kebun,taman,rumah,desain
Beli Tema IniIndeks
Kebun  

Kebun Raya Bogor Kota Bogor Jawa Barat

Kebun Raya Bogor Kota Bogor Jawa Barat – Istana Bogor dibangun pada tahun 1745 oleh gubernur VOC Baron Gustaf Willem Van Imhoff sebagai tempat liburan dan tempat peristirahatan akhir pekan. Itu kemudian digunakan sebagai kediaman resmi Gubernur Jenderal dan pejabat pemerintah Hindia Belanda dari tahun 1870 hingga 1942, dan sekarang menjadi salah satu kediaman Presiden Republik Indonesia. Istana seluas 24 hektar ini menjadi tuan rumah Konferensi Lima Negara (India, Pakistan, Burma, Ceylon dan Indonesia) pada tahun 1954 dan pertemuan APEC pada tahun 1994. Istana ini menampung 219 karya seniman besar dan 136 patung/keramik. . Memperoleh izin khusus dari Kepala Rumah Tangga Kepresidenan Bogor.

Pada tahun 1968, Istana Bogor resmi dibuka untuk umum atas restu Presiden Soeharto. Arus wisatawan mancanegara maupun lokal mencapai sekitar 10.000 orang setiap tahunnya.

Kebun Raya Bogor Kota Bogor Jawa Barat

Kebun Raya Bogor Kota Bogor Jawa Barat

Dahulu Istana Bogor memiliki sebuah taman luas yang dikenal dengan nama Kebun Raya Bogor, namun pada tahun 1817 Kebun Raya Bogor dilepaskan dari naungan keraton sebagai jawaban atas kebutuhan akan pusat pengembangan ilmu tropika di bidang tumbuhan. Memiliki bangunan utama dengan sayap kiri dan kanan. Seluruh kompleks istana mencakup 1,5 hektar.

Kebun Raya Bogor Kembali Dibuka Untuk Umum

Sebagian besar barang tradisional yang diwariskan secara turun-temurun di Istana Bogor rusak, hancur, dan hilang selama Perang Dunia Kedua. Jadi semua karya seni dan furnitur klasik yang ada di Istana Bogor adalah dari awal tahun 1950. Banyak koleksi karya seni dan dekorasi internasional adalah hadiah dari luar negeri, yang memberi sentuhan mewah pada Istana Bogor. Salah satunya adalah backing ubin kristal ala Ceko dan karpet unik Persia yang berjejer di lantai ruang utama Istana Bogor.

Kebun Raya Bogor Kota Bogor Jawa Barat

Lantai ubin mewah tersebar di seluruh istana. Salah satu koleksi keramik paling mengesankan dari Rusia dipersembahkan oleh Perdana Menteri Khrushchev pada tahun 1960.

Di antara penghargaan negara adalah tengkorak harimau berlapis perak yang dipersembahkan oleh Perdana Menteri Thailand Thanom Kittikahorn pada tahun 1958.

Kebun Raya Bogor Kota Bogor Jawa Barat

Arytera Littoralis Blume, Koleksi Kebun Raya Bogor Yang Sangat Tua, Berumur 154 Tahun Saat 2020

Taman seluas 111 hektar ini didirikan pada tahun 1817 dan terletak di sebelah Istana Bogor. Pendirinya adalah Prof. dr. CG Rei nwa rdt, ahli botani Belanda. Taman ini memiliki sekitar 20.000 spesies tanaman, termasuk anggrek dan kaktus dari berbagai tanaman lokal maupun mancanegara. Taman ini dilengkapi dengan perpustakaan, laboratorium, dan museum zoologi dan merupakan salah satu pusat paling terkenal di dunia dan sering dikunjungi oleh negara. Taman ini memiliki 11 bunga bangkai (Amorphophalus htanum Beccari) yang ditanam dari hutan Sumatera pada tahun 1912, ditemukan oleh ahli botani Italia Beccari.

See also  Angkutan Umum Ke Kebun Binatang Bandung

Bunganya berdiameter 54 cm, panjang 2,5 meter, berwarna ungu dan kuning. Taman ini merupakan tempat wisata dan hiburan dan banyak dikunjungi saat liburan dan akhir pekan. Di halaman taman ini juga terdapat makam istri Letjen Thomas Stamford Raffles yang bertugas di Istana Bogor dari tahun 1811 hingga 1816.

Kebun Raya Bogor Kota Bogor Jawa Barat

Banyak pohon di kebun raya menjaga udara tetap sejuk dan penuh oksigen. Spesies anggrek unik, termasuk lebih dari 17.000 spesies. Pohon-pohon di sini tidak hanya berasal dari dalam negeri tetapi juga dari luar negeri. Selalu menarik untuk mengamati saat bunga bangkai (Rafflesia Arnoldi) mekar. Bunga ini sangat unik dan disebut bunga bangkai karena ukuran dan baunya saat mekar.

Kebun Raya Bogor Mulai Dibuka Kembali

Penelitian ilmiah raksasa luar angkasa atau ahli botani bunga. Di sini kita menemukan tanaman hijau damai yang langka di kota-kota besar. Kita masih bisa mendengar kicauan burung. Untuk menambah kemeriahan, ada kolam dengan pancuran sehingga Anda bisa mendengar suara air mengalir. Bagi yang membawa anak-anak, tempat ini sangat cocok karena banyak terdapat taman-taman luas yang bisa menjadi tempat bermain anak-anak secara gratis. Misalnya, taman di dekat kolam teratai menjadi tempat favorit keluarga untuk bermain bersama anak-anaknya. Ada juga jalan setapak mirip koridor panjang dengan pohon-pohon besar di sisi kiri dan kanannya. Tempat duduk di antara pepohonan menjadi tempat yang nyaman setelah berjalan-jalan di sekitar area tersebut.

Kebun Raya Bogor Kota Bogor Jawa Barat

Museum yang terletak di Kebun Raya Bogor ini dibuka pada tahun 1984 oleh Dr. JG Koningsberger. Beragam koleksi puluhan ribu spesies mamalia, serangga, reptil, burung, ikan, moluska, kerang, dan hewan lainnya disimpan di sini. Ada juga hewan purba dan hewan langka.

Terletak di Jalan lr. H. Juanda, sisi barat Kebun Raya Bogor. Di dalamnya disimpan dan dipajang daun dan buah-buahan kering dari berbagai daerah di Indonesia.

Kebun Raya Bogor Kota Bogor Jawa Barat

Presiden Jokowi Ingin Kebun Raya Bogor Diperbaiki

08.00-17.00. 00 atau ditetapkan selama jam kerja. Namun tidak setiap hari Istana Bogor dibuka untuk umum. Saat ada acara berlangsung, Istana Bogor menjadi tempat yang tertutup untuk umum. Kebun Raya Bogor buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00. 00

See also  Wisata Kebun Binatang Bandung

Kebun raya ini digunakan oleh masyarakat dari berbagai negara dan menjadi salah satu tujuan wisata yang paling diminati karena panorama arsitekturnya yang bernada natural. Dalam hal ini, Kebun Raya Bogor tersedia bagi pengunjung untuk mengambil foto.

Kebun Raya Bogor Kota Bogor Jawa Barat

Taman asri, toilet, toilet, udara sejuk, serta berbagai flora dan fauna serta fasilitas fotografi di Istana Bogor dan Kebun Raya Bogor

Jalan Jalan Ke Bogor, Tetapi Bingung Mau Ke Mana? Inilah Wisata Terbaik Di Bogor Yang Cocok Untuk Keluarga

Di kawasan Kebun Raya Bogor terdapat wisma yang merupakan bekas rumah direktur Kebun Raya pada masa kolonial, yang dapat disewa pengunjung dengan harga Rp. 40.000,- per malam. Harga ini sudah termasuk sarapan. Anda juga bisa menginap di hotel bagus yang tidak jauh dari kawasan wisata seperti Amaris Bogor, Sahira Boutique, Salak Heritage dan Royal Hotel. Anda dapat memesan hotel secara online dengan Agoda (kartu kredit) atau PegiPegi (transfer) dengan memasukkan kata kunci “bogor”.

Kebun Raya Bogor Kota Bogor Jawa Barat

Tidak ada makanan di dalamnya kecuali Grand Garden Cafe (sebelumnya Foliage Cafe). Yang ada hanya model koperasi yang dibungkus plastik dan model yang menjual millet atau nasy uduk.

Anda akan menemukan toilet umum di banyak tempat. Sayangnya, Anda harus membayar biaya pembersihan untuk menggunakan toilet ini.

Kebun Raya Bogor Kota Bogor Jawa Barat

Biar Taman Anggrek Kebun Raya Bogor Kian Indah Dan Asri

Terdapat toko oleh-oleh yang menjual berbagai macam tanaman hias, baik biasa maupun bonsai, yang bisa Anda beli sebagai oleh-oleh dan menambah koleksi tanaman hias Anda di rumah.

Saat bepergian di area ini, Anda tidak akan kesulitan menemukannya. Karena Kebun Raya Bogor terletak di tengah hiruk pikuk kota Bogor. Jika Anda datang dari Jakarta dan malas membawa mobil sendiri, cobalah naik kereta. Jika ingin ke Bogor, ada banyak pilihan kereta yang berbeda, mulai dari kereta ekonomi hingga kereta ekspres. Kereta pergi ke Bogor setiap setengah jam, jadi Anda tidak perlu menunggu lama di stasiun kota. Terletak di pusat kota, tidak sulit menemukan Istana Bogor dan Kebun Raya Bogor. Jika Anda bepergian dengan mobil pribadi atau kendaraan umum, jika Anda datang dari Jakarta, lebih baik mengambil jalan tol Jagorawee langsung ke Bogor. Sesampainya di Bogor, Anda bisa mengunjungi Istana Bogor dan Kebun Raya Bogor.

Kebun Raya Bogor Kota Bogor Jawa Barat

Kota Batam memiliki citra kota industri, mulai dari pakaian hingga elektronik hingga kapal. Juga menjadi pusat belanja barang elektronik murah, tanaman cantik langka yang bermekaran di Kebun Raya Bogor seperti Amorphophallus Gigas dan Rafflesia Patma, serta tanaman langka yang kembali bermekaran di Kebun Raya Bogor (KRB) di Jawa Barat.

See also  Kebun Teh Adalah

Kebun Raya Bogor, Objek Wisata Asyik Dan Murah Di Bogor

Tanaman langka Amorphophallus gigas dan Rafflesia patma kembali mekar di Kebun Raya Bogor (KRB), Jawa Barat. Kedua tumbuhan itu disebut bunga bangkai.

Kebun Raya Bogor Kota Bogor Jawa Barat

Ai Doni Darussalam, Humas Kebun Raya Bogor, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), mengatakan bunga Rafflesia telah mekar sebanyak 16 kali dalam 10 tahun terakhir.

“Dua tumbuhan langka kembali mekar. Tahun ini merupakan tahun yang istimewa karena bunga Rafflesia mekar untuk yang ke-16 kalinya dalam 10 tahun terakhir,” kata Dhoni.

Kebun Raya Bogor Kota Bogor Jawa Barat

Tak Hanya Ada Kebun Raya Bogor, Kini Hadir Kebun Raya Cibinong

Sedangkan Amorphophallus gigas pertama kali ditanam pada 4 Januari 2007 di Kebun Raya Bogor. Tanaman ini tingginya sekitar dua meter dan mekar penuh dalam satu hari. Namun bunga gigas bisa bertahan selama empat hari.

Menurut Doni, tanaman yang berasal dari Padang Sidempuan di Sumatera Barat ini tumbuh subur di tanah gembur atau berpori yang mendapat cukup air. Jika terlalu banyak air yang mencapai akar padi, umbi akan membusuk.

Kebun Raya Bogor Kota Bogor Jawa Barat

Selain itu, menurutnya tanaman ini tumbuh hingga empat meter. Giga tumbuh dari satu hingga tiga tahun, tergantung ukuran bohlam, tetapi hanya mekar di malam hari.

Panduan Lengkap Wisata Kebun Raya Bogor Jawa Barat

“Yang aneh kedua koleksi ini sering disebut Bunga Bangkai, mungkin karena sama-sama mengeluarkan bau yang tidak sedap. Kedua tumbuhan langka ini memiliki bentuk yang indah dan paling berharga serta unik yang merupakan kekayaan alam Indonesia,” ujar Dhoni. Bahasa Sunda: ᮊᮉᮧᮮᮚ ᮚᮚ ᮘᮔᮔ᮪ᮮᮠᮁ, transliterasi. Kebon Raya Bogor) adalah sebuah kebun raya besar yang terletak di Bogor, Indonesia. Kebun ini dikelola oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Taman ini terletak di tengah kota Bogor dan berdekatan dengan kompleks Istana Kepresidenan Bogor. Ini mencakup area seluas 87 hektar dan memiliki koleksi 15.000 spesies pohon dan tumbuhan. Letak geografis Bogor yang turun hujan setiap hari bahkan di musim panas menjadikan taman ini sebagai tempat yang bermanfaat bagi budaya tumbuhan tropis.

Kebun Raya Bogor Kota Bogor Jawa Barat

Didirikan oleh pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1817, Kebun Raya Bogor berkembang di bawah kepemimpinan ahli botani ternama seperti Johannes Elias Teismann dan Rudolf.

Kebun raya residence bogor barat, tiket kebun raya bogor, kebun raya kuningan jawa barat, villa kebun raya bogor, hotel kebun raya bogor, reddoorz near kebun raya bogor 2 kota bogor jawa barat, kebun raya bogor, hotel di bogor kota dekat kebun raya, masuk kebun raya bogor, website kebun raya bogor, penginapan kebun raya bogor, wisata kebun raya bogor