kebun,taman,rumah,desain
Beli Tema IniIndeks
Kebun  

Kebun Binatang Lamongan

Kebun Binatang Lamongan – Tidak salah jika kawasan Paciran menjadi salah satu tempat wisata di Kabupaten Lamongan. Selain Wisata Bahari Lamongan (WBL), ada tempat wisata lain yang menjadi bagian dari kompleks WBL yaitu Maharani Zoo & Goa atau lebih dikenal dengan Mazola.

Mazola hanya berjarak 100 mil dari WBL, Mazola menawarkan pemandangan kebun binatang dengan salah satu gua terindah di Indonesia. Tentu saja, itu adalah daya tarik yang tidak dimiliki oleh kebun binatang atau gua di tempat lain.

Kebun Binatang Lamongan

Kebun Binatang Lamongan

Kita bisa masuk dan melihat berbagai jenis binatang dan menikmati kemegahan Goa Maharani dengan membayar tiket Rp 30.000 per orang. Di kawasan yang memiliki luas kurang dari 3 hektar ini, kita bisa menjumpai sekitar 115 spesies hewan, mulai dari hewan peliharaan hingga yang didatangkan dari luar negeri. Tentu jika membandingkan kebun binatang baru ini dengan Kebun Binatang Surabaya, koleksi satwa Mazola akan sedikit. Namun seperti yang saya sebutkan, Kebun Binatang Surabaya tidak memiliki gua yang indah seperti Mazola.

Maharani Zoo Lamongan

Kesan lain yang didapat saat pertama kali memasuki Mazola adalah kebersihan tempatnya. Bisa dibayangkan, sebagai tempat berkembang biak berbagai jenis hewan, kebun binatang ini dirawat dengan baik. Hal ini tentu saja menambah kenikmatan para tamu.

Kebun Binatang Lamongan

Kita tidak perlu bingung harus mulai dari mana untuk menghindari kebun binatang ini karena rutenya sudah disediakan. Jadi jangan khawatir tersesat atau berkeliaran di satu tempat.

Saat pertama kali masuk, kami disambut oleh seekor hewan dari Timur Tengah, yaitu unta. Kawasan Paciran terletak di pantai panas, berseberangan dengan hutan Surabaya yang sejuk dengan pepohonan rindang. Iklim pantai yang panas adalah tempat terbaik bagi unta-unta ini, meski tidak sepanas dari mana asalnya.

Kebun Binatang Lamongan

Klarifikasi Harimau Kurus Di Kebun Binatang Maharani

Ada pula aneka serangga yang diawetkan dan dipajang indah di sebuah kotak beralaskan kaca. Di sana kita bisa melihat banyak jenis serangga dari seluruh dunia. Setelah itu, kami dibawa ke ruangan yang berisi replika fosil hewan langka. Ada replika beruang kutub yang sedang mengaum, serta fosil berbagai jenis dinosaurus, seperti mammoth dan pterosaurus, serta yang berwarna biru. Meski hanya salinan, detailnya sangat bagus sehingga kami kesulitan membedakannya dari fosil aslinya.

See also  Rute Jalan Ke Kebun Binatang Bandung

Jika Anda pecinta burung, Anda bisa memasang sangkar besar dengan berbagai jenis burung. Anda bisa masuk dan memberi makan burung secara langsung, tentunya dengan pakan yang disediakan oleh petugas. Anda juga bisa berfoto saat burung mengelilingi Anda dengan makanan.

Kebun Binatang Lamongan

Jika Anda muak dengan binatang lucu, saatnya pergi ke sarang singa dan harimau putih. Tidak seperti kebanyakan kebun binatang, kebun binatang Mazola terletak di bawah basis pengunjung. Sehingga pengunjung dapat melihat satwa tersebut dari jalan di atasnya. Meski keamanan jalan sudah memadai, Anda yang membawa anak kecil harus tetap waspada dan menjaganya. Karena takut anak-anak memanjat tembok yang tidak tinggi.

Warga Lamongan Kembali Selamatkan Kucing Hutan

Ada juga buaya, kuda nil, ular sanca dan masih banyak lagi yang menambah koleksi satwa liar di kebun binatang ini. Ada juga primata seperti monyet, kera dan orangutan. Ada juga berbagai jenis ayam, seperti pelikan, angsa, dan lainnya.

Kebun Binatang Lamongan

Setelah keluar dari kebun binatang kita akan diantar menuju Goa Maharani. Jika Anda pernah memasuki gua ini sebelum kompleks Mazola dibangun, Anda mungkin akan terkejut. Gua bawah tanah sedalam 25 meter ini gelap. Tidak ada lampu jalan dan jalan khusus. Pengunjung harus berjalan dengan sedikit usaha. Setelah pembangunan kompleks Mazola, dibuat jalur khusus berupa jalan setapak, pagar, dan lentera di dalam gua agar pengunjung dapat menikmati keindahan stalaktit, stalagmit, dan bebatuan besar. Banyak orang mengatakan bahwa Maharani adalah salah satu gua terindah di Indonesia.

Meski goa ini tidak sebesar Goa Akbar yang terletak di kota Tuban, namun keindahan stalaktit dan stalagmitnya tak tertandingi. Wisata gua yang indah dipadukan dengan kebun binatang yang canggih ini harus masuk dalam daftar liburan Anda.Pada masa pandemi COVID-19, aneka satwa di Kebun Binatang Maharani dan Goa Lamongan (Mazoola) sangat tersebar luas. Populasinya semakin meningkat dengan lahirnya hewan-hewan di sana.

Kebun Binatang Lamongan

Penampakan Harimau Sumatera Kurus Kering, Ini Penjelasan Kebun Binatang Lamongan

Berbagai hewan zoonosis juga muncul selama hampir 2 tahun epidemi. Banyak hewan lahir selama bencana antara tahun 2020 dan 2021.

“Banyak ya mas dari tahun 2020 sampai 2021,” kata Juli Tri Wahyuningtyas, marketing officer Kebun Binatang Maharani dan Goa Lamongan kepada wartawan, Jumat (22/10/2021).

Kebun Binatang Lamongan

Pada 2020, kata Juli, tercatat satwa baru masuk koleksi Mazola minimal selama 12 bulan.Pada awal Januari 2020, satwa yang tercatat berkembang biak antara lain iguana, marra Patagonia, dan dua ekor jerapah matahari.

Zulvia Rumaida: Serunya Mengisi Liburan Akhir Tahun Di Wisata Bahari Lamongan (wbl)

“Dari Januari 2020 hingga Desember 2020 jumlahnya banyak. Ini termasuk unta harimau Bengal, dan banyak hewan lain yang juga akan melahirkan pada tahun 2020, ”katanya.

See also  Gowes Di Kebun Binatang Surabaya Tiket

Kebun Binatang Lamongan

Untuk tahun 2021, lanjut Juli, ada juga banyak koleksi hewan mazoola yang dibuat dengan baik seperti landak jawa, rusa bawean, rusa sambar, sun conure, tapir brazil dan wallaby bumi yang lahir di awal tahun 2021 yaitu bulan januari.

Juli menjelaskan, selama bulan April dan Mei, Kakatua Jambul, Sun Conure, dan Kambing Pygmy Nigeria melahirkan hewan dari koleksi Mazoola hampir setiap bulan.

Kebun Binatang Lamongan

Sejarah Kebun Binatang Bandung, Dimulai Dari Cimindi Hingga Nyaris Dipindahkan Ke Jatinangor

“Yang baru adalah unta milik orang tua Sandra dan William, yang namanya belum kami ungkapkan.” Itu adalah malam yang sangat panas. Matahari di langit Lamongan memancarkan kehangatannya. Itu tidak menghentikan banyak keluarga untuk menghabiskan sisa liburan Idul Fitri bersama. Saya juga. Sebelum ikut proyek, tiga hari terakhir liburan saya manfaatkan untuk mengunjungi kawasan Pantura Lamongan, tepatnya di kecamatan Paciran. Ada Makam Sunan Drajat, Kebun Binatang Maharani dan Gua Lamongan (Mazola) serta Wisata Bahari Lamongan (WBL).

Masola pertama adalah Mazola. Nama resmi sebenarnya adalah Kebun Binatang Maharani & Goa Lamongan, namun saya akan menggunakan kata gua sebagai pengganti gua (menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia). Setelah saya memarkir mobil dan memasuki pekarangan kebun binatang, saya langsung berteduh di bawah pohon rindang di dekat pintu masuk. Sebelum membeli tiket, saya membaca dengan cermat informasi yang dipasang di kantor tiket. Harga tiket untuk hari biasa (Senin hingga Kamis) adalah Rp40.000 dan untuk akhir pekan (Jumat hingga Minggu) adalah Rp60.000. Tiket akhir pekan berlaku selama hari libur atau hari libur nasional.

Kebun Binatang Lamongan

Paket paspor Mazola dan WBL juga ditawarkan. Kedua properti itu dekat dan dikendalikan oleh investor yang sama. Harga tiket weekday (Senin-Kamis) Rp. 70.000, weekend (Jumat-Minggu) Rp. 100.000. Tiket akhir pekan berlaku selama hari libur atau hari libur nasional. Anak-anak dengan tinggi lebih dari 85 cm harus membeli 1 tiket masuk.

Harimau Di Mazola Terlihat Kerempeng, Berapa Berat Badannya Setelah Ditimbang?

Sebelumnya, satu-satunya daya tarik tempat ini adalah Gua Maharani. Gua ini ditemukan pada tahun 1992 oleh sekelompok penambang fosfat yang dipimpin oleh seorang warga Sunyoto. Gua ini kemudian dibuka pada tahun 1994 sebagai tempat wisata di wilayah Lamongan. Untuk menarik lebih banyak pengunjung, pemerintah Kabupaten Lamongan menggandeng investor pada tahun 2008 untuk menjadikan kawasan Gua Maharani sebagai kebun binatang. Kunjungi gua ini sebagai bagian dari tur Mazola.

Kebun Binatang Lamongan

Selain mempercantik goa Maharani, pengelola Mazola menambah wahana baru untuk menarik pengunjung. Sekarang mereka menyediakan berbagai wahana seperti taman binatang, teater binatang, teater batu, naik gajah, kuil inca yang hilang, albino yang menakjubkan, dan taman burung. Dengan beragam hewan dan wahana edukatif, Mazola menjadi destinasi ideal untuk keluarga atau pelajar. Konsep Mazola hampir sama dengan Jatim Park Batu. Maklum, keduanya dikendalikan oleh investor yang sama.

See also  Kebun Raya Bogor Lampu

Setelah melewati loket tiket, dengan musik Afrika yang terdengar di seluruh area Mazola, pengunjung akan disambut oleh berbagai taman satwa. Mereka termasuk kuda, unta, rusa, rusa, berbagai burung, reptil dan banyak lainnya. Ada sekitar 120 jenis dari dalam dan luar negeri. Pengunjung tidak akan tersesat di area seluas 3 hektar ini, karena jalur pengunjung diaspal dengan banyak pertanyaan. Kawasan ini juga dipenuhi oleh banyak pohon rindang yang memberikan suasana menyenangkan bagi para pengunjung.

Kebun Binatang Lamongan

Zulvia Rumaida: Melihat Koleksi Satwa Di Maharani Zoo And Goa (mzg) Lamongan

Setelah berkeliling kebun binatang, pengunjung dapat memasuki kebun binatang. Selain serangga dan hewan mati yang diawetkan, pengunjung juga dapat melihat replika fosil purba seperti dinosaurus, mammoth, velociraptor, pterodactyl, tyrannosaurus, dan berbagai jenis ikan. Bentuk dan ukurannya, relatif terhadap aslinya, mendorong pengunjung yang membawa serta anak-anaknya untuk menggunakan cetakan ini sebagai referensi foto.

Setelah itu, para tamu diinstruksikan untuk memasuki gua Maharani. Pengunjung harus menuruni anak tangga sekitar 10 meter dan menemui pintu masuk goa. Sedikit cerita tentang sejarah ditemukannya gua ini, konon pada malam sebelum ditemukannya gua tersebut, istri Sunyoto bermimpi melihat bunga yang bersinar, dan dua ekor naga raksasa menjaganya. Dia juga melihat seorang wanita cantik mengenakan mahkota emas bersinar dalam berbagai warna. Bangun di malam sunyi, istri Sunyoto mendengar kata “Kaisar” berbisik. Maka dari itu kemudian gua ini diberi nama Gua Maharani.

Kebun Binatang Lamongan

Demi kenyamanan pengunjung, di dalam goa dengan kedalaman 25 meter di atas permukaan tanah ini terdapat jalan setapak beton dengan pembatas besi di tengah jalan. Selain itu, banyak kipas besar dipasang di banyak tempat untuk mengurangi rasa tidak nyaman dan panas. Di antara goa dan stalagmit yang memiliki lubang seluas 2.500 m2, menarik perhatian dengan cahaya warna-warni. Batu-batu khusus dengan berbagai bentuk dan ukuran juga memiliki nama dan diyakini sebagai bagian dari istana Ratu Maharani.

Pandemi Bikin Satwa Maharani Zoo Dan Goa Lamongan Bertambah Banyak

Kebun binatang bali, kebun binatang bali safari, tiket kebun binatang surabaya, kebun binatang di surabaya, kebun binatang di bali, kebun binatang prigen, kebun binatang jurug, kebun binatang surabaya, binatang kebun, kebun binatang ragunan, kebun binatang ancol, hotel dekat kebun binatang