kebun,taman,rumah,desain
Beli Tema IniIndeks
Kebun  

Kebun Raya Bogor Dibangun Pada Masa

Kebun Raya Bogor Dibangun Pada Masa – Saat ini Kebun Raya Bogor berusia 200 tahun sejak pertama kali dibuka pada tahun 1817 sebagai Kebun Raya Nasional pada masa penjajahan VOC, Belanda.

Namun sejarah kebun raya ini sudah ada sebelum era VOC, bahkan sebelum Raffles menemukan bunga bangkai di sana pada tahun 1811.

Kebun Raya Bogor Dibangun Pada Masa

Kebun Raya Bogor Dibangun Pada Masa

Berdasarkan prasasti Batotolis dari Kerajaan Sunda berangka tahun 1455 Saka (1533 M), kawasan kebun raya ini sudah termasuk dalam samida (hutan buatan).

Sejarah Kebun Raya Bogor, Eksis Sejak Zaman Prabu Siliwangi

Namun kemudian hutan buatan yang dibangun pada masa pemerintahan Raja Siliwangi itu terbengkalai saat Kerajaan Sunda dikalahkan oleh Kesultanan Banten.

Kebun Raya Bogor Dibangun Pada Masa

Kebun raya ini baru hidup pada tahun 1744 ketika van der Capellen membangun rumah pedesaannya di sudut area kebun raya.

Kekayaan kebun raya ini semakin dikenal pada masa pemerintahan Thomas Stamford Raffles pada tahun 1811 hingga 1816. Raffles dan istrinya menata kebun raya tersebut sebagai taman Istana Bogor.

Kebun Raya Bogor Dibangun Pada Masa

Kupas Tuntas Tentang Wisata Ke Kebun Raya Bogor Yang Menyejukan Ini

Kebun Raya Bogor kini menjadi objek wisata, pusat pengembangan dan penelitian berbagai tumbuhan, serta merupakan kebun raya tertua di Asia Tenggara.

Kebun raya seluas 87 hektar ini diisi tidak kurang dari 12.531 spesimen dari ribuan spesies dan genera dan dikelola oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Kebun Raya Bogor Dibangun Pada Masa

Kemudian setelah berkembangnya ilmu pengetahuan, Kebun Raya Bogor banyak mendirikan lembaga penelitian seperti Perpustakaan Bogorensis, Herbarium Bogorense, Kebun Raya Cibodas, Museum dan Laboratorium Zoologi. . Bentang alam, kamu bisa mempelajari berbagai pengetahuan sejarah dan hal – hal langka, serta sesuatu yang tidak bisa kamu temukan di tempat lain.

Berlibur Nyaman Menginap Di Hotel Area Kebun Raya Bogor

Namun sebelum itu, nikmati ulasan khusus kami tentang Kebun Raya Bogor yang telah kami rangkum lengkap untuk Anda di bawah ini.

Kebun Raya Bogor Dibangun Pada Masa

Kebun Raya Bogor terletak di Jl. Ir, Haji Djuanda No. 13, Baledang, Kix. Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.

Umumnya Kebun Raya Bogor memulai aktivitasnya untuk pengunjung pada jam buka pukul 07.30 WIB dan tutup pada pukul 16.00 WIB setiap hari.

See also  Kebun Teh Walini

Kebun Raya Bogor Dibangun Pada Masa

Mata Dan Perhatian Yang Tertawan Di Griya Anggrek Kebun Raya Bogor Pascarevitalisasi

Karena selain melihat pemandangan alam yang tergolong langka, di sini Anda juga bisa menjelajahi sisi sejarah Indonesia pada masa penjajahan Belanda.

Tugu peringatan ini disebut sebagai peringatan cinta Gubernur Jenderal Inggris saat itu, yaitu Sir Thomas Stamford Raffles, kepada mendiang istrinya.

Kebun Raya Bogor Dibangun Pada Masa

Tugu kelapa sawit ini dibangun karena nilai sejarah kelapa sawit yang menjadi koleksi penting di Kebun Raya Bogor (KRB).

Makalah Tugas Sejarah Istana Bogor

Di sisi kiri Danau Sizou, Anda bisa menemukan prasasti yang dibuat khusus untuk pendiri Kebun Raya Bogor, Georg Carl Reinwardt.

Kebun Raya Bogor Dibangun Pada Masa

Yang juga menarik dari kebun raya yang memiliki 15.000 koleksi flora dan fauna ini adalah taman di belakang Istana Bogor yang terlihat hijau dan asri.

Setelah diselidiki lebih lanjut, patung laki-laki itu adalah tiruan dari Carl Miles, seorang murid dari seniman Prancis terkenal Auguste Rodin.

Kebun Raya Bogor Dibangun Pada Masa

Kebun Raya Bogor Archives

Keduanya ahli biologi muda, mereka dikirim ke Indonesia untuk meneliti dan mempelajari flora dan fauna spesies asli nusantara.

Monumen ini dirancang untuk mengakui jasa Tegesman dalam usahanya membangun dan melakukan penelitian untuk Kebun Raya Bogor.

Kebun Raya Bogor Dibangun Pada Masa

Areal ini dipenuhi bambu raksasa setinggi 35 meter, diameter 25 cm, dan panjang 45 cm.

Pendidikan Dan Hati: Jalan

Di belakang gedung tua ini, penelitian pertama tentang fitokimia, yaitu fitokimia, pertama kali dilakukan di Indonesia.

Kebun Raya Bogor Dibangun Pada Masa

Nama laboratorium ini diambil dari seseorang bernama Melchior Treub yang menjabat sebagai direktur Kebun Raya Bogor.

Namun, ada mitos bahwa jika pasangan melintasi jembatan ini bersama, hubungan mereka akan berlanjut di tengah jalan.

Kebun Raya Bogor Dibangun Pada Masa

Sejarah Bangunan Istana Tempat Tinggal Pemimpin Negara

Selain jumlahnya yang terbatas, keunikan yang ditunggu tanaman ini adalah masa berbunganya yang harus menunggu selama dua tahun.

Selain menikmati kemewahan tanaman pemecah rekor dunia ini, Anda juga bisa menikmati koleksi 400 spesies anggrek lainnya.

Kebun Raya Bogor Dibangun Pada Masa

Mulai dari jenis tanaman air tergenang, tanaman pinggir air, tanaman air terendam, tanaman air terapung, hingga tanaman air campuran.

Kota Bogor Bakal Punya Taman Baru, Begini Fasilitasnya

Dikenal juga sebagai “Rumah Masa Depan”, di bangunan unik ini terdapat berbagai jenis tanaman yang ditata dengan indah dan artistik,

Kebun Raya Bogor Dibangun Pada Masa

Anda dapat menikmati perjalanan kuliner Anda sambil bersantai dan melihat pemandangan sekitarnya yang dikelilingi oleh vegetasi hijau subur.

Memiliki luas yang sangat luas yaitu 87 hektar, Kebun Raya Bogor memiliki 4 pintu masuk yang dapat diakses pengunjung.

Kebun Raya Bogor Dibangun Pada Masa

Tugu Prasati Plasma Nutfah Kelapa Sawit Indonesia, Mengenang Nenek Moyang Kelapa Sawit Indonesia

Lokasinya berada di sisi utara yaitu di Jalan Juanda yang berada tepat di persimpangan Jalan Suryakencana dan Jalan Otto Iskandardinata.

Untuk menunjang kegiatan wisata selama berada di Kebun Raya Bogor, jangan lupa bahwa Direktur Pariwisata setempat khususnya LIPI telah menyiapkan berbagai fasilitas yang lengkap.

Kebun Raya Bogor Dibangun Pada Masa

Kebun Raya Bogor secara resmi didirikan pada tahun 1817 oleh Gubernur Jenderal Capellen dari Pemerintah Hindia Belanda.

See also  Kebun Wonosari

Dua Abad Diseminasi Iptek Kebun Raya Bogor

Namun ternyata, jauh sebelum itu, yakni pada masa pemerintahan Prabu Siliwangi dari Kerajaan Pajajaran, kawasan ini menjadi Samida atau hutan buatan.

Kebun Raya Bogor Dibangun Pada Masa

Saat itu, Reindwardt memulai penelitiannya dengan mengumpulkan berbagai tanaman obat, termasuk bibit tanaman, dari seluruh nusantara, dan membuat herbarium di pekarangan rumah singgah.

Kelompok tanaman ditambahkan, varietas tanaman mulai diklasifikasi berdasarkan kategori, kemudian ada juga tanaman yang area budidayanya dipindahkan, bahkan sejarah budidayanya bisa dilihat hingga saat ini.

Kebun Raya Bogor Dibangun Pada Masa

Menerobos Sisi Mistis Kebun Raya Bogor

Untuk menghormati jasa Teijsmann, dibangun sebuah monumen di Taman Teijsmann, serta 4 pohon jati dan verbena yang disebut Kebun Raya Bogor atau Kebun Raya Bogor yang merupakan kebun raya besar yang terletak di kota Bogor, Jawa Barat. Ini mencakup area seluas 87 hektar dan merupakan rumah bagi koleksi 15.000 spesies pohon dan tanaman. Kebun Raya Bogor pada mulanya merupakan bagian dari ‘samida’ (hutan buatan atau taman buatan) yang ada paling tidak pada masa pemerintahan Sri Baduga Maharaja (Prabu Siliwangi, 1474-1513) Kerajaan Sunda, sebagaimana tercatat dalam prasasti Batutolis. . Hutan buatan dirancang untuk tujuan pelestarian lingkungan sebagai tempat menyimpan bibit kayu langka. Selain samedha ini, sameda serupa digelar di perbatasan Cianjur dan Bogor (Hutan Seong Wannara). Hutan ini kemudian ditinggalkan setelah Kerajaan Sunda menyerah kepada Kesultanan Banten, hingga Gubernur Jenderal Van der Capellen membangun rumah peristirahatan di salah satu sudutnya pada pertengahan abad ke-18.

Pada awal abad ke-19, Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles yang tinggal di Istana Bogor dan sangat tertarik dengan botani tertarik untuk mengembangkan pekarangan Istana Bogor menjadi taman yang indah. Dengan bantuan ahli botani W. Kent, yang membantu membangun Taman Kew London, Raffles mengubah pekarangan istana menjadi taman klasik bergaya Inggris. Inilah awal mula Kebun Raya Bogor dalam bentuknya yang sekarang. Pada tahun 1814, Olivia Raffles, istri Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles, meninggal karena sakit dan dimakamkan di Batavia. Untuk selamanya, tugu peringatan untuknya dibangun di Kebun Raya Bogor yang dikenal sebagai Togo Lady Raffles.

Kebun Raya Bogor Dibangun Pada Masa

Ide taman botani datang dari seorang ahli biologi, Abner, yang menulis surat kepada Gubernur Jenderal G.A.G.Ph. Van der Capelen. Dalam surat tersebut ia mengungkapkan keinginannya untuk memesan sebidang tanah untuk dijadikan kebun raya yang bermanfaat, tempat guru mengajar, dan koleksi tanaman untuk pengembangan kebun lainnya.

Berjumpa Samida: Jejak Jejak Konservasi Pajajaran Di Kebun Raya Bogor (diduga) Tertua Di Dunia (1)

Akhirnya, pada tanggal 18 Mei 1817, Gubernur Jenderal G.A.G.P. Van der Capellen secara resmi mendirikan kebun raya di kota Bogor, yang kemudian disebut

Kebun Raya Bogor Dibangun Pada Masa

. Pendiriannya dimulai dengan penanaman cangkul ayun pertama di negeri Pajajaran sebagai panduan pembangunan taman, dan pelaksanaannya dipimpin oleh Reynwardt sendiri, dengan bantuan James Hooper dan W. Kent, kurator Kew yang terkenal. Museum Botani. taman. di Richmond, Inggris.

Sekitar 47 hektar lahan di sekitar Istana Bogor dan bekas Samidas dijadikan lahan pertama untuk kebun raya. Reinwardt adalah direktur pertamanya dari tahun 1817 hingga 1822. Dia menggunakan kesempatan ini untuk mengumpulkan tanaman dan benih dari bagian lain nusantara. Bogor segera menjadi pusat pengembangan pertanian dan hortikultura di Indonesia. Saat itu, diperkirakan sekitar 900 tanaman hidup ditanam di kebun tersebut. Reinwardt juga pelopor dalam bidang pembuatan herbarium. Dia kemudian dikenal sebagai pendiri

See also  Nomor Telepon Kebun Binatang Surabaya

Kebun Raya Bogor Dibangun Pada Masa

Menjelajahi 6 Istana Di Indonesia Yang Masih Berdiri Megah Hingga Kini

Pada tahun 1822 Reinwardt kembali ke Belanda dan Dr. Carl Ludwig Blume membawa inventaris kelompok tanaman yang tumbuh di kebun. Ia pun menyusun katalog taman pertama dan berhasil mencatat sebanyak 912 spesies (spesies) tumbuhan. Pembangunan taman ini sempat terhenti karena kekurangan dana, namun kemudian dimulai oleh Johannes Elias Taismann (1831), seorang ahli taman istana Gubernur Jenderal Johannes van den Bosch. Dengan bantuan Justus Carl Haskerl, ia mengatur budidaya tanaman koleksi dengan mengelompokkannya berdasarkan famili. Ini merupakan kerja keras karena sebagian koleksi Kebun Raya Bogor harus ditanam kembali dan beberapa pohon yang cukup besar ditebang, tanda merah tanggal penanaman yang masih dapat dilihat hingga saat ini. Pada masanya, Taisman berhasil memboyong ribuan spesies tumbuhan ke Kebun Raya Bogor dalam perjalanannya ke berbagai negara. Dan atas jasa-jasanya Kebun Raya Bogor telah memberikan penghargaan berupa tugu peringatan di Teysmann Park dengan 4 jenis pohon jati dan Verbena dari marga Teijsmaniodendron yang diambil atas namanya. Kebun Raya Bogor rupanya memiliki sejarah yang panjang. Tempat ini tidak seperti yang dipikirkan banyak orang. Banyak orang percaya bahwa Kebun Raya Bogor pertama kali ada pada zaman penjajahan Belanda. Namun, hutan buatan ini sudah ada sejak masa kejayaan Prabu Siliwangi (1474-1513).

Mungkin ini adalah usaha raja untuk memilih jenis kayu untuk membangun istana yang kokoh.

Kebun Raya Bogor Dibangun Pada Masa

Tafsir ini menyebutkan Kerajaan Pajajaran tidak meninggalkan sisa-sisa keraton, karena keraton dibangun dari kayu sehingga tidak meninggalkan bekas seperti bangunan batu yang bentuknya tidak berubah.

Bersantai Ria Menikmati Sejuknya Kebun Raya Bogor Halaman 3

Hingga pemerintahan kolonial Belanda pada tahun 1700-an, Raja Siliwangi kembali mempertahankan hutan buatan ini.

Kebun Raya Bogor Dibangun Pada Masa

Para penguasa India abad ke-18 mencintai hutan buatan di Kebun Raya Bogor ini dengan sepenuh hati. Sedemikian rupa sehingga ia membangun kediaman Gubernur Jenderal di dekat kawasan yang sekarang kita kenal sebagai Istana Bogor.

Sebelum membahas lebih jauh, pada artikel ini penulis bermaksud menjelaskan sejarah Kebun Raya Bogor dari zaman Pajajaran hingga pengaruhnya masuk.

Kebun Raya Bogor Dibangun Pada Masa

Bisnis Dekarbonisasi Di Kebun Raya

Tiket kebun raya bogor, hotel kebun raya bogor, wisata kebun raya bogor, candi borobudur dibangun pada masa, borobudur dibangun pada masa kerajaan, penginapan kebun raya bogor, masuk kebun raya bogor, villa kebun raya bogor, website kebun raya bogor, borobudur dibangun pada masa pemerintahan, borobudur dibangun pada masa, kebun raya bogor di masa pandemi