kebun,taman,rumah,desain
Beli Tema IniIndeks
Kebun  

Kebun Binatang Pekanbaru

Kebun Binatang Pekanbaru – Sebuah keluarga berfoto bersama singa afrika menggendong anak singa afrika yang dititipkan ke Polda Riau di Kebun Binatang Kasang Kulim, Kubang, Kampar, Riau.

SELASAR RIAU, PEKANBARU – Kebun Binatang Kasang Kulim kembali menjadi sorotan. Setelah sebelumnya Polda Riau menitipkan anak macan tutul mereka mati, kali ini pihak kebun binatang selalu dititipi satwa sitaan dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau yang diduga menjadi tempat eksploitasi anak satwa langka lainnya yakni Singa Afrika.

Kebun Binatang Pekanbaru

Kebun Binatang Pekanbaru

Hingga akhir tahun 2019, Kebun Binatang Kasang Kulim dipercayakan dengan empat ekor singa Afrika dan satu ekor macan tutul atau macan tutul Afrika.

Kebun Binatang Kasang Kulim Tambah Koleksi Usai Lahirnya Seekor Anak Kuda !!

Hewan tersebut disita dari sejumlah pengedar ilegal jaringan internasional yang masuk melalui pelabuhan tikus di kota Dumai, pesisir Riau.

Kebun Binatang Pekanbaru

Namun, anak macan tutul mati baru-baru ini, mungkin karena terinfeksi virus. Kematian macan tutul mendapat tanggapan dari Polda Riau yang menyayangkan kejadian tersebut.

Sementara itu, empat anak singa Afrika dipelihara di Kasang Kulim dan masih hidup. Namun, tidak setelah kematian Leopard, berita lain yang tidak relevan muncul.

Kebun Binatang Pekanbaru

Kebun Binatang Simalingkar Harga Tiket, Atraksi & Wahana Desember 2022

Akun jejaring sosial Facebook “Gerakan Hentikan Sirkus Hewan di Indonesia” menemukan dugaan eksploitasi hewan di Kasang Kulim.

Dalam unggahan pada Selasa (17/2), akun tersebut membagikan temuannya bahwa bayi Afrika digunakan sebagai subjek foto oleh pengunjung, berdasarkan rekaman yang mereka katakan terjadi pada 15 Februari 2020.

Kebun Binatang Pekanbaru

Dalam unggahan tersebut, mereka juga menyebutkan bahwa pengunjung dapat membayar untuk berfoto bersama raja hutan.

Kebun Binatang Surabaya (kbs) Tiket & Koleksi Satwa Desember 2022

“Penggunaan hewan sebagai properti foto menambah tekanan pada hewan di kebun binatang dan sirkus, banyak di antaranya sudah menderita karena kondisi hidup yang tidak memadai,” lanjut mereka di postingan mereka.

Kebun Binatang Pekanbaru

“Untuk vaksinasi ini, hewan muda biasanya lebih disukai, dan banyak dari mereka diambil dari induknya ketika masih sangat rentan. Tepat ketika mereka perlu diasuh dan ikatan keluarga terbentuk, mereka dikeluarkan dari keluarga.”

See also  Kebun Binatang Suroboyo Jenenge

Mereka juga meminta warganet untuk bersama-sama melaporkan kejadian ini kepada Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dan memintanya untuk menghentikan eksploitasi dan kekejaman tersebut.

Kebun Binatang Pekanbaru

Harga Tiket Masuk Kebun Binatang Surabaya 2022

“Satu baris email saja sudah cukup. Anda bisa menggunakan contoh di bawah ini: Kekejaman terhadap hewan itu salah – tolong hentikan kekejaman terhadap singa di Kebun Binatang Kasang Kulim. Berhentilah menggunakan anak singa sebagai alat peraga untuk foto,” katanya. Sejumlah satwa di Kebun Binatang Kasang Kulim, Kabupaten Kampar, Riau, terlihat memprihatinkan. Tubuh mereka kurus, tidak berambut, dan dianggap berpenyakit.

Pengunjung terkejut dan sedih dengan kondisi hewan yang memprihatinkan ini. Belum lagi kedekatan kandang dengan kebun binatang, Irham, warga Sei Pagar, Kampar, langsung berkomentar. “Keinginan yang lemah. Lihat, tulang bisa melakukan itu, katanya sambil menggelengkan kepala.

Kebun Binatang Pekanbaru

Irham mengisi libur tahun baru. Ia sering datang ke sejumlah kebun binatang. Ia miris melihat kondisi satwa di Kasang Kulim.

Tempat Wisata Di Kota Pekanbaru

Ada tiga kuda di kandang. Tulang rusuk ketiga kuda itu terlihat jelas meski dari jarak 10 meter. Paha semua kuda muncul ke permukaan. Berbeda dengan foto kuda besar di pagar besi. Foto adalah tanda bahwa ini adalah kandang.

Kebun Binatang Pekanbaru

Selama 30 menit saya berada di istal, kuda-kuda hanya bergerak perlahan di sekitar pengunjung, dibatasi pagar besi. Tiga kuda baru saja bermain di tanah berlumpur.

Sedikitnya ada dua ekor rusa yang tulang rusuknya terlihat jelas. Kulit pada tubuh, leher dan punggung tidak lagi tertutup rambut dan terlihat seperti keropeng. Rusa ini berbaring di bawah terik matahari.

Kebun Binatang Pekanbaru

Kualitas Dan Fasilitas Kebun Binatang Surabaya Terus Ditingkatkan

Seekor ayam dengan tubuh sangat kurus di dalam kandang berukuran 3×3 meter dan tinggi dua meter. Dia mondar-mandir di dekat jeruji besi setiap kali ada pengunjung yang mendekat. Kandang di sebelah berukuran sama dengan tiga beruang dewasa. Satu laki-laki, dua perempuan. Kandang tersebut memiliki baskom berisi air. Ia tidak memiliki elemen kayu atau tanah selain semen dan besi. Perilakunya sama, ketika pengunjung datang, mereka bolak-balik di atas panggangan.

Mereka bertiga berada di kandang orangutan yang dipisahkan menjadi dua tempat. Seseorang tampak duduk malas di dekat panggangan, mengulurkan tangan kirinya ke arah pengunjung. Tangan kanan mencengkeram jeruji dengan baik.

Kebun Binatang Pekanbaru

Tangan kiri terulur ke belakang jeruji dengan telapak tangan terbuka, seolah sedang berdoa, lalu digerakkan ke mulut. Gerakan ini berulang. Ini seperti meminta makanan. Pengunjung langsung mengerti apa yang diinginkan hewan langka ini.

Kementerian Lhk Turunkan Tim Tinjau Kebun Binatang Selatbaru

Seorang pelindung terlihat membagikan minuman. Akses pengunjung terhadap makanan sangat terbuka. Tidak ada keamanan, meski ada tanda larangan memberi makan hewan.

Kebun Binatang Pekanbaru

Tidak ada kolam dengan air. Semua lantainya semen. Ada ban bekas di dalam kandang, terlihat orangutan di belakang ban. Di kandang buaya, genangan airnya lebih kecil dari panjang tubuh buaya.

Saya mencoba mengklarifikasi informasi dari kepala kebun binatang Kasang Kulim yang diterima dari petugas jaga, tetapi beberapa hari terakhir nomor telepon tidak dapat dihubungi.

See also  Spot Kebun Raya Cibodas

Kebun Binatang Pekanbaru

Diambang Bangkrut, Kebun Binatang Bandung Sepi Pengunjung

Femke Den Haas, pendiri Jakarta Animal Aid Network (JAAN), mengatakan kondisi kebun binatang Indonesia cenderung di bawah standar. Dia kaget dan sedih melihat gambar-gambar itu

“Mereka terlihat sangat, sangat kurus. Dia tampak depresi. Mereka terlihat kelelahan. Kurang beraktifitas, malas berlari, dan untuk kuda harus ada rerumputan untuk memberi makan secara aktif. Ini adalah perilaku alami kuda, lalu istirahat, 24 jam aktivitas. Jadi

Kebun Binatang Pekanbaru

Femke berkomentar yang sama tentang kondisi rusa yang malas. Ia juga turut berduka atas kondisi orangutan tersebut. Tidak ada kolam airnya, semua lantainya semen.

Barang Bukti Anakan Leopard Mati Di Kebun Binatang Kasang Kulim

Pernah menyentuh tanah Orangutan adalah hewan sosial, sehingga membutuhkan banyak aktivitas. Itu harus menjadi sesuatu untuk dimainkan di dalam kandang. (Dalam gambar) dia terlihat sangat-sangat bosan dan tertekan,” ujarnya.

Kebun Binatang Pekanbaru

Untuk badan gemuk, kata dia, dia menduga orangutan itu menderita diabetes, apalagi jika banyak akses pengunjung untuk memberi makan satwa tersebut.

Pemerintah harus, kata Femke, mengambil tindakan segera untuk menyelamatkan hewan dan memperingatkan pengelola kebun binatang untuk memperhatikan kesejahteraan hewan dengan serius.

Kebun Binatang Pekanbaru

Tapir Diefakuasi Ke Kebun Binatang Kasang Kulim

Selain itu, standarisasi perawatan hewan juga diperlukan. Standar dan protokol kesejahteraan hewan harus dikembangkan oleh ahli kesejahteraan hewan independen, bukan asosiasi kebun binatang yang ditunjuk. Hewan juga harus diperiksa secara teratur oleh dokter hewan independen, katanya.

“(Pemerintah) harus segera turun ke sana, ingatkan pemilik kebun binatang, segera obati dokter hewan mandul (mandul). Perbaikan dilakukan dengan segera.

Kebun Binatang Pekanbaru

Baru pada Sabtu sore (01/06/18) Tina, pemilik kebun binatang Kasang Kulim di Riau dihubungi. Dia menyangkal bahwa hewan tidak memiliki cukup makanan.

Balai Besar Ksda Riau Lakukan Penyemprotan Disinfektan Di Kebun Binatang Kasang Kulim

Menurutnya, kuda itu lemah karena baru saja melahirkan. Tiga ekor kuda adalah satu keluarga, jantan, betina dan anak-anak. Beberapa waktu lalu, saat melahirkan, seorang anak meninggal karena ibunya tidak mau diberi susu.

Kebun Binatang Pekanbaru

Menurutnya, rusa timor sudah tidak lagi ditumbuhi bulu di bagian perut dan paha, serta tulang rusuknya terlihat jelas, inilah wujud asli rusa timor. “Ini tidak kurus. Ini rusa dari Timor Leste (yang memiliki) tulang yang sama dan kerangka yang besar,” katanya.

Terkait minimnya penjaga di tiap kandang, sehingga pengunjung sering membawa bekal makanan, katanya, setiap kandang diorganisir satu orang petugas.

Kebun Binatang Pekanbaru

Berita Dan Informasi Kebun Binatang Kasang Kulim Terkini Dan Terbaru Hari Ini

Dia mengaku menjaga kesejahteraan hewan kebun binatang dengan rutin mengunjungi dokter hewan. Dokter hewan, katanya, datang dua kali sebulan untuk memastikan perawatan dan kesehatan hewan. Kebun Binatang Kasang Kuli (KKZ) atau dikenal juga dengan Kebun Binatang Kasang Kuli merupakan salah satu objek wisata unggulan di Kabupaten Kapar.

Siagaonline.co, Pekanbaru – Kebun Binatang Kasang Kuli (KKZ) atau dikenal juga dengan nama Kebun Binatang Kasang Kuli merupakan salah satu tempat wisata unggulan di Kabupaten Kapar. Berada di kawasan Siak Hulu dan berbatasan langsung dengan Kota Pekanbaru, merupakan objek wisata yang potensial.

See also  Gambar Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Pekanbaru

Menurut Sudaryanto See, dosen Universitas Lankang Kuning Pekanbaru, keberadaan KKZ ini perlu dukungan Pemprov Riau dan Pemkab Kapar. Dukungan ini diberikan dalam bentuk pemanfaatan lingkungan serta pembaharuan koleksi taman.

Mari Jalan Jalan Sambil Mengenal Satwa Di Kebun Binatang Kasang Kulim Riau!

“Mendukung pemanfaatan lingkungan, misalnya meningkatkan fungsi kebun binatang sebagai ruang hijau dengan melestarikan lingkungan yang ada untuk selamanya. Kemudian lengkapi koleksi kebun binatang dengan binatang atau binatang yang ada. Dengan demikian, KKZ dapat semakin diminati oleh warga Kabupaten Kapar dan Kota Pekanbaru khususnya, serta Provinsi Riau khususnya,” ujar Sudaryanto.

Kebun Binatang Pekanbaru

Khusus untuk wahana kebun binatang, masih one-to-one di tengah kegemaran yang semakin meningkat untuk destinasi lainnya. Destinasi dan wine yang ada saat ini belum ada atau belum menjual/memamerkan spesies hewan. Sehingga menjadi satu-satunya objek wisata yang menampilkan berbagai satwa seperti buaya, burung, landak, penyu, macan tutul, tapir, kuda laut, rusa, kuda, ular, beruang, monyet, gajah, singa dan lain-lain.

Kondisi alam yang asri dan dilengkapi fasilitas untuk beribadah, relaksasi, ekspresi kemauan, hiburan membuat KKZ layak dikunjungi oleh penduduk lokal maupun pendatang (di luar Kapar dan Pekanbaru). Kemudian perlu ditingkatkan peran pemerintah daerah seperti Dinas Pariwisata dan pihak swasta seperti Asosiasi Biro Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA).

Kebun Binatang Pekanbaru

Anak Leopard Senilai Rp450 Juta, Mati Di Kebun Binatang Pekanbaru

“Karena keberadaan KKZ ini bukan hanya untuk pemilik atau pengelola, tapi untuk semua pihak. Keberadaannya memberikan manfaat bagi pihak terkait. Bagi pemerintah tentunya kehadiran pengunjung akan menambah jumlah masyarakat yang datang ke Pekanbaru dan Kapar sehingga perekonomian masyarakat tumbuh. Sama halnya dengan swasta, bisnis akan lancar kembali,” kata Sudaryanto.

Institusi pendidikan juga harus mengenalkan siswanya, khususnya anak Taman Kanak-Kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD). Dengan demikian, anak-anak belajar tentang binatang tidak hanya dari media cetak, elektronik, dan jejaring sosial. Namun tepat di lapangan, nikmati keindahan Kebun Binatang Kasang Kuli.

Kebun Binatang Pekanbaru

Masyarakat yang memiliki hewan dan sudah tidak mampu lagi merawatnya atau memiliki keterbatasan dapat memanfaatkan KKZ ini untuk dirawat dengan baik dan hidup bebas namun tetap menyenangkan. Ingat KKZ ini luasnya 10 hektar, jadi ada akses kesana.

Tempat Wisata Di Pekanbaru Paling Bagus Untuk Refreshing T

“Pemerintah idealnya juga mendukung keberadaan KPC ini dengan mengembangkan kebijakan yang melindungi potensi wisata melalui pemberdayaan lingkungan. Hal ini sejalan dengan semakin berkembangnya Kabupaten Kapar dan Kota Pekanbaru yang telah mengubah ruang hijau menjadi rumah tinggal, perkantoran, kawasan industri dan fasilitas lainnya,” ujarnya. (J) Anak-anak

Kebun Binatang Pekanbaru

Kebun binatang di surabaya, kebun binatang surabaya, binatang kebun, kebun binatang di pekanbaru, kebun binatang bali, hotel dekat kebun binatang, kebun binatang ragunan, kebun binatang ancol, kebun binatang prigen, kebun binatang bali safari, kebun binatang di bali, kebun binatang kasang kulim pekanbaru