kebun,taman,rumah,desain
Beli Tema IniIndeks
Kebun  

Kebun Raya Bogor Adalah Salah Satu Objek Wisata

Kebun Raya Bogor Adalah Salah Satu Objek Wisata – Setelah Bandung, Kabupaten Bogor merupakan pusat pariwisata di Jawa Barat. Jika jalan-jalan ke Bogor terdengar seperti wisata kelas atas, daya tarik sebenarnya dari Bogor tetaplah Taman Bogor. Tidak hanya menjadi tempat rekreasi keluarga, taman wisata alam ini juga bisa menjadi pusat edukasi masyarakat dan observasi segala jenis tanaman, setidaknya ada 15.000 jenis tanaman yang tumbuh di sana. Jadi bagi anda yang ingin berlibur disini sebaiknya mengetahui terlebih dahulu informasi wisata Kebun Raya Bogor, kemudian akan memberikan anda informasi dan informasi penting seputar pariwisata agar liburan anda semakin menyenangkan dan berkesan.

Kawasan Bogor yang asyik ini punya sejarah panjang kemerdekaan Indonesia. Menurut informasi yang beredar, Kebun Raya Bogor sudah ada sejak zaman Kerajaan Sunda Kelapa, terutama sejak masa pemerintahan Sri Badug Maharaja (Prabu Siliwangi), seperti yang tertulis di plakat, dianggap sudah sangat tua berdasarkan bukti-bukti yang ada. .. kebun raya di Indonesia. Kawasan kebun raya ini terbengkalai setelah pendudukan pemerintah Sunda oleh Raja Banten, hingga Gubernur Van Der Capellen membangun rumah di salah satu kawasan tersebut pada pertengahan abad ke-18.

Kebun Raya Bogor Adalah Salah Satu Objek Wisata

Kebun Raya Bogor Adalah Salah Satu Objek Wisata

Jika Anda memasuki kebun raya, ada sebuah danau yang indah di belakang taman. Dimana danau tersebut terletak di dekat bagian belakang Istana Bogor. Selain itu, ada jembatan gantung yang sangat menarik untuk difungsikan sebagai foto instagenic.

Kebun Raya Kuningan, Pesona Taman Wisata Terluas Di Indonesia Suguhkan Kesegaran Khas Kaki Gunung Ciremai

Jika Anda ingin belajar tentang kehidupan tumbuhan dan hewan, kunjungi Museum Zoologi. Pengunjung juga tidak perlu khawatir kelaparan saat menjelajahi kota, karena Daunan Cafe memiliki banyak makanan enak untuk dipilih.

Kebun Raya Bogor Adalah Salah Satu Objek Wisata

Sebagai fasilitas umum pemerintah Bogor, pariwisata menjadi daya tarik sehari-hari warga, termasuk berbagai fasilitas yang sering dikunjungi wisatawan. Berikut ini adalah daftar jam buka dan aktivitas wisata agar Anda tahu persis kapan harus berkunjung nanti.

Informasi wisata Kebun Raya Bogor berikut pendapatannya, disahkan dalam PP (Peraturan Pemerintah) Indonesia nomor 106 Tahun 2012 untuk lebih jelas PP tanggal 24 Desember 2012, kemudian PP ditetapkan tanggal 1 Maret 2013 dan berlaku untuk semua pengunjung jalan, sebagai berikut.

See also  Karcis Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Bogor Adalah Salah Satu Objek Wisata

Ide Piknik Akhir Pekan Di Kebun Raya Bogor

Tiket untuk mengunjungi Botanic Gardens sudah termasuk cakupan layanan kerajaan, distribusi panduan kota, dan tiket masuk museum. Jika ada pertanyaan mengenai harga tiket atau informasi lebih lanjut, silahkan hubungi (0251) 8311362.

Perhatikan juga teman-teman, objek wisata tersebut ada di Jalan Ir. Juanda nomor 13, Kota Bogor, Provinsi Jawa. Jika Anda menggunakan transportasi umum, seperti kereta api dari Jakarta, pergilah ke stasiun Bogor. Sesampainya di stasiun, naik bus nomor 03 menuju Kebun Raya. Ongkos kirimnya tidak mahal, sekitar Rp. 5000 karena jarak antara stasiun dan kebun raya cukup dekat. Jika ingin berhemat, Anda bisa berjalan kaki sekitar 15 menit.

Kebun Raya Bogor Adalah Salah Satu Objek Wisata

Sedangkan jika Anda dari Terminal Baranangsiang menuju Kebun Raya, sesampainya di terminal pintu masuk terdekat adalah pintu nomor empat. Setelah keluar dari Terminal Baranangsiang, lanjutkan ke utara hingga melewati Tugu Kujang. Jalan lagi sampai bertemu dengan gerbang masuk di sebelah kiri. Jika ingin lebih maksimal, naiklah bus nomor 9 karena angkot biasanya memiliki banyak mobil.

Tempat Wisata Alam Ramah Anak Di Bogor, Cocok Buat Libur Sekolah

Informasi wisata Kebun Raya Bogor terakhir yang perlu diketahui sebelum kedatangan adalah pintu masuk wisata, karena tidak semua wisatawan mengetahui informasi tersebut, terutama wisatawan dari dalam kota, apalagi dari mancanegara. Terlihat jelas bahwa di titik tertentu, dimana kebun raya ramai dan terkadang suasananya membingungkan, kini pengunjung berhenti dan menikmati keindahan kebun raya untuk pertama kalinya, sejauh ini belum ada panduan lengkap untuk memperbolehkan masuk ke dalam kebun raya. kawasan wisata.

Kebun Raya Bogor Adalah Salah Satu Objek Wisata

Setidaknya ada empat pintu masuk yang bisa Anda pilih sebelum memasuki wisata. Namun sebelum mengetahui keempat pintu tersebut, ada baiknya perhatikan hal-hal berikut ini jika memang ingin membawa mobil, khususnya mobil saat berkunjung ke kebun raya.

Jumlah pintu masuk ke kebun raya sangat banyak, ada 4 rumpun, ditujukan ke berbagai wilayah kebun raya dari utara, selatan, barat dan timur. Penggunaan empat pintu masuk justru memudahkan pengunjung untuk masuk ke dalam wisata. Namun jika record tersebut tidak digunakan pada hari-hari tertentu.

Kebun Raya Bogor Adalah Salah Satu Objek Wisata

Kebun Raya Bogor

Pintu masuk wisata ini ada di sisi utara, di sebelah kanan terakhir Jalan Juanda di persimpangan tiga simpang dengan Jalan Otto Iskandar dan Jalan Surya Kencana. Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi atau parkir, Anda bisa masuk melalui pintu masuk utama. Di sebelah pintu adalah pintu masuk ke-1 Kebun Raya Bogor. Oleh karena itu, jika Anda memarkir mobil di objek wisata tersebut, namun sesuai dengan jadwal di atas, gerbang akan ditutup pada hari Minggu. Tentunya tidak hanya di hari Minggu saja, biasanya saat ada acara-acara penting pintu gerbang utama juga akan ditutup.

Berada di sebelah barat, keluarga lainnya masih di dekat Jalan Juanda Bogor atau di dekat Kantor Pos Bogor yang juga merupakan cagar budaya. Pintu kedua selalu terbuka pada hari Minggu, hanya pada hari Sabtu pintu kedua ditutup. Sementara itu, keluarga lainnya tidak aktif lama. Tempat menarik di dekat gerbang kedua adalah pemakaman tua Jerman, Danau Kasi, dan Taman Teijsmann.

See also  Event Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor Adalah Salah Satu Objek Wisata

Lokasi pintu ketiga berada di dekat Taman Lintas Bogor, lebih tepatnya di antara Jalan Pajajaran dan Jalan Jalak Harupat. Mal Pangrango juga terletak di depan pintu masuk ketiga. Gerbang masuk ketiga dilaporkan dibuka setiap hari untuk pengunjung yang berjalan kaki. Hanya pintu ketiga bagi yang membawa mobil yang bisa masuk dari Senin sampai Sabtu saja, dan akan ditutup kembali untuk pengendara pada hari Minggu. Lokasi yang direncanakan di dekat pintu ketiga adalah Taman Astrid, Taman Lebak Sujan Kassan, dan Rumah Anggrek.

Dua Abad Diseminasi Iptek Kebun Raya Bogor

Pintu terakhir di lantai empat merupakan pintu khusus untuk pejalan kaki. Dear all, dilarang masuknya kendaraan melalui gerbang Kebun Raya Bogor. Letaknya di Jalan Pajajaran dan tepat di depan kampus IPB Baranangsiang. Pintu masuk ke Kujang Memorial sangat menarik. Fitur uniknya adalah pintu masuk keempat terhubung ke terowongan pejalan kaki yang melewati Jalan Pajajaran di bawah.

Kebun Raya Bogor Adalah Salah Satu Objek Wisata

Sekian artikel mengenai informasi pemandangan Kebun Raya Bogor di Jawa Barat. Mungkin ini bisa membantu sobat yang sedang mencari informasi untuk berkunjung ke Bogor. Jika dirasa memberikan informasi yang bermanfaat atau sekedar iseng saja sebaiknya membaca beberapa artikel di situs tersebut tentang tempat wisata, wisata kuliner dan daftar hotel di berbagai daerah, terima kasih. Bogor) adalah sebuah kebun raya besar yang terletak di kota Bogor, Indonesia. Kebun ini dikelola oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Taman ini terletak di pusat kota Bogor dan dekat dengan kediaman presiden Bogor. Ini mencakup area seluas 87 hektar dan memiliki koleksi 15.000 spesies pohon dan tanaman. Geografi Bogor yang hampir setiap hari turun hujan, bahkan di musim panas, menjadikan taman ini tempat yang ideal untuk budidaya tanaman tropis.

Didirikan pada tahun 1817 oleh pemerintah Hindia Belanda, Kebun Raya Bogor berkembang di bawah kepemimpinan berbagai ahli botani termasuk Johannes Elias Teijsmann, Rudolph Herman Christiaan Carel Scheffer dan Melchior Treub. Kebun Raya Bogor telah menjadi pusat penelitian pertanian dan hortikultura yang penting sejak didirikan dan merupakan kebun raya tertua di Asia Tenggara.

Kebun Raya Bogor Adalah Salah Satu Objek Wisata

Wisata Murah Di Bogor Terbaru Dan Kekinian

Saat ini Kebun Raya Bogor ramai dikunjungi wisatawan, terutama pada hari Sabtu dan Minggu. Tiketnya Rp 30.000. Terdapat berbagai lembaga ilmiah di dekat Kebun Raya Bogor yaitu Herbarium Bogoriense, Museum Bogor dan EDITERATURE.

Kawasan yang kini menjadi Kebun Raya Bogor ini awalnya merupakan bagian dari “sama” (hutan buatan) yang didirikan pada masa pemerintahan Sri Badug Maharaja (Prabu Siliwangi, 1474-1513), yang menurut Batutulis menguasai Kerajaan Sunda. Hutan ini diciptakan untuk melindungi buah-buahan langka.

See also  Kebun Binatang Surabaya Apakah Sudah Buka

Kebun Raya Bogor Adalah Salah Satu Objek Wisata

Hutan ini ditinggalkan oleh Kerajaan Sunda yang runtuh pada abad ke-16. Pada tahun 1744, Perusahaan Hindia Timur Belanda (VOC) mendirikan taman dan pemandian di bekas kebun raya di Buitenzorg (sekarang Bogor).

Gempor Di Kebun Raya Bogor (bogor)

Setelah invasi Inggris ke Jawa pada tahun 1811, Thomas Stamford Raffles diangkat menjadi Letnan-Gubernur pulau tersebut dan menduduki Istana Buitenzorg. Raffles sangat tertarik dengan tanaman dan ingin menjadikan rumah Bogor sebagai taman yang indah. Dengan bantuan ahli botani W. Kent, yang membantu membangun Taman Kew di London, Raffles mengubah pekarangan istana menjadi taman Inggris klasik.

Kebun Raya Bogor Adalah Salah Satu Objek Wisata

Pada tahun 1814, Olivia Raffles (istri Thomas Stamford Raffles) meninggal karena sakit dan dimakamkan di Batavia. Seperti biasa, mereka membangun tugu peringatan di Kebun Raya Bogor.

Setelah Perjanjian Inggris-Belanda mulai berlaku pada tahun 1814, Belanda mengirimkan kapal-kapal penuh pejabat untuk memulangkan Hindia Belanda. Di antara mereka adalah Caspar Georg Karl Reinwardt kelahiran Belanda-Prusia, yang ditunjuk sebagai direktur pertanian, seni, dan sains di koloni itu. Reinwardt tertarik untuk menemukan tanaman obat yang berbeda. Reinwardt juga pelopor dalam produksi jerami. Ia kemudian dikenal sebagai pendiri Herbarium Bogoriense.

Kebun Raya Bogor Adalah Salah Satu Objek Wisata

Kebun Raya Bogor Genap Berusia 204 Tahun

Setahun kemudian, dia mengusulkan pembuatan kebun raya, inisiatif yang didukung oleh Gubernur Jenderal G.A.G.Ph. van der Capellen. Kebun Raya secara resmi didirikan pada 18 Mei 1817 di sebelah Istana Kerajaan oleh dua ahli botani, William Kent dari Belanda dan James Hooper dari Kew.

Dia menjabat sebagai direktur eksekutif selama lima tahun, mengumpulkan tanaman dan benih yang layak secara ekonomi dari seluruh pulau untuk dibudidayakan. Sebagian besar pekerjaan taksonominya dikatalogkan oleh pendahulunya Carl Ludwig Blume pada tahun 1823, yang mendaftarkan 914 tanaman di kebun raya.

Kebun Raya Bogor Adalah Salah Satu Objek Wisata

Istana Bogor mengelilingi sekitar 47 hektar tanah, yang ditetapkan sebagai kebun raya pertama. Reinwardt adalah direktur pertamanya dari tahun 1817 hingga 1822. Dia menggunakan kesempatan ini untuk mengumpulkan tumbuhan dan buah-buahan dari bagian lain nusantara. dengan

Kebun Raya Bogor, Tempat Favorit Healing 🫶

Kebun raya bogor adalah, wisata di kebun raya bogor, wisata dekat kebun raya bogor, tempat wisata kebun raya bogor, objek wisata kebun raya bogor, wisata ke kebun raya bogor, wisata kebun raya bogor, cara menghilangkan salah satu objek di foto, taman wisata kebun raya bogor, wisata glow kebun raya bogor, objek wisata kebun raya bedugul, wisata sekitar kebun raya bogor