kebun,taman,rumah,desain
Beli Tema IniIndeks
Gedung  

Gedung Sate Merupakan Tempat Kerja

Gedung Sate Merupakan Tempat Kerja – Gedong Set dengan ornamen tusuk sate yang menjadi ciri khasnya di menara tengah telah lama menjadi ikon atau simbol kota Bandung yang dikenal masyarakat tidak hanya di Jawa Barat tetapi di seluruh Indonesia. Misalnya tata letak gedung di depan stasiun kereta api Tasikmalaya. Dibangun pada tahun 1920, bangunan berwarna putih ini masih berdiri kokoh namun elegan dan kini berfungsi sebagai gedung pusat pemerintahan Jawa Barat.

Petugas Keamanan Dalam Negeri (Kamdal) Gedong Set, Yanto Rukmana, 48 tahun, yang sudah 19 tahun bekerja di Kantor Pemerintah Provinsi Jawa Barat, kerap menjadi guide bagi tamu yang datang ke Gedong Set.

Gedung Sate Merupakan Tempat Kerja

Gedung Sate Merupakan Tempat Kerja

Beberapa rekannya menjulukinya “Kunsan” Gedong Sat. Pada kesempatan kali ini Yanto akan membagikan fakta tentang Gedong Set.

Jelajah Bandung (3)

1. Pada masa penjajahan Belanda, Gedong Set direncanakan akan digunakan sebagai kantor pusat pemerintahan kolonial Belanda. Kota Bandung sebagai ibukota kolonial.

Gedung Sate Merupakan Tempat Kerja

2. Gedong Set dibangun pada tanggal 27 Juli 1920 tepatnya. Peletakan batu pertama Gedong Set dilakukan oleh putri sulung Walikota Bandung, Bertos Copes, yang menjabat pada tahun 1920.

3. 2.000 orang, termasuk 150 pekerja Tionghoa, terlibat dalam pembangunan gedung Stai, terutama pekerjaan batu dan kayu di gedung Stai. Selebihnya adalah orang Indonesia yang dua tahun lalu membangun ITB dan balaikota di Bandung yang merupakan gudang rempah-rempah.

Gedung Sate Merupakan Tempat Kerja

Gedung Sate Bandung, Spot Instagenic Dan Legendaris Di Bandung

4. Konstruksi dudukan Gedong dirancang oleh seorang insinyur terkenal pada masa itu bernama ER. J. Gerber, lulus dari Universitas Amsterdam. Dalam gaya arsitektur Indo-Eropa.

5. Sistem bangunan Gedongset menggunakan sistem tradisional yaitu penggunaan sambungan, sehingga bangunan Gedongset tahan gempa.

Gedung Sate Merupakan Tempat Kerja

7. Pada bagian atas Gedong set terdapat hiasan berupa pesona air, jumlah pesona air 6 buah, yang menandakan kesuburan tanah yang dimiliki Parhengan, dan angka 6 artinya biaya yang dibutuhkan untuk membangunnya Situs Gedong.. 6 juta emas.

Genap Seabad, Ini 5 Fakta Menarik Gedung Sate Yang Jadi Ikon Kota Bandung

8. Karena bentuknya seperti jam, orang di Bandung menyebut gedung ini Gedong Stit agar lebih mudah diucapkan.

Gedung Sate Merupakan Tempat Kerja

9. Tahun 1980, Gedung Sate menjadi kantor Pemerintah Provinsi Jawa Barat oleh Gubernur Jawa Barat ke-11, H. Ang Kunaefi.

See also  Gedung Sate Bandung Tempat Apa

10. Dahulu ada kantor Dinas Pekerjaan Umum di Kota Gedong, dimana Hari Pekerjaan Umum atau Hari Sapta Tarun diperingati setiap tahun pada tanggal 3 Desember, karena pada tanggal ini tahun 1945 perang di Kota Gedong merupakan bangunan tua . Masa penjajahan Belanda yang terletak di Jalan Dipongoro Bandung ini kerap menarik perhatian para pelancong karena karakternya yang unik. Bangunan berbentuk ornamen celurit yang terletak di menara pusat ini merupakan salah satu gambaran sejarah kota Bandung dan bangunan istimewa dari zaman dahulu yang terkenal secara nasional. Dinamakan Gedong Set, gedung ini sekarang berfungsi sebagai gedung pusat pemerintahan Jawa Barat dan sering menjadi tempat berbagai festival seni dan kegiatan lainnya.

Gedung Sate Merupakan Tempat Kerja

Wisata Edukasi Dengan Kecanggihan Teknologi Di Museum Gedung Sate Bandung

Pengamat arsitektur sering menggunakan bangunan ini sebagai bahan untuk studi arsitektur tertentu, yang bentuknya dibuat di bawah pengaruh arsitektur Eropa. Banyak wisatawan yang berkunjung ke Bandung menyempatkan diri untuk melihat Gedong Set, sehingga bangunan ini juga sering dianggap sebagai salah satu tempat wisata andalan di Bandung, terutama bagi mereka yang tertarik dengan sejarah Gedong Set. Namun, karena gedung ini digunakan sebagai pusat pemerintahan di Jawa Barat, tidak semua bagian dapat dikunjungi secara gratis.

Ide penulisan sejarah pembangunan sate ini muncul dari penilaian Belanda bahwa Batavia sudah tidak layak lagi menjadi ibu kota akibat berbagai peristiwa yang pernah terjadi di sana. Gedungset didirikan sebagai pusat pemerintahan Hindia Belanda, karena penguasa mengira bahwa iklim Bandung mirip dengan Perancis selatan pada musim panas. Rencananya, 2.000 pekerja akan berpartisipasi dalam pembangunannya, 150 di antaranya adalah nisan Cina dan pemahat kayu dari Kanton. Ada pula arsitek, porter dan usher yang berasal dari pembangunan Gedong Serap di kampus ITB dan Gedong Popak di Balai Kota Bandung.

Gedung Sate Merupakan Tempat Kerja

Peletakan batu pertama sejarah pembangunan Gedung Majelis yang dikenal dengan nama Gouvernements Bedrijven (GB) pada masa Hindia Belanda dilakukan oleh Johanna Katrina Koops, putri dari kepala walikota Bandung bernama B. Koops dan Petronella Rolofsen. 27 Juli 1920 sebagai Wakil Gubernur Jenderal JP Graaf van Limburg Stirum. Perencanaan gedung satai ini dilakukan oleh tim yang terdiri dari IR. J. Gerber, seorang arsitek terkenal lulusan Dutch Engineering College di Delft, Irlandia. Ar. DeRoo dan Ir. Bapak Hendricks dan dari Gement von Bandung dipimpin oleh Letkol. Di pensiun VL. Butuh waktu Salars 4 tahun untuk membangun Gedong Set, lebih tepatnya pembangunan selesai pada bulan September 1924, berupa bangunan utama, kantor pusat PTT (pos, telepon dan telegraf) dan gedung perpustakaan.

See also  Gedung Dpr Dimana

Berusia 100 Tahun, Gedung Sate Simpan Sejarah Perjuangan

Selama proses pembangunan, arsitek Belanda Dr. Hendrik Petrus Berlage juga menyarankan agar Gerber memasukkan unsur tradisional Indonesia untuk memberikan Gedong Set gaya arsitektur yang unik sebagai perpaduan arsitektur Indo-Eropa. Jendela yang digunakan untuk bangunan set memiliki tema Moor yang berasal dari Spanyol. Seluruh bangunan bergaya Renaisans Italia, sedangkan menaranya bergaya Asia, sehingga menyerupai pagoda di Thailand dan atap candi Bali. Bagian atas set Gedong dihiasi ornamen kurban enam ruas, melambangkan biaya pembangunan yang mencapai 6 juta gulden.

Gedung Sate Merupakan Tempat Kerja

Fasad atau fasad bangunan juga memiliki sejarah tersendiri karena dibangun dengan menggunakan sumbu utara-selatan, yang juga digunakan untuk bangunan Pakwan, menghadap Gunung Malabar di selatan, sedangkan bangunan Stai menghadap Tangkoban. menghadap gunung. Utara. Batu-batu yang digunakan pada konstruksi berukuran 1 x 1 x 2 meter yang diambil dari pegunungan Bandung timur ini dipasang sesuai dengan standar teknik sehingga Gedong Set tetap berdiri kokoh dan kokoh hingga saat ini.

Sejarah berdirinya Gedong Set juga mencakup peristiwa berdarah pada masa Perang Kemerdekaan, dengan peristiwa kebakaran Bandung di kota Bandung. Saat masih digunakan sebagai kantor Kementerian Pekerjaan Umum, terjadi peristiwa penting di Gedong Set. Saat itu Gerakan Pemuda PU mengambil alih gedung dari tangan Jepang. Untuk mempertahankannya, gerakan pemuda ini membentuk kelompok pertahanan bersenjata rampasan tentara Jepang. Pada tanggal 4 Oktober 1945, kota Bandung diduduki oleh Sekutu dengan dukungan pasukan Belanda dan NICA, dan keadaan kota menjadi semakin genting. Pada tanggal 3 Desember 1945, Gedung hanya dipertahankan oleh 21 pejuang ketika diserang pada pukul 1 dini hari oleh pasukan Gurkha yang didukung oleh Sekutu dan Belanda.

Gedung Sate Merupakan Tempat Kerja

Gedung Sate Dilockdown Mendadak, 32 Pegawai Positif Covid 19, Lagi Lagi Efek Libur Lebaran

Perang berlangsung hingga pukul 2 siang, dan 7 pemuda tewas. Keberadaan mereka tidak diketahui selama beberapa tahun, hingga pada Agustus 1952 beberapa teman lamanya melakukan pencarian di sekitar Gedong Set dan menemukan empat jenazah yang sudah tinggal kerangka, yang kemudian dipindahkan Sekotra ke makam pahlawan. Bandung kemudian didirikan sebagai tugu batu untuk mengenang pengorbanan ketujuh pemuda tersebut dan ditempatkan di pelataran tempat penyertaan, yang dipindahkan pada tanggal 3 Desember 1970, atas perintah Menteri Pekerjaan Umum. Pelajari juga sejarah bangunan Pancasila dan lahirnya TNI.

Sejarah berdirinya Gedung Sate berlanjut pada tahun 1977 dengan dibangunnya gedung baru oleh IR. Sodebio yang gaya arsitekturnya mirip bangunan utama ini khusus dibangun untuk anggota DPRD Jawa Barat. Pada tahun 1980-an, Gedong Set lebih dikenal sebagai Kantor Gubernur karena digunakan sebagai pusat kegiatan Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang sebelumnya bertempat di Gedung Kerta Mukti di Jalan Braga, Bandung.

See also  Gedung Sapta Pesona Dibangun Oleh Siapa

Gedung Sate Merupakan Tempat Kerja

Sebagai bangunan bersejarah, banyak beredar rumor tentang Gedong Set, salah satunya adalah rumor adanya jalan rahasia yang menghubungkan Gedong Pakuan dengan Gedong Set. Namun, rumor tersebut dibantah oleh pejabat tinggi dan pegawai Giddings State. Fakta ini sangat sulit dibuktikan, karena pada saat serah terima gedung dari Kementerian Pekerjaan Umum kepada pemerintah provinsi Jawa Barat, dokumen terkait arsip asli Gedong Set juga ikut dipindahkan, sehingga tidak diketahui kemana. adalah. Anda juga tahu tentang masa penjajahan Belanda di Indonesia, invasi militer Belanda ii

Genap Seabad, Ini Kesan Ridwan Kamil Terhadap Gedung Sate

Saat ini pada tanggal 8 Desember 2017 Pemerintah Provinsi Jawa Barat membuka Museum Gedong Set yang akan memudahkan masyarakat untuk mengetahui sejarah berdirinya Gedong Set. Museum ini terletak di ruang bawah tanah gedung, yang masuk melalui pintu belakang. Museum seluas 500 meter persegi ini buka setiap hari mulai pukul 09:30 hingga 16:00, kecuali hari Senin. Pengunjung yang ingin masuk museum harus sabar mengantre karena kapasitas ruangan yang terbatas hanya 35 orang.

Gedung Sate Merupakan Tempat Kerja

Dengan konsep digital pada museum ini terdapat sejarah kota bandung sejak tahun 1890, diantaranya sejarah kota bandung setelah kemerdekaan, sejarah kota bandung pada masa pra kolonial, sejarah sejarah. Sejak set Gedong dibangun hingga saat ini, serta bioskop kecil berkapasitas 35 orang yang menampilkan film-film pendek tentang sejarah set Gedong, dan ruang realitas virtual di mana pengunjung merasa seolah-olah kembali ke masa lalu. masa lalu Di waktu atau di panas. Balon Udara Pada akhir pekan, Gedong Set sering digunakan sebagai tempat untuk beberapa acara, termasuk pasar kejutan yang hanya tersedia dari Minggu pagi hingga siang hari. Gedong Set adalah kantor gubernur provinsi Jawa Barat. Gedung ini terletak di no. 22 Jalan Dipongoro, Kota Bandung.

Bagian timur Gedong Set berfungsi sebagai kantor pos dan markas giro. Sedangkan di bagian barat berfungsi sebagai gedung DPRD provinsi Jawa Barat.

Gedung Sate Merupakan Tempat Kerja

Gedung Sate Bandung

Markas Besar Gedong dibangun pada tanggal 27 Juli 1920 oleh Ibu Johanna Katrina Kops, putri Walikota Bandung B. Kops, didampingi oleh Ibu Petronilla Roslofsson, putri Walikota Bandung B. Kops, yang mewakili Gubernur Jenderal. percakapan

Pada awal 1924, gedung Hoofdbureau

Gedung Sate Merupakan Tempat Kerja

Hotel gedung sate, hotel belakang gedung sate, hotel gedung sate bandung, vio hotel gedung sate, museum gedung sate, hotel dekat gedung sate, penginapan dekat gedung sate, kost dekat gedung sate, pullman gedung sate, hotel sekitar gedung sate, wisata gedung sate, hotel depan gedung sate