kebun,taman,rumah,desain
Beli Tema IniIndeks
Kebun  

Kebun Raya Bogor Rafflesia

Kebun Raya Bogor Rafflesia – .COM – Salah satu bunga paling menarik dan terancam punah ‘Rafflesia Arnoldii R.Br’ atau dikenal juga dengan sebutan padma raksasa, pertama kali mekar di luar habitat aslinya, yakni di Kebun Raya Bogor (KRB).

Sofi Mursidawati, peneliti dan kurator Koleksi Rafflesia di KRB, mengatakan jenis Rafflesia yang berbunga adalah Rafflesia Arnoldii R.Br hasil budidaya di KRB.

Kebun Raya Bogor Rafflesia

Kebun Raya Bogor Rafflesia

“Hari ini merupakan hari yang spesial karena Rafflesia Arnoldii mekar pertama kali di KRB. Meski diameternya tidak lebih dari 60 sentimeter, namun faktanya jenis Rafflesia Arnoldii R.Br,” ujarnya yang dikutip Kamis, September 15. 2022.

Raflesia Ke 12 Mekar Di Kebun Raya Bogor

Upaya pelestarian Rafflesia Arnoldii R.Br di luar habitatnya (bekas habitat) sejak tahun 1818 belum membuahkan hasil. Pada tahun 2006, peneliti Rafflesia KRB mencoba menanam bibit Rafflesia Arnoldii R.Br asal Bengkulu di tempat lain. XVII, yaitu kumpulan spesies panjat yang mencakup tujuh spesies tetrastigma, yang merupakan inang dari Rafflesia.

Kebun Raya Bogor Rafflesia

Ternyata, setelah 16 tahun, atau tepatnya awal September 2022, Rafflesia Arnoldii R.Br muncul banyak bunga, salah satunya mekar pada 12 September 2022.

“Penelitian ini dimulai pada tahun 2006. Namun pada tahun 2006 saya melanjutkan penelitian saya sebelumnya. Seorang ahli botani Belanda, yang tinggal di Bogor pada tahun 1850-an, sebenarnya membuat penelitian ini,” katanya.

Kebun Raya Bogor Rafflesia

Banyak Yang Salah, Rafflesia Arnoldii Bukan Nama Latin Bunga Bangkai, Apa Bedanya Dengan Bunga Bangkai?

Dijelaskannya, dalam mendukung penelitian menanam bunga dari famili Rafflesiaceae, dipilih metode yang sedikit berbeda untuk menanam Rafflesia Padma yang berbunga 16 kali di KRB.

“Biasanya Rafflesia Padma biasanya berbunga sebanyak 16 kali. Cara yang kami gunakan untuk berbunga atau menanam Rafflesia Arnoldii sedikit berbeda dengan Rafflesia Padma. Jadi ini adalah hasil penggunaan biji Rafflesia Arnoldii pada tanaman non asli,” jelasnya.

Kebun Raya Bogor Rafflesia

Tuan rumah itu sendiri diperoleh dengan menukar benih dengan salah satu KR Amerika. Menurut informasi tuan rumah, sudah ada di KRB sejak tahun 1952 dengan jenis benih Bogor – Rafflesia Patma yang mekar di Kebun Raya Bogor. Ini merupakan kemenangan ke-14 Kebun Raya Bogor setelah bunga sejenis ini mekar di tahun 2010 lalu.

See also  Kebun Entres

Momen Langka, Bunga Bangkai Mekar Di Bogor

“Bunga itu mekar Jumat malam lalu, tapi mekarnya sangat bagus pagi ini,” kata peneliti Kebun Raya Bogor Sofie Mursidawati, Sabtu (14/9/2019).

Kebun Raya Bogor Rafflesia

Menurutnya, benalu tidak memiliki akar, tidak memiliki daun, tidak memiliki batang, dapat berbunga hingga 2-3 hari. Jika cuaca lembab, setiap bunga bisa mekar lebih dari tiga hari.

“Tapi situasinya tidak tepat. Dari lima bunga itu, dua bunga, yang atas dan kanan, patah,” kata Sofie.

Kebun Raya Bogor Rafflesia

Kisah Mekarnya Titan Arum, Si Raksasa Bau

Tampaknya sifat Rafflesia Patma tidak tumbuh dengan baik karena kondisi cuaca. Suhu udara di kota Bogor mencapai 32,5 derajat Celcius saat bunga langka ini mekar.

“Karena kemarin dia mungkin langsung terkena sinar matahari. Dulu suhu udara maksimal 30°cc agar bunga bisa mekar dengan baik,” kata Sofie.

Kebun Raya Bogor Rafflesia

Sofie berharap kedua kuncup atau calon bunga Rafflesia Patma lainnya yang diperkirakan akan mekar dalam dua minggu ke depan sudah sempurna, tidak seperti sekarang.

Bukti Cinta Stamford Raffles Pada Sang Istri Di Kebun Raya Bogor

TopNews hari ini akan memberikan berita tentang bunga Rafflesia Arnoldi yang mekar indah di hutan Bengkulu dan ribuan lampu yang menghiasi kota Makkah di bulan Ramadhan. Bagaimana kabarnya? Mari tonton videonya.

Kebun Raya Bogor Rafflesia

** Gempa Cianjur telah menyebabkan kerusakan di negara Pasundan, mari bersatu dan mengurangi rasa sakit anggota keluarga di Cianjur dengan berdonasi melalui: Rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan diberikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda dan lainnya. Perhatian kami adalah harapan Anda.

Sejak tahun 2010, Rafflesia Patma di Kebun Raya Bogor telah mekar untuk keempat belas kalinya. Rafflesia Patma di Kebun Raya Bogor merupakan tumbuhan endemik Pangandaran dan memiliki penyakit parasit.

Kebun Raya Bogor Rafflesia

Penantian Selama 16 Tahun, Menunggu Rafflesia Arnoldii Mekar Di Kebun Raya Bogor

“Ia hidup dan berkembang biak di dalam tubuh inangnya, sejenis anggur liar, atau menempel pada tanaman Tetrastigma,” kata Sofie.

Tanaman yang sangat menular ini, yang merupakan bunga terbesar di dunia, terancam punah. Flora ini tidak memiliki daun sehingga tidak dapat melakukan fotosintesis.

Kebun Raya Bogor Rafflesia

Tingkat pembuahan rendah, karena bunga jantan dan betina tidak mekar bersamaan dalam seminggu, bahkan jika lalat datang untuk membuahinya.

Bunga Dua Tanaman Langka Mekar Di Kebun Raya Bogor

* Benar atau salah? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, kirim WhatsApp ke nomor Cek Fakta 0811 9787 670 hanya dengan mengetikkan kata-kata yang diinginkan. .

Kebun Raya Bogor Rafflesia

Sejauh ini Padma sudah bisa berbunga dua kali di KRB, tiga bunga di tahun 2010 dan dua bunga di awal November 2012. Keberhasilan ini sekaligus menepis mitos bahwa Rafflesia tidak bisa tumbuh di luar habitatnya, karena pengaruh kandungan di dalamnya. tubuh. . iklim, suhu, komposisi floristik dan karakteristik spesies inang.

See also  Kebun Teh Hijau Di Indonesia

Dijelaskannya, Bunga Padma merupakan hadiah dari Kebun Raya Bogor dalam rangka perayaan Valentine’s Day untuk Puspa dan satwa liar yang digelar pada 5 November 2012, menegaskan upaya penanaman Bunga Padma sejak saat itu. 2004.

Kebun Raya Bogor Rafflesia

Tahun Menunggu, Akhirnya Bunga Raflesia Arnoldi Mekar Di Kebun Raya Bogor

Upaya pemuliaan Rafflesia telah berlangsung sejak dunia ilmiah mengenal tanaman ini pada tahun 1789. Tidak seperti cara pertama peneliti Belanda menanam tanaman ini.

Tetrastigma sendiri merupakan sejenis tumbuhan merambat yang hidup di hutan tropis. Tetrastigma, tumbuhan inang Rafflesia Patma di KRB, merupakan Tetrastigma yang diambil dari habitat asli Bunga Padma di Cagar Alam Pangandaran (Ciamis, Jawa Barat), yang dipadukan dengan akar Tetrastigma yang tumbuh lebih awal dan tumbuhan. di KRB.

Kebun Raya Bogor Rafflesia

Sebelumnya, peneliti KRB memperkirakan bahwa akar tanaman Tetrastigma yang berasal dari habitatnya kemungkinan besar “terinfeksi” oleh biji tanaman Rafflesia. Tapi dari prosesnya

Bunga Bangkai Langka Di Kebun Raya Bogor Mekar Sempurna

Sofi Mursidawati menjelaskan, kesuksesan saat ini merupakan langkah awal. Hanya pada tataran “pergerakan” bukan pada tataran “permainan”. Ia menyebutkan beberapa kendala dalam perbanyakan Rafflesia, yaitu rendahnya kelimpahan Rafflesia di alam, karena sejatinya sebagai tumbuhan hemat, Rafflesia sangat bergantung pada unsur hara yang diberikan oleh tumbuhan inangnya.

Kebun Raya Bogor Rafflesia

Bagian kedua, karena adanya pemisahan kelamin antara bunga jantan dan bunga betina. Masa penyerbukan bunga Rafflesia yang singkat membuat bunga ini sangat langka. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa serbuk sari dari bunga jantan yang dibuang hanya memiliki waktu 8 jam untuk membuahi bunga betina.

Saat ini kedua bunga Padma yang mekar di KRB adalah betina dengan diameter masing-masing 40,5 cm dan 33 cm.

Kebun Raya Bogor Rafflesia

Foto: Melihat Bunga Langka Rafflesia Padma Yang Mekar Di Kebun Raya Bogor

Rafflesia adalah tanaman yang mirip dengan hutan di Asia Tenggara yang memiliki habitat alami. Sebagai tumbuhan parasit, Rafflesia “hidup” pada tumbuhan inangnya, yaitu Tetrastigma (

.), sejenis tumbuhan merambat yang dapat ditemukan di hutan. Di Indonesia dikenal 17 spesies Rafflesia, dari yang terbesar dan paling terkenal

Kebun Raya Bogor Rafflesia

Yang berukuran kecil dan hanya terdapat di lereng Gunung Salak dan Gunung Gede di wilayah Bogor dan Sukabumi.

Tumbuh Di Luar Habitatnya, Rafflesia Arnoldii Perdana Mekar Di Kebun Raya Bogor

Saat berbunga, Rafflesia mengeluarkan bau bangkai yang tidak sedap. Menurut Priatna, Zuhud dan Alikodra (1989) bau harum ini sengaja dikeluarkan oleh bunga Rafflesia sebagai strategi untuk menarik lalat yang merupakan agen penyerbuk bunga Rafflesia.

Kebun Raya Bogor Rafflesia

, semua jenis bunga bangkai bisa ditemukan. Kedepannya penangkaran Rafflesia, KRB tidak hanya mempersiapkan jenisnya saja

Amorphophallus titanum, bogor, Bunga Bangkai, Bunga Padma, geo: lat = -6.589166, geo: lon=106.792999900000001, geotag, Kebun Raya Bogor, rafflesia, Rafflesia cangkok, Rafflesia patma, Sofi Mursidamati Emas hari ini, Harga Tetra 23 Desember 2022 Bogor Update Lokasi SIM Mobile Kabupaten Jumat 23 Desember 2022 Update Lokasi SIM Mobile Kabupaten Bogor Kamis 22 Desember 2022 Update Lokasi SIM Mobile Kota Bogor Kamis 22 Desember 2022 Prakiraan Cuaca Kota Bogor Peringatan : Banjir

See also  Harga Tiket Kebun Raya Cibodas 2022

Kebun Raya Bogor Rafflesia

Rafflesia Patma Dikembangkan Di Kebun Raya Bogor, Sudah 16 Kali Mekar

– Setelah menunggu 16 tahun untuk penelitian bunga Rafflesia Arnoldi, hari ini Rabu, 14 September 2022, bunga di hutan tropis di Pulau Sumatera akhirnya mekar di Kebun Raya Bogor (KRB), di kota Bogor. .

Peneliti Rafflesia Kebun Raya Bogor, Sofi Mursidawati mengatakan, bunga Rafflesia Arnoldii mekar pertama kali di KRB ini, karena ia mulai meneliti bunga tersebut sejak tahun 2006.

Kebun Raya Bogor Rafflesia

“Bunga Rafflesia Arnoldii di Kebun Raya Bogor ini pertama di Indonesia bahkan di dunia karena tumbuh di luar habitatnya. Rafflesia Padma biasanya tumbuh di sini, sudah 16 kali lipat,” ujarnya kepada media group.

Kado Awal Tahun, Bunga Bangkai Mekar Di Kebun Raya Bogor

Sofi mengaku bangga dan pernah mengatakan bahwa penelitiannya selama bertahun-tahun membuahkan hasil, meski baru beberapa hari Rafflesia Arnoldii bisa mekar di KRB.

Kebun Raya Bogor Rafflesia

“Mekar 3-4 hari dari hari ini karena tidak langsung tumbuh di habitatnya, tidak bisa beregenerasi karena satu dan kecil, meski di lingkungannya bisa tumbuh hingga 1 meter di dalamnya. bunga, sedangkan Rafflesia Arnoldii yang sedang mekar sekarang betina,” ujarnya.

Ukuran bunga Rafflesia Arnoldi yang mekar di KRB sekitar 30 sentimeter dengan bunga yang mekar hanya 70-80 persen.

Kebun Raya Bogor Rafflesia

Hanya Rafflesia Di Hati Sofi Mursidawati

“Hanya satu yang hampir mekar sempurna, sisanya masih dalam proses karena ketika bunga Rafflesia Arnoldii mekar tergantung inangnya karena tanaman ini parasit jadi sangat tergantung inang yang diserbunya,” katanya.

Sekadar diketahui, bunga Rafflesia Arnoldi merupakan tumbuhan parasit yang pertama kali ditemukan pada tahun 1818 di hutan tropis Sumatera oleh seorang pemandu yang bekerja untuk Dr. Joseph Arnold selama ekspedisi Thomas Stanford Raffles, yang olehnya nama tumbuhan ini diberi nama dalam sesuai dengan kisah penemunya yaitu hubungan antara Raffles dan Arnold.

Kebun Raya Bogor Rafflesia

Terdapat 33 spesies Rafflesia di dunia dan 14 spesies yang tumbuh di Indonesia, dimana 11 spesies tumbuh di Pulau Sumatera.

Infografis: Fakta Rafflesia Patma Di Kebun Raya Bogor

Okupansi Hotel di Kota Bogor Capai 83 Persen, PHRI Bagus 2023 Naik Dec 29, 2022 – 19:53 WIB

Kebun Raya Bogor Rafflesia

Pulang buka jalan baru TB M Falak bisa jalan dengan mobil 31 Desember 29 Desember 2022 – 16:24 WIB

Program ilmu lingkungan FTS UIKA Bogor bangun MCK untuk korban gempa di Cianjur 29 Desember 2022 – 15:24 WIB

Kebun Raya Bogor Rafflesia

Mistis! Ini Sejarah Dan Fakta Unik Kebun Raya Bogor, Nomor 2 Merinding

Kebun raya bogor adalah, tempat kebun raya bogor, tiket kebun raya bogor, masuk kebun raya bogor, kebun raya bogor, penginapan kebun raya bogor, kuliner kebun raya bogor, website kebun raya bogor, villa kebun raya bogor, wisata kebun raya bogor, info kebun raya bogor, hotel kebun raya bogor