kebun,taman,rumah,desain
Beli Tema IniIndeks
Gedung  

Gedung Sate Tiket Masuk

Gedung Sate Tiket Masuk – Salah satu ide untuk mengisi liburan sekolah adalah dengan mengajak anak-anak mengunjungi museum. Selain untuk edukasi, berkunjung ke museum ini bisa dibilang ramah kantong karena tiket masuknya murah dan terletak di jantung kota.

Buat teman-teman yang tinggal di dalam dan sekitar kota Bandung atau yang sengaja jalan-jalan ke kota Bandung, jangan lewatkan Museum Gedung Sate dan Kopi di Jawa Barat. Ya, ada kedai kopi nyaman yang bagus di dekat pintu masuk museum, lho. Secangkir kopi harganya sekitar 20.000.

Gedung Sate Tiket Masuk

Gedung Sate Tiket Masuk

Gedung Sate adalah lambang kota Bandung, ada yang menyebutnya gedung putih kota Bandung karena keindahan bangunannya, lengkap dengan taman-tamannya yang tak kalah indah dan menawan dari gedung-gedung capitol di negara lain.

Ayo Datang! Kecanggihan Museum Gedung Sate Bakal Bikin Anda Terpukau

Setiap kali saya menonton/melewati Gedung SAT, saya sendiri terkagum-kagum. Bangunan ini keren banget, arsiteknya jenius. Arsitektur tidak lekang oleh waktu.

Gedung Sate Tiket Masuk

Bagi yang penasaran dengan interior Gedung Sate, ingin melihat tiang dan daun jendela yang kokoh dan elegan dari dekat, Anda harus masuk ke dalam Museum Gedung Sate, bukan sekadar selfie di depan gedung.

Ide pembangunan Gedung Sate berasal dari Belanda yang ingin memindahkan ibu kota/pusat pemerintahan Hindia Belanda dari Batavia (Jakarta) ke Bandung. Ia mengatakan, karena iklim Bandung relatif dingin, mirip dengan Prancis selatan. Konstruksi dimulai pada Juli 1920, melibatkan 2.000 pekerja, 150 di antaranya adalah pematung dan ahli ukiran Cina Kanton. Konstruksi memakan waktu sekitar 4 tahun dan menelan biaya sekitar 6 juta gulden. Apalagi, angka 6.000 terekam dalam bentuk ornamen mirip tusuk sate di atas bangunan. Padahal, ornamen berbentuk bulat tengkorak itu adalah bunga teratai yang melambangkan kemakmuran.

Gedung Sate Tiket Masuk

Gedung Sate Wisata Bersejarah Dan Edukasi Di Bandung

Gedung Sate, yang dikenal sebagai Governments Bedrijven (GB) pada masa Hindia Belanda, adalah arsitektur dari Eyre. Jay Gerber dan timnya, yang merupakan arsitek ahli Belanda. Hendrik Petrus Berlage.

Arsitektur Gedung Sate bergaya Indo-Eropa (Indo European Architecture Stijl), arsitektur yang memadukan gaya Timur (Indonesia-Asia) dan Barat (Eropa) secara harmonis. Secara keseluruhan, bangunan Gedung Sate bergaya Renaisans Italia. Jendela-jendela Gedung Sate yang besar dan elegan membangkitkan gaya arsitektur Spanyol Moor, sedangkan menaranya bergaya Asia, mirip dengan pagoda Thailand atau kuil Bali.

See also  Gedung Sate Bandung Apa

Gedung Sate Tiket Masuk

Fasad atau tampak depan Gedung Sate adalah wajah Gunung Tangkuban Perahu di sebelah utara sehingga katanya jika kita berada di puncak Gedung Set, tempat Gubernur Jawa Barat menjamu tamu, kita bisa melihat dengan jelas keindahan Gunung tersebut. Tangkuban Perahu. Hahaha, saya sangat ingin dihibur di sana.

Siap Grak! Lantik 54 Anggota Paskibraka Di Gedung Sate, Ridwan Kamil: Mereka Akan Naik Kelas, Lebih Mencintai Negara

Oh ya, kalau teman-teman mengamati, kita bisa melihat dinding bangunan Gedung Set ini sangat besar dan terlihat konstruksi berukuran 1 x 1 x 2 meter itu dipenuhi batu-batu besar. Teman-teman, seperti yang bisa kalian lihat di museum ini ada bagian tembok yang sengaja dibongkar supaya kita bisa melihat konstruksi gedung Gedong Sate.

Gedung Sate Tiket Masuk

Apa yang ada di Museum Gedung Sate? Tidak hanya foto sejarah dan arsitektur Gedung Set, tetapi juga sejarah kota Bandung sejak tahun 1890, termasuk sejarah pasca kemerdekaan dan pra kolonial.

Museum dengan konsep digital ini dilengkapi dengan bioskop mini berkapasitas 35 orang yang menampilkan film pendek sejarah pertempuran pada masa kemerdekaan di Gedong Sa.

Gedung Sate Tiket Masuk

Gedung Sate Tiket & Top 6 Aktivitas Wisata

Museum Gedung Sate diresmikan pada 8 Desember 2017. Buka setiap hari dari jam 9.30 sampai 16.00, kecuali hari Senin tutup. Tiket masuknya hanya Rp 5000. Daya tampung museum ini hanya 35 orang, jika harus antre saat mau ke sana, teman-teman bisa mampir ke warung kopi ini.

Ketika Anda mengunjungi museum ini, pastikan teman Anda menghadiri sesi menonton bioskop mini, di mana akan ditampilkan film sejarah pertempuran di Gedong Sa pada masa kemerdekaan. Pada tanggal 4 Oktober 1945, pasukan Belanda dan pasukan sekutu yang didukung oleh NICA menyerang Bandung. Pagi hari tanggal 3 Desember 1945, tentara Gurkha dan rekan-rekannya menyerang Gedung Saw. Gedung Sate dipertahankan oleh 21 prajurit, pertempuran berlangsung sengit hingga pukul 14.00. Tujuh pemuda hilang. Pada Agustus 1952, dilakukan pencarian kembali dan ditemukan 3 jenazah berupa kerangka di dalam lubang di belakang Gedung Sate. Mayat dari empat sisanya belum ditemukan. 7 Untuk mengenang pengorbanan pemuda tersebut dibuat prasasti di bagian belakang Gedung Sat.

Gedung Sate Tiket Masuk

Tepat melewati pintu masuk ada kedai kopi di sebelah kiri yang menyajikan kopi Jawa Barat. Dengan desain modern yang sangat nyaman untuk nongkrong dan berfoto selfie.

Sisi Lain Keindahan Gedung Sate Bandung, Apa Sajakah?

Jika ingin minum kopi di udara segar, Anda bisa menikmatinya di bangku depan pintu masuk museum.

Gedung Sate Tiket Masuk

Seorang ibu dua anak yang suka ngeblog. Hobi membaca terutama buku sejarah dan parenting, kolektor buku PAT. Ibu bisa melakukan ini dan itu sepuasnya. Video DIY, Referensi Wisata dan Tips di https://youtube/c/Vlog Kontak [email protected] Gedung Sate adalah nama lain dari Gedung Kantor Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Sebuah bangunan yang menjadi salah satu simbol kota Bandung. Keindahan arsitektur dan sejarah panjang menjadi daya tarik utama bagi wisatawan. Gedung Sate berbentuk bangunan yang menghadap ke utara.

See also  Gedung Dpr Bengkulu

Atapnya memiliki ornamen berbentuk sabit sehingga bangunan ini dikenal dengan nama Gedung Sate. Lingkungan bangunan sangat asri dengan pengelolaan taman yang asri dan tertata rapi. Arsitektur bangunannya identik dengan arsitektur Eropa yang bercampur dengan budaya lokal.

Gedung Sate Tiket Masuk

Museum Gedung Sate Tiket & Daya Tarik Januari 2023

Lokasinya yang berada di jantung kota Bandung tidak pernah meninggalkan suasana sepi bagi wisatawan. Pepohonan di sekitar gedung menyejukkan udara. Ini juga menambah kenyamanan lingkungan. Dengan suasana yang damai dan asri untuk dipandang, Gedung Sate banyak yang menganggap sebagai salah satu gedung terindah di Indonesia.

D’Ruhl, seorang arsitek, mengatakannya lebih dulu, jauh sebelum orang mengatakannya. Banyak arsitek asing terkemuka seperti Ir. H. P. Berlage menyatakan bahwa Gedung Sate merupakan karya arsitektur utama. Selain itu, ia menambahkan bahwa karya tersebut merupakan perpaduan sempurna antara gaya barat dan timur yang harmonis.

Gedung Sate Tiket Masuk

Pembangunan Gedung Sate dimulai pada tahun 1920-an. Batu pertama diletakkan oleh putri walikota Bandung saat itu, Johanna Katharina Koops. Bangunan ini dirancang oleh insinyur muda Belanda J. Gerber. Jumlah pekerja yang terlibat dalam pembangunannya mencapai 2000 orang termasuk berbagai spesialis.

Travelplus Indonesia: Gara Gara Atf 2016, Nama Gedung Sate Kian Mendunia

Pada tahun 1924, Gedung Sate berhasil dibangun dengan bangunan pendukungnya. Setiap orang sangat terkesan dengan hasil kerja ini, termasuk banyak individu yang disebutkan di atas yang sangat mengapresiasinya. Pada awal pengoperasiannya, Gedung Sat digunakan sebagai kantor Departemen Perhubungan dan Pekerjaan Umum.

Gedung Sate Tiket Masuk

Selain itu, gedung ini juga menjadi pusat pemerintahan Hindia Belanda saat Batavia dianggap tidak bisa dipertahankan. Nah, baru sejak tahun 1980 gedung ini dijadikan kantor Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Kantor Gubernur sendiri berada di lantai dua bersama Kepala Dinas Provinsi Jawa Barat.

(GB). Nama Gedung Sate diubah karena orang melihat ornamen di langit-langit berbentuk Sate. Sebenarnya, itu hanya sebuah perhiasan yang ditusuk secara vertikal dengan enam batu.

Gedung Sate Tiket Masuk

Wisata Edukasi Dengan Kecanggihan Teknologi Di Museum Gedung Sate Bandung

Tepatnya di belakang gedung. Karena ada penanda di sekitar museum, tidak akan ada masalah bagi wisatawan yang datang ke sini. Museum ini memiliki luas sekitar 500 meter persegi dan kapasitas ideal sekitar 50 orang. Hal ini dilakukan demi kenyamanan dan keleluasaan pengunjung memasuki pameran.

Tapi jangan khawatir, penonton yang menunggu giliran bisa duduk dengan nyaman di kursi payung. Sejarah kota Bandung dan budaya Jawa Barat menjadi suguhan utama museum ini. Beberapa informasi sejarah tentang Gedung Sate dapat dilihat di berbagai bagian museum.

See also  Gedung Burj Khalifa

Gedung Sate Tiket Masuk

Salah satu hal yang menarik adalah sobekan dinding bangunan yang memperlihatkan bahan bangunan. Hal menarik lainnya adalah tidak semua material yang ada di museum ini berupa koleksi kuno dan tulisan-tulisan sejarah, namun sebagian merupakan material digital. Tentu hal ini menarik bagi generasi milenial yang sangat familiar dengan dunia digital.

Bandung Dan Gedung Sate Yang Tak Akan Terpisahkan Halaman 2

Jika kurang puas dengan oleh-oleh di Museum Gedung Sate, pengunjung bisa mengunjungi bagian atap gedung. Bagian ini merupakan bagian tertinggi dari bangunan Hindia Belanda. Letaknya tepat di tengah bangunan simetris. Wisatawan dapat melihat berbagai aspek angin dari teras ini.

Gedung Sate Tiket Masuk

Namun yang paling menarik disini adalah pemandangan bagian utara yang berhadapan dengan Dataran Gasibu. Di bagian utara ini pengunjung juga bisa melihat monumen perjuangan rakyat Jawa Barat. Tentu saja, jangan lewatkan legenda Gunung Tangkuban Parhu.

Kunjungan ke situs bersejarah yang kokoh namun menawan ini tidak lengkap tanpa foto. Ada banyak spot foto menarik yang bisa digunakan pengunjung sebagai spot foto. Beberapa ornamen dan arsitektur taman dan bangunan bisa menjadi spot foto yang menarik.

Gedung Sate Tiket Masuk

Gedung Sate Tiket & 9 Daya Tarik Utama Januari 2023

Namun, bagian depan gedung adalah tempat paling populer bagi pengunjung. Berbeda dengan kemegahan dan keindahan bangunannya, foto-foto yang diambil di sini bisa membawa kenangan indah setelah kembali dari kota Bandung.

Sebagai kota yang dikenal sebagai kota kreatif, Bandung menawarkan berbagai kuliner yang menarik. Dari kreatifitas tersebut terciptalah banyak menu diantaranya kuanki, sebalak, silok, sireng dan tentunya surabi. Salah satu resep yang laris di sekitar Gedung Sate adalah Sate Jando.

Gedung Sate Tiket Masuk

Sate Zando sendiri merupakan kuliner yang paling diminati pengunjung. Kiosnya terletak di Jalan Simandiri, namun kios di sini adalah warung pinggir jalan. Sate Zando sendiri adalah daging sapi tipis yang ditusuk lalu digoreng dan dicampur dengan bumbu kacang yang sedikit lebih kental. Bumbu kacang yang gemuk dan kasar ini diklaim bikin ketagihan.

Harga Tiket Rp. 3.000 Wisata Murah Ke Museum Geologi Bandung

Kegiatan selanjutnya yang bisa dilakukan di sekitar Gedung Sate adalah berlatih di lapangan Gasibu. Lapangan ini juga merupakan bagian dari bangunan, tetapi berada di luar kawasan.

Gedung Sate Tiket Masuk

Lokasi yang cocok adalah di depan gedung. Bidang ini tidak pernah sepi dari permainan

Hotel gedung sate, hotel belakang gedung sate, kost dekat gedung sate, penginapan dekat gedung sate, hotel sekitar gedung sate, hotel gedung sate bandung, hotel depan gedung sate, harga tiket masuk gedung sate, hotel dekat gedung sate, museum gedung sate, tiket masuk gedung sate, vio hotel gedung sate