dan pura di Bali. Dan fasad, atau bagian depan, sebuah bangunan memiliki sejarahnya sendiri.

Bangunan ini dibangun pada sumbu utara-selatan yang sama dengan bangunan Pakuan, menghadap ke Bukit Malabar di selatan, sedangkan bangunan Gedung Sate menghadap ke Bukit Tangkuban Perahu di utara.

Gedung Sate Kantor Gubernur Jawa Barat

Pada 8 Desember 2017, Pemerintah Provinsi Jawa Barat meresmikan Museum Gedung Sate untuk memudahkan masyarakat memahami sejarah gedung Gedung Sate.

See also  Gedung Juang Kota Serang

Jadi Warisan Budaya, Tari Merak Digelar Massal Di Gedung Sate

Lokasi museum berada di basement gedung, dapat diakses dari pintu belakang. Museum seluas 500 m² ini buka setiap hari, kecuali hari Senin, mulai pukul 09.30 hingga 16.00. Karena kapasitas aula yang terbatas, hanya 35 orang, pengunjung yang ingin masuk museum harus antre.

Gedung Sate Kantor Gubernur Jawa Barat

Di museum berkonsep digital ini ditampilkan sejarah kota Bandung sejak tahun 1890, antara lain sejarah kota Bandung setelah kemerdekaan, sejarah kota Bandung pada masa prakolonial, dan sejarah sejak berdirinya negara hingga saat ini.

Ada juga bioskop mini 35 kursi yang menampilkan film pendek tentang sejarah Gedung Sate dan ruang augmented reality yang membawa pengunjung kembali ke masa lalu atau dalam balon udara.

Gedung Sate Kantor Gubernur Jawa Barat

Lihat Tuh, Ribuan Peserta Tumpah Ruah Menari Merak Di Gedung Sate Bandung

Didampingi oleh Azis Zulfikar, Direktur Dinas Pariwisata, Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, rombongan melakukan tur dan berkesempatan melihat kota Bandung dari ketinggian.

Kini, hanya dengan Rp 5.000, pengunjung dapat mempelajari lebih dalam sejarah Gedung Sate secara komprehensif dan digital di Museum Gedung Sate.

Gedung Sate Kantor Gubernur Jawa Barat

“Pembangunan Gedung Sate awalnya direncanakan terdiri dari 17 gedung berbeda, namun saat itu Hindia Belanda hanya bisa menyelesaikan 3 gedung,” kata Aziz kepada rombongan Forum Wartawan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Forwaparekraf).

Memalukan! Gedung Sate Kebanjiran Usai Bandung Diguyur Hujan

Rencananya kompleks Gedung Sate akan terus dikembangkan menjadi destinasi wisata yang ramah pejalan kaki, dengan bangunan pedestrian hingga sampai di Tugu Juang untuk menarik lebih banyak wisatawan untuk berkunjung, karena Gedung Sate sangat cocok untuk menjadi pusat pariwisata di Kota Bandung, jelasnya.

Gedung Sate Kantor Gubernur Jawa Barat

Mengunjungi bangunan bersejarah seperti Gedung Sate benar-benar menjadi cara bagi wisatawan untuk masuk ke dalam time warp, sehingga museum seringkali menjadi prioritas sebelum berkeliling.

Saya tidak salah jika berfantasi berpose di gedung ini untuk foto Instagram dengan kostum Belanda Noni Noni. Soalnya, ceritanya kembali ke masa pemerintahan Hindia Belanda.

Gedung Sate Kantor Gubernur Jawa Barat

Gedung Sate, Destinasi Wisata Favorit

Pada zaman Hindia Belanda, batu pertama dalam sejarah Gedung Sate bernama Gouvernements Bedrijven (GB) dan diselesaikan oleh Johanna Caterina Coops, putri sulung Walikota Bandung B. Coops dan Petronella Roelofsen menjabat sebagai Wakil Gubernur. JP Graaf Van Limburg Stirum, 27 Juli 1920.

Perencanaan Gedung Sate ini dilakukan oleh tim Ir. J. Gerber, seorang arsitek terkenal lulusan Delft School of Engineering di Belanda. Eh. DeRoo dan Ir. Dipimpin oleh G. Hendriks dan Kolonel dari Gemeente Van Bandoeng. Tarik VL. lambat.

Gedung Sate Kantor Gubernur Jawa Barat

Gedung Sate membutuhkan waktu 4 tahun untuk diselesaikan, tepatnya pada bulan September 1924 berupa bangunan induk, kantor pusat PTT (Pos, Telepon dan Telegraf), dan gedung perpustakaan.

Dari Gedung Sate Ntb, Jabar Perkuat Kolaborasi Di Enam Sektor

Gagasan Gedung Sate muncul ketika Belanda menyadari bahwa Batavia tidak lagi menjadi ibu kota yang cocok karena berbagai pembangunan yang terjadi di sana.

Gedung Sate Kantor Gubernur Jawa Barat

Gedung Sate dibangun untuk menjadi pusat pemerintahan Hindia Belanda, karena pejabat percaya iklim musim panas Bandung sama dengan Perancis selatan.

See also  Gedung Equity Tower Lt.23 Jl.jend Sudirman Kav. 52/53 Kawasan Scbd Sudirman - Jakarta Selatan

Rencana pembangunannya melibatkan 2.000 pekerja, termasuk 150 pemahat Cina atau pemahat batu nisan dan kayu dari Guangdong. Ada pula tukang batu, kuli angkut dan pegawai dari kampus ITB Gedong Sirap dan pembangunan Gedong Papak Balai Kota Bandung.

Gedung Sate Kantor Gubernur Jawa Barat

Ibukota Jawa Barat Akan Pindah? Ini 3 Lokasi Yang Siap Gantikan Kota Bandung, Ada Plus Dan Minus

Dalam proses pembangunannya, arsitek Belanda Dr. Hendrik Petrus Berlage juga menyarankan agar Gerber memasukkan unsur tradisional Indonesia.

Tak heran hingga saat ini sering dipelajari oleh para pecinta arsitektur karena gaya arsitekturnya yang unik dari perpaduan bentuk arsitektur Indo-Eropa. Jendela yang digunakan untuk bangunan pedesaan menampilkan tema Moor yang berasal dari Spanyol.

Gedung Sate Kantor Gubernur Jawa Barat

Karena padatnya jadwal jalan-jalan dan diskusi malam di pelataran Gedung Sate, penjelajahan sempat terhenti oleh check-in hotel yang akan datang. Saya berkata “sampai jumpa” atau tot ziens dalam bahasa Belanda. Aparat keamanan berjaga di area Gedung Sate Jln. Diponegoro, Bandung, Kamis, 3 Juni 2021. Klaster Gedung Sate bertambah menjadi 45 ASN yang terpapar Covid-19. //Hukum Dharma/

Penutupan Gedung Sate Bagi Masyarakat Umum Kembali Diperpanjang

Daud Achmad, Ketua Harian Gugus Tugas Daerah Penanganan Covid-19 di Jawa Barat (Jabar), mengatakan ada lima orang lagi, sehingga total ASN yang terpapar di Kantor Gubernur Jabar Ridwan Kamil berjumlah 45 orang.

Gedung Sate Kantor Gubernur Jawa Barat

“Untuk cluster Gedung Sate, sampai akhir pekan lalu kami tracking. Dari 31 yang ditambah, ditambah sembilan, dan Sabtu kemarin ditambah lima. Jadi totalnya 45,” kata Daud Achmad.

Hal itu diungkapkannya dalam acara Jabar Punya Informasi atau Japri di laman Gedung Sate Bandung pada Jumat, 11 Juni 2021.

Gedung Sate Kantor Gubernur Jawa Barat

Haornas 2019, Momentum Jadikan Olahraga Sebagai Kebutuhan Hidup

“Alhamdulillah dari 40 orang itu tidak ada yang dirawat di rumah sakit. Badan Pengembangan Tenaga Kerja (BPSDM) Jabar ada 14 orang yang dikarantina dan sisanya di rumah,” sambung dia dikutip Antara.

Sebelumnya, akibat paparan ASN terhadap Covid-19, fasilitas dan area umum di Gedung Sate ditutup sementara hingga 9 Juni 2021.

Gedung Sate Kantor Gubernur Jawa Barat

Sesuai Surat Edaran No.: 97/KS.01/UM Kesimpulan Penyesuaian Sistem Kerja Kepegawaian Setda Jabar.

Bermodal Ktp, Akhirnya Menikmati Puncak Gedung Sate Halaman 1

Pada saat yang sama, PNS berusia di atas 50 tahun, ibu hamil dan menyusui, serta penyakit bawaan harus menerapkan flexible working arrangement (FWA).

Gedung Sate Kantor Gubernur Jawa Barat

Baca Juga: Tak Hanya Indonesia, Ada 4 Negara di Dunia yang Menerapkan Pajak Pertambahan Nilai Pangan Pokok, dan Nomor 1 Pajak Tertinggi?

“Seperti yang saya bilang, acara Gedung Sate dimulai hari ini dengan (kehadiran) hanya 25%, padahal sebenarnya kami duluan ke karyawan yang sudah WFH. Karena surat edaran sekretaris (SE) berlaku sampai 9 Juni,” jelasnya. .

Gedung Sate Kantor Gubernur Jawa Barat

Pegawai Pemprov Terkonfirmasi Positif Covid 19, Lockdown Di Gedung Sate Diperpanjang Lagi

“Hari ini kami menerima laporan dari kurang lebih 715 pegawai di Gedung Sate, dan 148 pegawai yang bekerja hari ini,” pungkas Daud. ***

MASJID AL JABBAR BANDUNG, ANGGARAN ISI 20 MILIAR LEI, DANANYA BISA BANGUN MASJID BARU DI DAERAH TERPENCIL

See also  Gedung Tertinggi Di Dunia 828 Meter

Gedung Sate Kantor Gubernur Jawa Barat

Warga memprotes kenaikan tarif parkir di Kota Bandung… Apa yang harus dilakukan jika mesin parkir 80 miliar rupiah rusak

Gedung Sate Tiket & Top 6 Aktivitas Wisata

Jadwal dan Pementasan Proliga 2023 Hari ini, Minggu, 8 Januari 2023 Bandung, 4 Pertandingan Bola Voli Putra dan Putri

Gedung Sate Kantor Gubernur Jawa Barat

MNCTV Hari Ini, Senin 9 Januari 2023 Mentari dan Jinny, Upin dan Ipin, Keluarga 100

Live Link PSIS vs Bhayangkara FC BRI Liga 1 Ditunda Hari Ini Full Squad dan Live Prediksi Pertandingan

Gedung Sate Kantor Gubernur Jawa Barat

Uu Ruzhanul Berdialog Dengan Buruh Di Gedung Sate

Kapan dan di mana The BEM Boss and His Secret Wife episode 7 dan 8 tayang? Periksa tautan tontonan untuk tanggal lengkap

Hari ini, Senin 9 Januari 2023, berikut adalah 15 saluran TV teratas dan 13 saluran TV teratas: Love After Love dan SCTV! BANGUNAN SATE yang dulu bernama Gouvernements Bedrijven, kini telah berusia 100 tahun. Sejak tahun 1980, gedung ini berfungsi sebagai Istana Gubernur Jawa Barat.

Gedung Sate Kantor Gubernur Jawa Barat

“Gedung Sate sudah berumur 100 tahun,” kata Azis Zulfikar, Kepala Dinas Pariwisata, Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat kepada rombongan Forum Wartawan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Forwaparekraf) di Bandung, Sabtu.

Angklung’s Day 2019 Resmi Dibuka Di Gedung Sate

Zulfikar mengatakan dari literatur bahwa Gedung Sate memiliki sejarah panjang dan pembangunannya merupakan proyek pemerintah Hindia Belanda untuk memindahkan pusat pemerintahan dari Batavia (Jakarta).

Gedung Sate Kantor Gubernur Jawa Barat

Gedung Sate merupakan salah satu bangunan yang dirancang untuk pusat pemerintahan sebagai gedung perkantoran yang akan dibangun di Hindia Belanda pada waktu itu.

Disebut Gedung Sate karena keistimewaan bangunan ini, yaitu 6 pesona di puncak menara pusat. 6 pertigaan ini melambangkan 6 juta gulden Belanda yang digunakan untuk membangun gedung putih ini saat itu.

Gedung Sate Kantor Gubernur Jawa Barat

Fakta Seru Gedung Sate Di Bandung

Ia melanjutkan, diketahui adanya rencana pembangunan pusat pemerintahan dan pembangunan Gedung Village yang semula direncanakan terdiri dari 17 bangunan berbeda.

Namun karena krisis ekonomi saat Perang Dunia I, hanya tiga bangunan yang bisa diselesaikan di Hindia Belanda saat itu.

Gedung Sate Kantor Gubernur Jawa Barat

“Gedung Sate hanya akan menjadi awal pembangunan komplek pusat pemerintahan Hindia Belanda untuk menggantikan peran Batavia. Rencana induk akan dibangun 17 gedung, namun karena krisis ekonomi akibat Perang Dunia I, hanya tiga gedung akan selesai,” ujarnya.

Warga Depok Dan Ormas Kkpmp Geruduk Kantor Gubernur Jawa Barat

Untuk arsitektur pembangunannya sendiri mengadopsi semua budaya yang ada, termasuk yang berasal dari Eropa, Asia dan Nusantara, terbukti dengan ditemukannya

Gedung Sate Kantor Gubernur Jawa Barat

Hotel gedung sate, vio hotel gedung sate, hotel depan gedung sate, gedung sate bandung jawa barat, hotel gedung sate bandung, hotel belakang gedung sate, penginapan dekat gedung sate, kantor gubernur jawa barat, hotel sekitar gedung sate, gedung gubernur, gedung sate jawa barat, hotel dekat gedung sate